Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban Pkn smp kelas IX halaman 123 dan 124

Kunci jawaban PPKN SMP Kelas 9 halaman 123-124 Tugas mandiri 5.1

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban PPKN SMP kelas IX Halaman 123-124 Tugas mandiri 5.1  merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku PPKN kelas 9 SMP/MTs Bab 5 Harmoni Keberagaman masyarakat Indonesia semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban PPKN SMP Kelas 9 halaman 123-124 Tugas mandiri 5.1



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas IX SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tuhas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Jawaban PPKN SMP Kelas 9 halaman 123-124 Tugas mandiri 5.1

Tugas Mandiri 5.1

Identifikasilah keadaan sosial budaya yang terdapat di  lingkungan tempat tinggal kalian dengan melengkapi tabel di bawah ini!

1. Mata Pencaharian 

Kondisi daerah saya memiliki teknologi yang semakin maju. Misalnya dalam bidang pertanian, para petani di daerah saya semakin kreatif dalam bercocok tanam dan lebih memanfaatkan teknologi yang ada yaitu dalam membajak sawah. Contoh kedua misalnya, dalam bidang produksi makanan, pengusaha tahu di daerah saya telah menggunakan teknologi untuk membuat tahu secara lebih cepat dan efektif dan telah menerapkan cara pembuangan limbah yang baik.

2. Jabatan/Kedudukan

Kondisi di daerah saya para pejabat desa lebih kreatif dan inovatif dalam memberdayakan desa. Beliau mengajak para warganya, misal lebih bijak dalam pengelolaan sampah. Semua warga diminta untuk membuat beberapa tempat sampah yang berbeda jenis mulai dari sampah kering, sampah basah, dan plastik atau kaca. Itu dibuat dengan dana dari masyarakat sendiri yang setiap minggu mengumpulkan uang kas. Selain itu, beliau juga membantu warga untuk membentuk kegiatan wirausaha kecil dengan memberikan fasilitas modal dan pelatihan.

3. Penganut Agama

Kondisi masyarakat di daerah saya rukun dalam beragama. Kami saling menghormati apabila terdapat kegiatan keagamaan. Misalnya, ketika hari raya idul fitri maka masyarakat beragama Hindu di daerah saya turut membantu menjaga ketertiban pelaksanaan Sholat Idul Fitri dan Ziarah oleh masayarakat yang beragama Islam.

4. Suku Bangsa

Suku bangsa di daerah saya begitu beragam, ada suku Sasak, Bima, Bali, bahkan Jawa. Kami saling menghormati apabila terdapat kegiatan budaya masing-masing. Contohnya ketika terdapat kegiatan Nyongkolan (Pernikahan budaya Sasak), maka masyarakat suku lain akan memberikan jalan, dan pelaksana kegiatan tetap akan menghormati pengguna jalan yang lain.

5. Organisasi Masyarakat

Pada lingkungan saya, banyak terdapat beberapa organisasi masyarakat, ada yang merupakan organisasi pemuda, organisasi agama, bahkan organisasi yang berbasis kemanusiaan. Kegiatan yang diadakan organisasi tersebut kebanyakan bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

6. Adat Istiadat

Masyarakat di lingkungan saya menghargai perbedaan adat istiadat yang ada, dan tetap melestarikan budaya yang ada dengan disesuaikan kondisi masyarakat saat ini. Misalnya kegiatan Perang Topat yang tetap diadakan, dengan penyelenggaraan yang dilakukan dengan cara saling membantu dan menghargai.

Demikian Pembaca kunci Jawaban PPKN SMP kelas 9 halaman 123-124 Tugas mandiri 5.1 buku siswa kelas 9 SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban Pkn smp kelas IX halaman 123 dan 124 "