Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 140

Kunci jawaban Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Halaman 140  Bab 5

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII  Halaman 140  Bab II  merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Bab 5 Urutan Cerita menarik dalam Eksplanasi semester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 140 Kegiatan 5.6



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VIII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 140 Kegiatan 5.6

Kegiatan 5.6

1. Bacalah teks di bawah ini!
2. Dengan berdiskusi, tentukan bagian-bagian dari struktur teks tersebut!
3. Simpulkan pula struktur teks tersebut berdasarkan kejelasan dan kelengkapannya!

Perlawanan Ulama Pejuang: Pangeran Diponegoro

Identifikasi fenomena

Pada tahun 1825 Belanda bermaksud menyambung dan memperlebar  jalan melalui tanah makam leluhur Pangeran Diponegoro dengan tidak minta izin lebih dulu kepada Pangeran Diponegoro. Hal itu menyebabkan Pengeran Diponegoro marah karena mengesampingkan beliau sebagai wali raja sekaligus  ulama kharismatis dari Kesultanan Yogyakarta.

Proses kejadian

Pada waktu diadakan pemasangan pancang-pancang oleh suruhan Belanda,  pancang-pancang itu dicabuti oleh suruhan Pangeran Diponegoro. Wakil  Belanda, Residen Smissaert, meminta Pangeran Mangkubumi (paman Pangeran  Diponegoro) untuk memanggil Pangeran Diponegoro. Setelah Pangeran  Mangkubumi bertemu dengan Pangeran Diponegoro, ia malah bergabung dengan Pangeran Diponegoro untuk melakukan perlawanan. Pada tanggal 20 Juli  1825 rumah kediaman Pengeran Diponegoro di Tegalrejo diserang dan dikepung  oleh pasukan berkuda di bawah pimpinan Chevalier dengan maksud untuk  menangkap Pengeran Diponegoro.

Dalam pertempuran itu Pangeran Diponegoro dan Pangeran Mangkubumi lolos. Namun, rumah Pangeran Diponegoro dibakar oleh Belanda. Sejak  itu Pengeran Diponegoro bertekad melawan Belanda untuk menegakkan  kemerdekaan dan keadalian dari kaum penjajah.

Perjuangan Pangeran Dipenogoro mendapat simpati luas. Para pengikutnya  pun bertambah banyak. Oleh karena itu, pasukan Pangeran Diponegoro dibagi  menjadi beberapa batalyon dan setiap batalyon diberi nama sendiri misalnya  Turkiya, Arkiya, dan sebagainya. 

Dalam peperangannya, Pangeran Diponegoro mempergunakan sistem  gerilya. Mereka tidak pernah mengadakan penyerangan secara besar-besaran.  Akan tetapi, hanya degan perang lokal secara sporadis. Siasat ini ternyata sangat  efektif dan menjadikan Belanda kewalahan.

Untuk menghindari serbuan Belanda, Pangeran Diponegoro memindahkan  pusat pertahanannya ke Daksa (sebelah barat laut Yogyakarta). Selanjutnya serangan-serangan terhadap Belanda dilakukan dari Daksa sebagai pusat  pertahanan yang baru. Bersamaan dengan itu, atas desakan rakyat, para  bangsawan dan ulama, Pangeran Diponegoro mengangkat dirinya sebagai kepala  negara dengan gelar “Sultan Abdulhamid Herucakra Amirulmukminin Sayidin Panatagama Kalifatullah Tanah Jawa”. Setelah diadakan penobatan, didirikanlah  pusat negara, yakni Plered dengan pertahanan yang kuat. Hal itu dilakukannya  untuk menjaga kemungkinan apabila mendapat serangan dari pihak Belanda  yang mungkin muncul sewaktu-waktu. Pertahanan daerah Plered ini ditangani  oleh Kerta Pengalasan.

Ulasan

Jenderal de Kock menolaknya dan melarang Pangeran Diponegoro  meninggalkan ruangan. Pangeran Diponegoro ditangkap Belanda yang  ternyata telah menyiapkan penyergapan secara rapi. Dengan demikian, Belanda  menjalankan pengkhianatan yang kesekian kalinya. Selanjutnya dengan pengawal  yang ketat, Pangeran Diponegoro dibawa ke Batavia lalu dibuang ke Manado  kemudian dipindahkan ke Benteng Rotterdam di Makassar sampai wafatnya (8  Januari 1855). Jenazahnya dimakamkan di Kampung Melayu, Makasar.

Simpulan

Teks eksplanasi tersebut ditulis dengan cukup jelas, terlebih karena setiap peristiwa disusun sesuai dengan urutan waktu sehingga dapat dengan mudah dipahami.


Demikian Pembaca Kunci jawaban Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Halaman 140 Bab 5 buku siswa Kelas 8 SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 140"