Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban PPKN SMP kelas VIII halaman 147 Uji kompetensi 6

Kunci jawaban PPKN SMP Kelas 8 halaman 147 Uji kompetensi 6

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban PPKN SMP kelas VIII Halaman 147 Uji kompetensi 6  merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku PPKN kelas 8 SMP/MTs Bab 6 semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban PPKN SMP Kelas 8 halaman 147 Uji kompetensi 6



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VIII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tuhas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Refernsi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban PPKN SMP Kelas 8 Bab 6 halaman 147 Uji kompetensi 6

Uji Kompetensi 6 

Jiwa dan semangat para pendiri Negara yang dioperasionalkan dalam jiwa dan semangat 45 dimaksudkan untuk menjaga tetap tegaknya negara kesatuan Republik Indonesia. Pasal 1 ayat (1) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan ”Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan, yang berbentuk Republik” dan Pasal 37 ayat (5) menegaskan ”Khusus mengenai bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak dapat dilakukan perubahan”. Majelis Permusyawaratan Rakyat telah membuat ketetapan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak boleh diganggu gugat. Bentuk Negara kesatuan bagi Negara Indonesia sudah dianggap final.

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar!

1. Jika ketentuan dan UUD negara sudah menyatakan bahwa NKRI tidak dapat  diganggu gugat, apa yang mungkin dapat kita lakukan untuk mendukung ketentuan tersebut?

Jawaban : 
Jika ketentuan dan UUD tidak dapat diganggu gugat, cara kita untuk mendukung ketentuan tersebut adalah :
1. Melaksanakan segala ketentuan perundang - undangan yang ada jika peraturan itu baik
2. Tidak mudah terpengaruh oleh ideologi lain yang menentang Pancasila
3. Memupuk persatuan dan kesatuan antar seluruh rakyat Indonesia
4. Belajar dengan giat dan tekun sebagai upaya mengisi kemerdekaan

2. Bagaimana pendapatmu tentang komitmen NKRI harga mati ditinjau dari sejarah lahirnya bangsa Indonesia?

Jawaban :

Komitmen NKRI harga mati jika ditinjau dari sejarah lahirnya bangsa Indonesia menurut saya adalah suatu komitmen para pahlawan yang menyatakan bahwa tidak ada yang lebih berharga dibandingkan dengan NKRI dimana komitmen tersebut harus dihargai dan diaplikasikan oleh generasi penerus bangsa dalam kehidupan sehari-hari

3. Dapatkah kalian gambarkan semangat para pendiri negara dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia?

Jawaban : Saya menggambarkan bahwa semangat para pendiri negara dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia bagaikan kobaran api yang besar. Para pendiri negara tak henti-hentinya melawan dan memblokade setiap adanya upaya mematikan nasionalisme bangsa. Mereka berjunagn dengan semangat yang membara rela berkorban, pantang menyerah demi kemerdekaan Indonesia.

4. Bangsa Indonesia yang memiliki sumber daya alam dan manusia yang potensial untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan, apa yang akan kalian
Lakukan sebagai seorang pelajar?

Jawaban : Sebagai pelajar saya akan memanfaatkan dan mengolah segala sumber daya yang ada dengan sebaik-baiknya sebagai upaya mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. Selain itu, saya juga akan meneruskan pembelajaran saya mengenai pemanfaataan sumber daya alam yang efektif dan efisien.

5. Coba kalian lanjutkan wacana di atas dengan memberikan sebuah komitmen kebangsaan pemuda berupa deklarasi janji, deklamasi, catatan orasi, atau bentuk apapun yang dapat mengungkapkannya.

Jawaban : Saya berkomitmen, bahwa saya akan selalu memupuk rasa kebangsaan terhadap negara. Saya berjanji, bahwa saya tidak akan menjadi generasi pengrusak bangsa saya sendiri. Saya berdeklamasi, bahwa saya akan menjadi Sumber Daya Manusia yang berguna untuk memanfaatkan segala Sumber Daya Alam Indonesia agar dapat bermanfaat demi perekonomian dan kesejahteraan negeri ini

Demikian Pembaca kunci Jawaban PPKN SMP kelas 8 halaman 147 Uji kompetensi 6 buku siswa kelas 8 SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban PPKN SMP kelas VIII halaman 147 Uji kompetensi 6"