Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban kelas 4 tema 6 halaman 95, 96, 98, 99.

Kunci jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 tema 6 halaman 95, 96, 98, 99.

Kunci jawaban tema 6 kelas 4 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 4 Cita-citaku subtema 2 Hebatnya cita-citaku pembelajaran 4 tepatnya berada pada tema 6 halaman 95, 96, 98, 99.

Kunci jawaban kelas 4 tema 6 subtema 2 pembelajaran 4



Materi dan Kunci Jawaban Tematik tema 6 halaman 95, 96, 98, 99. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 4 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Rangkuman tema 6 kelas 4 subtema 2 pelajaran IPS

Ayo Membaca

Ayah Beni menunjukkan kepada Beni beberapa bangunan hasil karya arsitek.

Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di Indonesia. Arsiteknya bernama Gunadharma. Candi tersebut amat indah dan megah, dibangun tanpa perekat dan tanpa bantuan alat modern. Tak heran jika Candi Borobudur menjadi salah satu keajaiban dunia.

Waduk Jatiluhur

Seorang arsitek juga berperan dalam menjaga lingkungannya.Misalnya, saat bekerja sama dengan insinyur teknik sipil dalam merancang Waduk Jatiluhur.Waduk Jatiluhur adalah kolam besar tempat menyimpan air untuk berbagai kebutuhan.

Hasil karya kumpulan arsitek Indonesia ini memiliki banyak kegunaan, di antaranya menampung dan mengalirkan air ke sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air(PLTA) sehingga dapat menghasilkan listrik.Waduk juga bermanfaat sebagai penyedia air bersih dan irigasi yang diperluka nuntuk mengairi sawah.Waduk ini juga sebagai pengendali banjir.

Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu adalah jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura.Berkat jembatan ini, masyarakat Madura dapat lebih mudah dan cepat melakukan perjalanan darat ke berbagai wilayah di Jawa Timur.Dengan panjang 5.438 meter, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini.

Seorang arsitek juga berperan dalam usaha mempersatukan umat beragama. Lihatlah Masjid Istiqlal Jakarta yang berdiri megah berdampingan dengan Gereja Katedral Jakarta tempat umat katolik beribadah.

Masjid Istiqlal dibangun pada masa pemerintahan presiden pertama Indonesia, Sukarno, pada tahun 1961.Pembangunan masjid ini memerlukan waktu 17 tahun hingga digunakan pertama kali pada tahun 1978. Perancangnya bernama Frederich Silaban.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 95 subtema 2 pembelajaran 4

Ayo Berlatih
Lengkapilah diagram berikut ini dengan menggunakan berbagai sumber informasi yang kamu miliki!

Kehebatan lain seorang Arsitek :

1. Membuat bangunan yang berguna bagi masyarakat
2. Dapat menjadi pimpinan suatu proyek pembangunan

Jenjang pendidikan apa saja yang harus ditempuh utuk menjadi seorang Arsitek :

1. Pendidikan Sarjana ( S1) program studi Arsitektur

Keterampilan apa yang harus dimiliki Arsitek :

1. Memiliki kemampuan mahir Matematika
2. Memiliki kemampuan desain gambar

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 96 subtema 2 pembelajaran 4

Rumah Adat Daerah
Rumah Limas

Manfaat dan Kegunaanya
Rumah limas terdiri atas tiga ruangan utama, yaitu depan, tengah, dan belakang. Ruang depan disebut juga dengan garang atau beranda. Di bagian depan rumah terdapat tangga untuk masuk ke rumah. Biasanya tangga berjumlah dua buah. Selain tangga, dilengkapi pula dengan gentong atau tempayan untuk menampung air.

Air dalam tempayan digunakan untuk mencuci kaki sebelum masuk ke dalam rumah. Ada kalanya di garang ditambahkan bangunan Jogan. Kegunaan Jogan tersebut untuk beristirahat baik pada sore maupun malam hari. Di samping untuk beristirahat, Jogan juga dipergunakan untuk meletakkan peralatan dan tempat anak-anak, saat pemilik rumah sedang melaksanakan hajatan.

Rumah Adat Aceh

Manfaat dan Kegunaanya
Rumah limas terdiri atas tiga ruangan utama, yaitu depan, tengah, dan belakang. Ruang depan disebut juga dengan garang atau beranda. Di bagian depan rumah terdapat tangga untuk masuk ke rumah. Biasanya tangga berjumlah dua buah. Selain tangga, dilengkapi pula dengan gentong atau tempayan untuk menampung air.

 Air dalam tempayan digunakan untuk mencuci kaki sebelum masuk ke dalam rumah. Ada kalanya di garang ditambahkan bangunan Jogan. Kegunaan Jogan tersebut untuk beristirahat baik pada sore maupun malam hari. Di samping untuk beristirahat, Jogan juga dipergunakan untuk meletakkan peralatan dan tempat anak-anak, saat pemilik rumah sedang melaksanakan hajatan.

Rumah adat aceh memiliki fungsi melindungi penghuninya dari bencana alam seperti, udara dingin, angin kencang, banjir, arus deras banjir dan serangan dari hewan buas yang berkeliaran.

Persamaan dan perbedaan serta kegunaan dan manfaat rumah adat bagi masyarakat adat:
Sebagai tempat untuk menampung aspirasi kebudayaan di dalam masyarakat adat tersebut

Rangkuman kelas 4 tema 6 subtema 2 pelajaran IPA

Ayo Berlatih

Manfaat Sumber Daya Alam di Sekitar Kita

Masyarakat memanfaatkan sumber daya alam di sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya melalui berbagai cara.  Sumber daya berupa tanah, air, dan tumbuhan dimanfaatkan dalam bentuk kegiatan pertanian dan perkebunan.

Sedangkan sumber daya berupa hewan dimanfaatkan dalam bentuk kegiatan perikanan dan perkebunan. Kegiatan-kegiatan lain seperti perindustrian dan kerajinan merupakan kegiatan pemanfaatan sumber daya alam lanjutan setelah pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan.

Oleh karenanya kamu dapat mengetahui sumber daya alam di sekitarmu dan cara pemanfaatannya dengan mengetahui pekerjaan orang-orang yang tinggal di sekitarmu.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 99 subtema 2 pembelajaran 4

Ayo Mencoba

Membuat Puisi dan Menjelaskan Maknnna Perhatikanlah rangkaian puisi berikut ini. Lengkapilah puisi ini menggunakan kata-katamu agar puisi lebih bermakna.

Kawan sejatiku

Karya :  lani
Untuk Beni, Made, dan Siti

Wahai Kawan Sejatiku,
Kamu selalu bermain bersamaku
Selalu menemaniku mengerjakan Tugas sekolahku
Selalu Menemani saat aku pilu

Wahai, kawan sejati
Walau kita Berbeda suku dan agama
Kau selalu mengingatkan ku untuk Menghormati
Dan mengucapakan Selamat hari raya

Wahai, Kawanku
Tak akan pernah kulupa Kan
Kita akan selalu bersama-sama
Untuk meraih Cita-cita

Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 6 Halaman 99 pembelajaran 4


Bacakanlah puisimu dengan percaya diri secara bergantian di kelasmu.Tanggapilah pernyataan-pernyataan di bawah ini dengan kata ya atau tidak, sesuai isi puisi di atas.

1. Puisi ini berkisah tentang kawan yang tidak setia.
Jawaban :  Tidak 

2. Lani memberikan pendapat yang baik terhadap kawannya.
Jawaban : Ya 

3. Kita yang dimaksud dalam puisi ini adalah Lani dan Siti.
Jawaban : YA 

4. Kawan yang dimaksud memiliki suku yang berbeda dengan Lani.
Jawaban : YA 

5. Lani akan melupakan kawannya
Jawaban : Tidak 

6. Mereka ingin meraih cita-cita bersama.
Jawaban : Y

Berdasarkan jawaban di atas, jelaskanlah isi puisi tersebut ke dalam bentuk paragraf di bawah ini.Bekerjalah bersama temanmu untuk menyelesaikan kalimat yang telah dibuat tersebut!

Lani menulis puisi ini untuk teman-temannya, yaitu Beni, Made, dan Siti. Mereka sering bermain bersama di sekolah.

Jawaban : Makna puisi yang berjudul kawan sejati adalah Menceritakan tentang kawan yang sejati di sekolahnya.Mereka sering mengerjakan tugas sekolahnya secara bersama sama yang selalu memberi semangat ketika di antara teman temannya ada yang sedih.

Demikian Pembaca materi dan kunci jawaban tematik halaman 95, 96, 98, 99. kelas 4 tema 6  pembelajaran 4 buku siswa kurikulum 2013.


Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban kelas 4 tema 6 halaman 95, 96, 98, 99."