Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban Buku PPKN kelas 7 halaman 143 Aktivitas 6.2

Kunci jawaban Buku PPKN kelas 7 halaman 143 Aktivitas 6.2

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban Buku PPKN kelas 7 halaman 143 Aktivitas 6.2  merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku PPKN kelas 7 SMP/MTs Bab 6 semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban Buku PPKN kelas 7 halaman 143 Aktivitas 6.2 Bab 6



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 7 SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tuhas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Refernsi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban Buku PPKN kelas 7 halaman 143 Aktivitas 6.2

Aktivitas 6.2

1. Ceritakan kembali peristiwa sebelum proklamasi dilaksanakan dalam  bentuk tulisan.

2. Mengapa terjadi ketegangan antara golongan pemuda dan golongan  tua dalam menentukan proklamasi?

3. Sebutkan minimal empat tokoh pendiri negara dengan perannya  masing- masing dalam peristiwa proklamasi.

Buatlah tulisan menarik yang berisi aktivitas 6.2 tersebut. Kumpulkan kepada guru kalian.

Jawaban :

1. Sejarah tentang lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia makin menguat setelah Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu. Peristiwa tersebut mendorong para pemuda dengan jiwa muda dan semangatnya bergerak mendesak ”golongan tua” untuk secepatnya memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. 

Kesepakatan pemuda di Jalan Pegangsaan Timur, Jakarta, membulatkan tuntutan pemuda ”… bahwa kemerdekaan Indonesia adalah hak dan soal rakyat itu sendiri, tak dapat digantungkan kepada orang dan kerajaan lain.  Jalan satu-satunya adalah memproklamasikan kemerdekaan oleh kekuatan  bangsa Indonesia sendiri.” Tekad para pemuda tersebut akhirnya mendorong
terjadinya peristiwa Rengasdengklok. 

Saat itu, suasana di Rengasdengklok menjadi tegang. Ir. Soekarno oleh golongan pemuda diminta agar memenuhi keinginan rakyat Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan dengan kekuatan bangsa Indonesia sendiri. Setelah berdebat panjang, desakan para pemuda akhirnya disanggupi oleh Ir. Soekarno yang akan segera memproklamasikan kemerdekaan, tetapi dilakukan di Jakarta. Tentu saja jawaban tersebut disambut gembira oleh para pemuda dan prajurit PETA yang menjaga Soekarno.

Pada tanggal 16 Agustus 1945 rombongan dari Rengasdengklok tiba di Jakarta. Dengan mempertimbangkan berbagai tempat yang aman untuk membahas proklamasi, kemudian Ir. Soekarno dengan para penyusun teks proklamasi lainya menjadikan rumah Laksamana Muda Maeda sebagai tempat menyusun naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Di kediaman Laksamana Muda Maeda di Jalan Imam Bonjol No. 1 Jakarta, teks proklamasi dirumuskan.

2. Jawaban : 
- Golongan muda mendesak Ir Soekarno agar segera memproklamasikan kmerdekaan dan sementara golongan tua ingin menunggu keputuan dari Jepang.
- Golongan muda ingin segera memproklamasikan kemerdekaan karena pada saat itu terjadi kekosongan kekuasaa.

3.  Jawaban : 

Tokoh yang berperan dalam Proklamasi Kemerdekaan

1. Ir. Soekarno Presiden pertama RI
    Peran : Orang yang membacakan teks proklamasi dan menandatangani teks Proklmasi atas nama bangsa Indonesia

2. Drs. Mohammad Hatta
    Peran : Yang menandatangani Teks Proklmasi atas nama bangsa Indonesia dan mendampingi soekarno dalam membaca teks Proklamasi. 

3. Ahmad Soebarjo
    Peran : Salah satu perumus teks proklmasi kemerdekaan 

4. Sayuti Melik
     Peran : Orang yang mengetik naskah yeks proklamasi.

 
Demikian Pembaca Kunci jawaban Buku PPKN kelas 7 halaman 143 Aktivitas 6.2 buku siswa kelas 7 SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban Buku PPKN kelas 7 halaman 143 Aktivitas 6.2"