Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban kelas 5 tema 8 halaman 119, 121, 122

Kunci jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 tema 8 halaman 119, 121, 122

Kunci jawaban tema 8 kelas 5 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 panas dan perpindahannya subtema 3 Upaya pelestarian lingkungan  pembelajaran 4 tepatnya berada pada tema 8 halaman 119, 121, 122.

Kunci jawaban, Materi, dan Soal kelas 5 tema 8 subtema 3



Materi dan Kunci Jawaban Tematik tema 8 halaman 119, 121, 122. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 5 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban kelas 5 tema 8 halaman 119 subtema 3 pembelajaran 4

Ayo Mengamati

Amati kegiatan usaha ekonomi di sekitar tempat tinggalmu.

Bagaimana sikap pelaku usaha ekonomi dalam menjalin hubungan dengan pesaingnya?

1. Apakah terjalin sikap saling menghargai satu sama lain?

Jawaban : Ya, Terjalin sikap saling menghargai

 
2. Apakah di antara mereka saling bersaing dengan ketat hingga terjadi permusuhan?

Jawaban : Tidak, tidak ada persaingan yang meninbulkan permusuhan, yang ada adalah persaingan sehat(persaingan dengan tetap menjunjung etika)

Diskusikan hasil pengamatanmu bersama teman-temanmu!

Sikap pelaku usaha tehadap pesaingnya adalah Sikap tetap saling menghormati, pesaing bukan untuk dimusuhi, tetapi pesaing dijadikan pemicu untuk selalu berkreasi lebih baik dan lebih inovatif agar mampu memenangkan persaingan usaha dengan cara meningkatkan pelayanan dan meningkatkan kulaitas produk.

Materi kelas 5 tema 8 subtema 3 tentang Menghargai kegiatan ekonomi (PPKN)

Ayo Membaca

Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain

Kamu  telah memahami kegiatan ekonomi yang  berkembang di Indonesia. Setiap orang akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada yang  menjadi petani, penjahit, pedagang, nelayan, pegawai swasta, pegawai negeri, tenaga medis, pengusaha, dan lainnya.

Kegiatan  ekonomi yang   dilakukan setiap  orang melibatkan orang lain. Keterlibatan orang lain dapat dilihat dari  kegiatan  produksi, distribusi, dan konsumsi. Pada kegiatan produksi, orang yang  terlibat adalah tenaga kerja. Pemakaian tenaga kerja dimaksudkan untuk memperlancar kegiatan produksi. Tenaga  kerja akan memperoleh balas jasa dari  produsen berupa upah atau gaji dari  produsen. Selanjutnya, barang hasil produksi akan disalurkan kepada konsumen atau masyarakat oleh  distributor. Dari kegiatan penyaluran barang tersebut, distributor akan memperoleh keuntungan. Contoh distributor adalah agen, pedagang besar, dan pedagang eceran.

Konsumen adalah pihak yang  mengonsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Barang dan jasa diperoleh dari   produsen secara langsung atau melalui perantara (distributor). Ketiga pelaku kegiatan ekonomi tersebut (produsen, distributor, dan konsumen) akan saling berhubungan membentuk arus diagram ekonomi.

Setiap pelaku kegiatan ekonomi memiliki peran yang saling menguntungkan. Menurut kodratnya, manusia berperan sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi. Sebagai  makhluk sosial,  manusia  akan  berhubungan atau berinteraksi dengan manusia lain.  Sebagai makhluk ekonomi, manusia akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai makhluk sosial maupun makhluk ekonomi, manusia hendaknya memiliki etika moral. Dengan etika moral, manusia dapat menghargai setiap kegiatan ekonomi yang  dilakukan oleh  orang lain.

Amatilah  pakaian   yang    kamu  kenakan!  Bagaimana  proses  produksi pakaian? Untuk menghasilkan pakaian dibutuhkan waktu yang  lama. Pada mulanya, produsen pakaian membutuhkan bahan baku kain  dan benang. Kain dapat diperoleh dari   perusahaan pemintalan benang. Bahan baku benang berupa kapas yang  dihasilkan dari  perkebunan tanaman kapas. Untuk menjadi benang, kapas dipintal terlebih dahulu. Benang ditenun di pabrik tenun hingga menjadi  kain. Selanjutnya, kain   dapat dibuat pakaian oleh   penjahit. Itulah proses panjang produksi pakaian.

Kamu   sudah  mengetahui  bahwa  banyak pihak  terlibat  dalam  proses produksi pakaian. Ada  petani tanaman kapas, pekerja pemintalan, penenun kain,  penjahit, dan pengusaha garmen. Setiap pelaku dalam proses produksi pakaian itu  mempunyai peran penting, begitu pula   dalam proses produksi benda lain.  Oleh  karena itu hendaknya kita  perlu menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain.

Bagaimana kita menghargai kegiatan usaha ekonomi orang  lain? 

Cara menghargai kegiatan usaha ekonomi dapat dilakukan sebagai berikut.

1. Menumbuhkan persaingan usaha yang  sehat dalam kegiatan perekonomian.
2. Menghormati   usaha   ekonomi   orang   lain     dengan   tidak   iri    atas keberhasilannya.
3. Menjunjung tinggi setiap jenis pekerjaan yang  dilakukan orang lain.
4. Meneladani keberhasilan orang lain  dengan  meniru sikap positif orang tersebut.

Kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 121 subtema 3 pemebelajaran 4


Ayo Mencoba

Informasi-informasi penting  apa   yang    dapat   kamu  peroleh  dari    teks “Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain”?

Tulislah dalam diagram berikut.

Kunci jawaban kelas 5 halaman 121 tema 8

Kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 122 subtema 3 pemebelajaran 4

Ayo Berdiskusi

Produksi pakaian melibatkan peran banyak pihak: petani kapas, pemintal benang, pabrik tekstil, dan penjahit. Setiap pihak memiliki peran penting. Namun, mereka juga mendapatkan keuntungan. Identifikasikan peran dan keuntungan yang diperoleh petani kapas, pemintal benang, pabrik tekstil, dan penjahit. Diskusikan bersama kelompokmu, lalu tulislah dalam bentuk tabel berikut.

Kunci jawaban kelas 5 tema 8 halaman 122


Demikian Pembaca materi dan kunci jawaban tematik  halaman 119, 121, 122  kelas 5 tema 8 pembelajaran 4 buku siswa kurikulum 2013.


Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.




Posting Komentar untuk "Kunci jawaban kelas 5 tema 8 halaman 119, 121, 122"