Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman kelas 3 tema 3 subtema 1

Rangkuman materi tematik kelas 3 tema 3 subtema 1 Aneka benda di sekitarku sesuai kurikulum 2013 


Rangkuman materi tematik kelas 3 tema 3 subtema 1 Aneka benda di sekitarku. Rangkuman materi kelas 3 tema 3 subtema 1 Aneka benda di sekitarku. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 3 kurikulum 2013 dengan judul “Benda di sekitarku ”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian ataupun semester. Dan bagi bapak ibu guru Rangkuman materi tema 3 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal.

Materi kelas 3 tema 3 subtema 3



Pada kesempatan ini kami akan memposting Rangkuman materi kelas 3 tema 3 subtema 1 Aneka benda di sekitarku. Selanjutnya, Rangkuman materi kelas 3 tema 3 subtema 2 Wujud benda, Rangkuman materi kelas 3 tema 3 subtema 3 Perubahan wujud benda dan  Rangkuman materi kelas 3 tema 3 subtema 4 Keajaiban perubahan wujud benda di sekitarku. 

BACA JUGA 





Rangkuman materi tematik kelas 3 tema 3 subtema 1 Aneka benda di sekitarku muatan pelajaran PPKN

Sila keempat Pancasila berbunyi Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan.

Sila keempat pancasila di lambangkan dengan kepala banteng

Contoh pengalaman sila keempat sebagai perwujudan nilai Kerakyatan, yakni menyelesaikan masalah secara musyawarah. Pada saat bermusyawarah kita berhak mengajukan pendapat, Namun tidak boleh memaksakan kehendak saat bermusyawarah.

Nilai yang terkandung dalam sila ke 4 antara lain

1. Menghargai pendapat orang lain
2. Mengambil keputusan dengan musyawarah mufakat.
3. Selalu mengambil kebijaksanaan di atas persengketaan atau perbedaan pendapat.
4. Musyawarah dilandasi dengan kejujuran

Rangkuman materi tematik kelas 3 tema 3 subtema 1 Aneka benda di sekitarku muatan pelajaran Bahasa Indonesia

Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda  hidup. Sementara batu, gelas, dan buku merupakan benda mati. Benda adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Massa benda diukur dengan cara ditimbang.

Manusia, hewan, tumbuhan, batu, dan buku menempati ruang. Benda-benda itu juga dapat ditimbang. 

Cahaya dan panas bukanlah benda. Cahaya dan panas tidak menempati ruang. Cahaya dan panas tidak dapat ditimbang.

Benda-benda dapat dikelompokkan berdasarkan sifat fisiknya. Sifat fisik benda, misalnya warna, bentuk, kekuatan, wujud, atau ukurannya.

Benda yang ada di sekitar kita mempunyai  beragam ukuran. Ada yang besar dan ada yang 
kecil. Ada yang panjang dan ada yang pendek.

Bentuk
Benda-benda di sekitar kita mempunyai beragam bentuk. 

Warna
Benda di sekitar kita mempunyai beragam warna.

Benda terbuat dari kayu 
Beberapa contoh benda yang terbuat dari kayu di antaranya adalah meja, kursi, dan lemari. Kayu juga digunakan untuk membuat benda kerajinan. Misalnya, patung dan pigura.

Kayu dapat dipilih menjadi bahan dasar benda. Karena kayu mempunyai banyak keunggulan.
Keunggulan kayu adalah mudah dibentuk. Beberapa benda yang terbuat dari kayu jati dapat bertahan sampai puluhan bahkan ratusan tahun. 
Kelemahan benda berbahan kayu adalah tidak tahan api, sehingga mudah terbakar. Namun, ada beberapa jenis kayu yang mudah terserang rayap atau serangga lainnya.

Benda yang terbuat dari kertas

Banyak benda yang terbuat dari kertas. Seperti buku tulis yang biasa digunakan. Contoh lain tisu, kardus, dan koran juga terbuat dari kertas. Kertas dibuat dengan bahan dasar kayu kemudian dijadikan bubur kertas atau pulp.
Kertas memiliki sifat dapat menyerap air. Kertas dapat menyerap tinta pulpen dengan baik. Dengan demikian, semua yang kamu tulis di kertas dapat dibaca dengan jelas.

Plastik : Solusi dan masalah

Sekarang ini, banyak sekali benda berbahan dasar plastik. Mengapa? Karena, plastik murah dan tahan lama. Bahan dari plastik tidak dapat menyerap air atau tidak tembus air. Plastik pun mudah dibentuk dan ringan. Oleh karena itu, plastik dapat dibuat menjadi berbagai benda.

Plastik memberikan banyak manfaat. Akan tetapi, plastik juga dapat menimbulkan masalah. Plastik membutuhkan waktu yang lama untuk terurai se- cara alami, sekitar puluhan bahkan ratusan tahun.

Untuk mengurangi sampah plastik, dapat dilakukan dengan 3 cara. Cara tersebut, yaitu reduce (mengurangi), reuse (meng   gunakan kembali), dan recycle (mendaur ulang).

Reduce adalah mengurangi penggunaan plastik. Contohnya ketika berbelanja. Sebaiknya
membawa tas belanja sendiri, sehingga tidak perlu menggunakan kantong plastik.

Reuse adalah memanfaatkan kembali sampah plastik. Misalnya, sampah kemasan botol minuman digunakan untuk membuat pot bunga.

Recycle adalah daur ulang sampah plastik. Biasanya dilakukan di pabrik. Sampah plastik diolah menjadi barang baru yang dapat dimanfaatkan lagi.

Benda dari Kaca

Ada benda-benda yang dibuat dari kaca. Benda tersebut, antara lain gelas, piring, mangkuk, kaca mata, akuarium, jendela, dan peralatan laboratorium. Kaca memiliki sifat kedap air dan
tembus cahaya. Oleh karena itu, kaca digunakan untuk membuat benda yang tahan air. 

Benda dari Logam 

Benda yang dibuat dari logam Benda-benda tersebut, antara lain panci, penggorengan, sendok sayur, sendok  makan, kerangka mobil, dan pagar rumah. Benda-benda tersebut dibuat dari logam Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik.

Benda dari Karet

Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus dibuat dari karet. Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara lain ban, balon, sandal karet, bola, dan sarung tangan.

Rangkuman materi tematik kelas 3 tema 3 subtema 1 Aneka benda di sekitarku muatan pelajaran SBDP

Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak bernada, namun dapat menghasil kan irama lagu. Ada berbagai macam alat musik ritmis. Berikut ini beberapa contoh alat musik ritmis.

Karena, alat musik sebagian besar terbuat dari kayu berpadu dengan kulit hewan. Contohnya antara lain gendang. Cara memainkannya dengan dipukul.


Semoga Rangkuman materi kelas 3 tema 3 subtema 1 Aneka benda di sekitarku dapat bermanfaat bagi Bapak/ibu guru serta adik adik. Jangan lupa untuk memberikan saran dan komentar demi kemajuan website kami. 

Posting Komentar untuk "Rangkuman kelas 3 tema 3 subtema 1"