Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 12, 13, 14, 16, 19, 21, dan 22

Kunci jawaban Buku Tematik Sisw Kelas 5 tema 6 Halaman 12, 13, 14, 16, 19, 21, dan 22 


Kunci jawaban tema 6 kelas 5 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 panas dan perpindahannya subtema 1 suhu dan kalor pembelajaran 2 tepatnya berada pada halaman 12, 13, 14, 16, 19, 21, dan 22 .

Materi dan kunci jawaban kelas 5 tema 6




Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 hal 3, 4, 6 dan 8 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 5 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik. 

Perbedaan Suhu  dan Panas


Indra  peraba,  seperti  telapak  tangan  tidak  dapat  menentukan secara tepat derajat panas dan dingin suatu benda. Tangan hanya dapat memperkirakan panas  dan  dingin suatu  benda.  Tangan  tidak dapat menjelaskan berapa nilai   derajat panas atau dinginnya suatu benda. Pernahkah kamu pergi berkemah ke daerah pegunungan? Ketika  malam hari saat kamu berkemah di daerah pegunungan, kamu akan merasakan bahwa cuaca di sekitarmu terasa dingin sehingga kamu memerlukan jaket tebal untuk menghangatkan  tubuhmu. Lain  halnya dengan  penduduk yang  tinggal di dataran tinggi seperti daerah pegunungan. Mereka tidak terlalu merasakan hawa dingin karena mereka sudah terbiasa dengan hawa dingin di pegunungan.

Hal tersebut, membuktikan bahwa indra peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur derajat panas suatu benda karena setiap orang memiliki perbedaan dalam merasakan suhu di sekitarnya. Nah,  dalam ilmu pengetahuan alam untuk menyatakan tingkat panas dinginnya suatu keadaan digunakan suatu besaran yang  disebut suhu atau temperatur.

Panas (kalor) dan suhu adalah dua hal  yang  berbeda. Energi panas merupakan salah satu energi yang  dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Ketika   sebatang  logam dipanaskan dengan  api,   batang logam tersebut  mendapatkan  energi panas  dari   api.      Energi panas membuat batang logam tersebut menjadi panas.  Ketika  batang logam tersebut panas, suhunya meningkat. Ketika batang logam menjadi dingin, suhunya menurun. Suhu adalah besaran yang  menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut. Satuan suhu yang  digunakan di Indonesia adalah derajat Celcius  (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Satuan panas dinyatakan dalam kalori  dan diukur dengan kalorimeter.

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 12

Ayo Menulis


A. Bacalah kembali bacaan di atas  dengan saksama. Kemudian, jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Apa judul  bacaan di atas?   " Perbedaan suhu dan Panas "


2. Tuliskanlah kata-kata kunci  pada setiap paragraf di atas!


Paragraf 1  :  " Indera peraba, Panas dingin, derajat panas "


Paragraf 2  :  " Besaran, Suhu "


Paragraf 3  :  " Panas, energi, termometer,  kalori meter "

3. Buatlah  sebuah  pertanyaan  dengan  menggunakan  kata  kunci   yang kamu tentukan dari  setiap paragraf pada bacaan di atas.  Lalu, mintalah temanmu untuk menjawabnya!

" Mengapa indera peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu suatu benda? "

" Besaran yang digunakan dalam mengukur suhu ? "

 " Apa perbedaan panas (kalor) dan suhu? "



4. Buatlah paling sedikit dua pertanyaan tentang bacaan yang  ingin sekali kamu ketahui lebih  dalam!

" Mengapa indera peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu suatu benda "

"  Bagaimana cara menggunakan termometer untuk mengukur suhu "

5. Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskanlah isi bacaan di atas kepada teman sebangkumu!

 " Panas (kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda. Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut. Satuan suhu yang digunakan di Indonesia adalah derajat celcius (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Sedangkan energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter. "

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 13 subtema 1


B. Jawablah pertanyaan berikut ini !

1. Apa yang kamu ketahui tentang panas ?
   
" Energi panas merupakan salah satu energi yang  dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. "

2. Apa yang dimaksud dengan suhu atau temperatur ?

 " Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda "

3. Ceritakanlah sebuah peristiwa yang kamu alami yang dapat menjelaskan antara suhu dan panas !

" Badan kita akan terasa hangat saat kita berada di dekat api unggun. Hal ini terjadi karena adanya perpindahan panas dari api unggun ke tubuh kita. "

Bersdasarkan pemahamanmu terhadap bacaan diatas, lengkapilah tabel berikut mengenai perbedaan antara Panas dan suhu yang kamu ketahui !

Materi dan kunci jawaban kelas 5 tema 6 hal 13

KUNCI JAWABAN KELAS 5 TEMA 6 HALAMAN 16 PEMBELAJARAN 2

Berdasarkan kegiatan di atas, cobalah untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut

1. Mengapa air di dalam botol  dapat naik? Jelaskan!

" Air dalam botol naik karena mendapatkan energi panas "

2. Adakah peristiwa perpindahan panas pada percoabaan tersebut? Jelaskan !

" Terdapat perpindahan panas pada percobaan tersebut "

3. Kesimpulan apakah yang kamu dapatkan dari percobaan diatas ?

" Bila tandon/botol zat cair terkena (dikenai) panas (dapat berupa panas dari benda) zat cair dalam tandon/botol akan mengembang (memuai). Oleh karena zat cair dalam tandon memuai, zat cair tersebut masuk ke celah kapiler (sedotan). Selanjutnya, zat cair tersebut berhenti pada skala suhu tertentu. Skala itulah yang menunjukkan suhu benda yang bersangkutan. "

Materi kelas 5 tema 6 subtema 1 muatan pelajaran SBDP


Tangga Nada

Tangga  nada adalah urutan nada yang   disusun secara berurutan. Misalnya do,  re,  mi,  fa,  sol,  la, si, do.  Ada  banyak jenis tangga nada, di antaranya adalah tangga nada diatonis dan pentatonis. Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang  mempunyai dua jarak nada, yaitu  satu dan setengah.   Beberapa alat musik seperti piano dan organ memiliki sistem tangga nada diatonis. Pada sistem tangga nada diatonis, dalam satu rangkaian nada terdapat 7 nada pokok. Nada kedelapan merupakan pengulangan nada pertama.

Tangga nada pentatonis, me- rupakan jenis tangga nada yang hanya memakai lima  nada pokok. Ragam tangga nada pentatonis dibedakan   oleh     jarak   antarnada serta  pilihan nada  yang   didengar. Berdasarkan nadanya, ada  tangga nada pentatonis yang  menggunakan tangga nada jenis pelog dan tangga nada  jenis slendro. Contoh alat musik  yang   menggunakan tangga nada jenis pelog dan slendro adalah gamelan Jawa. Selain gamelan Jawa,
ada juga gamelan Sunda, Bali, Madura, dan Batak.

Tangga  nada  pelog biasanya  menggunakan  susunan  nada  yang berbunyi seperti nada-nada do – mi – fa- sol – si.  Salah satu lagu  daerah yang   menggunakan tangga nada ini  adalah lagu   Gundhul Pacul  dari Jawa  Tengah.  Sedangkan tangga nada slendro biasanya menggunakan susunan yang  berbunyi seperti nada-nada do – re – mi – sol – la.   Lagu yang  menggunakan tangga nada ini memberi kesan gembira dan lincah. Salah satu  contoh lagu   dengan tangga nada  slendro ini  adalah  lagu Cublak-Cublak Suweng dari  daerah Jawa  Tengah.

KUNCI JAWABAN KELAS 5 TEMA 6 HALAMAN 19 SUBTEMA 1

1.  Jumlah nada pada tangga nada diatonis ada 7

       yaitu do,  re,  mi,  fa,  sol,  la, si, do. 

2.  Jumlah nada pada tangga nada pentatonis ada 5

        do – mi – fa- sol – si. dan do – re – mi – sol – la.

KUNCI JAWABAN KELAS 5 TEMA 6 HALAMAN 21 SUBTEMA 1 

Lengkapilah tabel brikut !

Materi dan kunci jawaban kelas 5 tema 6




Demikian Pembaca materi dan kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 halaman 12, 13, 14, 16, 19, 21, dan 22 . pembelajaran 2 buku siswa kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 12, 13, 14, 16, 19, 21, dan 22"