Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 61, 62, 63, 64, 65, dan 66

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 61, 62, 63, 64, 65, dan 66

Kunci jawaban tema 6 kelas 5 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 panas dan perpindahannya subtema 1 suhu dan kalor pembelajaran 6 tepatnya berada pada kelas 5 tema 6 halaman 61, 62, 63, 64, 65, dan 66

Materi dan kunci jawaban kelas 6 tem 2



Materi dan Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 61, 62, 63, 64, 65, dan 66 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 5 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Rangkuman materi kelas 5 tema 6 subtema 1 halaman 60

Tanggung Jawab Warga Negara

Tanggung jawab adalah keadaan untuk menerima akibat dari perbuatan, baik  yang  dilakukan sendiri maupun yang  dilakukan bersama dengan  orang lain. Oleh karenanya,  tanggung  jawab  warga  negara berhubungan dengan perannya di dalam masyarakat.

Tanggung  jawab warga negara  terhadap  bangsa  dan  negaranya, dilaksanakan dengan  cara melakukan hak   dan kewajibannya sebagai warga negara.  Pelaksanaan  hak   dan  kewajiban warga negara  harus sesuai dengan Undang-Undang dasar Negara Repulik  Indonesia Tahun 1945. Warga negara Indonesia, antara lain mempunyai tanggung jawab untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai dalam sila-sila Pancasila. Warga negara Indonesia juga  bertanggung jawab  untuk  menjaga  persatuan  dan kesatuan bangsa agar tidak terpecah belah.

Sebagai   seorang   siswa,   kamu pun   memiliki tanggung  jawab. Salah satunya adalah dengan menaati peraturan yang  telah ditetapkan, baik oleh  sekolah maupun oleh  negara sesuai peranmu sebagain seorang siswa. Peraturan sekolah harus sejalan dengan  nilai-nilai yang   terkandung di dalam sila-sila dalam Pancasila. Peraturan sekolah juga harus sejalan dengan  peraturan dan  undang- undang yang  berlaku di Indonesia.

Seorang siswa hendaknya bertanggung jawab untuk mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila. Nilai  sila  pertama, Ketuhanan  yang   Maha Esa,   dengan  menunjukkan rasa  hormat  kepada  teman-teman   yang berbeda  keyakinan dan  dengan  menjalankan kegiatan  keagamaan sesuai dengan keyakinannya. Nilai  sila  kedua, Kemanusiaan  yang  Adil dan Beradab, dengan menunjukkan rasa peduli kepada sesama manusia di mana pun  berada. Nilai pada sila  ketiga, Persatuan Indonesia, dengan menjaga persatuan dan kesatuan dengan menghargai perbedaan yang ada di antara teman. Nilai  sila  keempat, Kerakyatan yang  Dipimpin oleh Hikmat  Kebijaksanaan  dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dengan menunjukan  sikap  mau  mendengarkan  pendapat  teman  lain   dalam kegiatan pembelajaran dan bekerja sama. Nilai sila kelima, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, dengan menaati peraturan  sekolah yang menjamin rasa keadilan di sekolah.

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 61 subtema 1 pembelajaran 6

Ayo Menulis
 
Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama untuk memahami isi bacaan. Tuliskan kata-kata kunci pada setiap paragraf. Lalu, tuliskan isi bacaan pada setiap paragrafnya dalam diagram berikut!

Jawaban :

Judul Bacaan : " Tanggung Jawab Warga Negara "

Kata Kunci Paragraf 1 : Tanggung jawab, warga negara, masyarakat.
Isi Bacaan Paragraf 1 : Tanggung jawab adalah keadaan untuk menerima akibat dari perbuatan, baik yang dilakukan sendiri maupun yang dilakukan bersama dengan orang lain. Tanggung jawab warga negara berhubungan dengan perannya di dalam masyarakat.

Kata Kunci Paragraf 2 : Tanggung jawab warga negara, hak dan kewajiban.
Isi Bacaan Paragraf 2 : Tanggung jawab warga negara terhadap bangsa dan negaranya, dilaksanakan dengan cara melakukan hak dan kewajibannya sebagai warga negara.
 
Kata Kunci Paragraf 3 : Siswa, tanggung jawab, menaati peraturan.
Isi Bacaan Paragraf 3 : Sebagai seorang siswa harus memiliki tanggung jawab. Salah satunya adalah dengan menaati peraturan yang telah ditetapkan, baik oleh sekolah maupun oleh negara sesuai peranmu sebagain seorang siswa.

Kata Kunci Paragraf 4 : Siswa, bertanggung jawab, mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila.
Isi Bacaan Paragraf 4 : Seorang siswa hendaknya bertanggung jawab untuk mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila.

Rangkailah isi-isi bacaan dari setiap paragraf di atas untuk menjelaskan isi bacaan secara keseluruhan. Tuliskanlah dalam satu paragraf pemahamanmu tentang bacaan dengan bantuan diagram di atas. Gunakanlah kalimat yang benar dan kata-kata baku dengan tepat.

Jawaban :

Tanggung jawab merupakan keadaan untuk menerima akibat dari perbuatan. Tanggung jawab warga negara berhubungan dengan perannya di dalam masyarakat.

Sebagai warga negara tanggung jawab dilaksanakan dengan cara melakukan hak dan kewajibannya. 

Sebagai seorang siswa harus bertanggung jawab menaati peraturan yang telah ditetapkan dan mengamalkan nilai-nilai yang ada dalam Pancasila.

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 62 dan 63 subtema 1 pembelajaran 6


Ayo Menulis

A. Lengkapilah kalimat-kalimat  berikut   ini  dengan  menggunakan kata- kata yang  tepat yang  teersedia di dalam kotak!

1. Maju  mundurnya sebuah negara tergantung kepada Tanggung jawab warga negaranya.

2. Setiap  warga  negara  juga  memiliki Hak dan  kewajiban sesuai perannya di dalam masyarakat.

3. Setiap  warga  negara  Indonesia,  mempunyai  tanggung  jawab  untuk memahami  dan   mengamalkan   nilai-nilai  dalam  Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia.

4. Tanggung  jawab untuk menghormati perbedaan  keyakinan teman dan anggota  masyarakat  sesuai  dengan  pengamalan  nilai Pancasila  sila Pertama

5.  Menghargai pendapat  orang  lain,   merupakan  salah  satu  cara  untuk menjaga Persatuan dan Kesatuan bangsa yang   juga merupakan pengamalan sila  keempat Pancasila.

B. Kembangkanlah paling sedikit lima kata kunci yang telah kamu tuliskan sebelumnya menjadi kalimat lengkap dengan menggunakan kata-kata baku. Perhatikan contoh.

Jawaban :

Kata : Hak
Pengembangan kata : Hak, berhak
Kalimat : Beni memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan. Ia juga berhak mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya

Kata : Wajib
Pengembangan Kata : Wajib, berkewajiban
Kalimat : Setiap siswa wajib mematuhi peraturan di sekolah. Seorang siswa juga berkewajiban mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Kata : Masyarakat
Pengembangan Kata : Masyarakat, bermasyarakat
Kalimat : Setiap anggota masyarakat harus melaksanakan kewajibannya. Hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara seimbang dalam bermasyarakat.
 
Kata : Taat
Pengembangan Kata : Taat, menaati
Kalimat : Siti anak yang taat kepada nasihat kedua orangtuanya. Adiknya juga selalu menaati semua nasihat yang diberikan kedua orangtuanya.

Kata : Negara
Pengembangan Kata : Negara, bernegara
Kalimat : Negara menjamin hak-hak warga negaranya. Hak dan kewajiban dalam bernegara dijamin oleh undang-undang.

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 64 subtema 1 pembelajaran 6

Ayo Berdiskusi

Perhatikanlah kembali gambar dan bacaan tentang Tanggung Jawab Warga Negara dengan saksama! Kamu tentu tahu bahwa banyak tanggung jawab, baik sebagai warga negara, maupun sebagai seorang siswa.

Dengan menggunakan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini!

1. Bersama dengan teman sebangkumu, lengkapilah tabel berikut ini untuk menjelaskan dan memberikan contoh tanggung jawab yang dapat kamu lakukan sebagai warga negara Indonesia dan sebagai siswa.

Perhatikan contoh!

Tanggung Jawab : Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
Contoh Perbuatan yang Menunjukkan Tanggung Jawab : Menghormati perbedaan antar teman
Sudah : (v)
Belum : (-)

2. Tambahkanlah beberapa contoh perbuatan yang berhubungan dengan tanggung jawab tersebut. Lalu berikanlah tanda centang (v) pada kolom yang sesuai.

Jawaban:

Tanggung Jawab : Menaati peraturan sekolah
Contoh Perbuatan yang Menunjukkan Tanggung Jawab : Datang tepat waktu, memakai seragam sesuai peraturan sekolah, dan tidak merusak fasilitas sekolah.
Sudah : (v)
Belum : (-)

Tanggung Jawab : Mengamalkan nilai-nilai dalam pancasila
Contoh Perbuatan yang Menunjukkan Tanggung Jawab : Menghargai perbedaan yang ada, mau mendengarkan pendapat teman.
Sudah : (v)
Belum : (-)

3. Tunjukkanlah hasil pekerjaanmu kepada teman sekelompok yang terdiri atas empat orang termasuk teman sebangkumu. Bacakanlah contohcontoh perbuatan yang telah kamu lakukan yang menunjukkan rasa tanggung jawabmu sebagai warga negara dan sebagai siswa.

4. Pilihlah salah satu perbuatan dan ceritakanlah lebih mendalam. Ceritakanlah dalam peristiwa apakah kamu melakukan perbuatan tersebut.

5. Kemudian, ceritakan juga perbuatan-perbuatan yang belum kamu lakukan. Kesulitan apa saja yang kamu hadapi untuk melaksanakannya. Mintalah saran temanmu untuk membantumu.

6. Tulislah saran-saran temanmu pada tabel berikut ini!

7. Buatlah kesimpulan tentang tanggung jawab yang kamu pahami melalui kegiatan di atas!

Tanggung jawab adalah:

Tanggung jawab merupakan keadaan untuk menerima akibat dari perbuatan, baik yang dilakukan sendiri maupun yang dilakukan bersama dengan orang lain. Tanggung jawab warga negara berhubungan dengan perannya di dalam masyarakat.

Kunci Jawaban Halaman 65, 66

Ayo Bernyanyi

Kamu telah belajar menentukan tangga nada pada beberapa lagu daerah yang berasal dari daerah lain. Saatnya bagimu untuk mempelajari lagu daerahmu sendiri.

Sebelum menyanyikan sebuah lagu, kamu perlu melakukan pemanasan. Pemanasan ini dilakukan untuk melatih pita suara dan organ tubuh lainnya yang digunakan pada saat menyanyi, seperti rongga mulut dan tenggorokan.

Setelah kamu melakukan pemanasan, lakukanlah kegiatan ini dalam kelompok!

1. Cari dan tentukan sebuah lagu daerah yang kamu kenal. Sebaiknya lagu dari daerahmu sendiri agar kamu lebih mengenal lagu daerahmu.

2. Salinlah lagu tersebut berikut notasi angkanya.

3. Pelajari tangga nada yang digunakan pada lagu tersebut.

4. Pelajari cara menyanyikan lagu tersebut agar mendapatkan kesan dari lagu tersebut.

5. Tulislah semua pekerjaanmu pada selembar kertas berukuran A3.

6. Gunakan tabel berikut untuk mencatat keterangan yang diperlukan.

Jawaban :

Judul lagu : Gundhul-gundhul pacul

Asal lagu : Jawa Tengah

Arti lagu :

Gundul-gundul cangkul, sembrono
Membawa bakul (di atas kepala) dengan sembrono
Bakul terguling, nasinya tumpah sehalaman
Bakul terguling, nasinya tumpah sehalaman
Tangga nada yang digunakan : Pelog
Kesan terhadap lagu yang dinyanyikan : Gagah dan sakral

7. Nyanyikanlah lagu daerah tersebut di depan kelompok yang lain. Jelaskan juga tentang isi lagu, arti, dan tangga nada yang digunakan berikut kesanmu terhadap lagu tersebut.

8. Tempelkanlah hasil pekerjaanmu di dinding kelas.


Demikian Pembaca materi dan Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 61, 62, 63, 64, 65, dan 66 pembelajaran 6 buku siswa kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 61, 62, 63, 64, 65, dan 66"