Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 169, 170, 171, 172, 174, dan 175

Kunci jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 tema 6  halaman 169, 170, 171, 172, 174, dan 175

Kunci jawaban tema 6 kelas 5 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 panas dan perpindahannya subtema 3 Pengaruh kalor terhadap kehidupan pembelajaran 4 tepatnya berada pada  halaman 169, 170, 171, 172, 174, dan 175

Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6  halaman 169, 170, 171, 172, 174, dan 175 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 5 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Rangkuman materi kelas 5 tema 6 subtema 3 pelajaran IPS

Ayo Membaca

Permasalahan Sosial di Sekitar Kita

Setiap warga negara, mempunyai tanggung jawab yang harus dilaksanakan sesuai kiprahnya di dalam masyarakat. Salah satu bentuk tanggung jawabnya yakni melaksanakan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara. Nilai-nilai dalam Pancasila, menjamin terjadinya masyarakat yang saling menghargai demi kepentingan bersama.

Apa saja akhir yang akan terjadi bila anggota masyarakat tidak melaksanakan tanggung jawabnya? Salah satu jadinya yakni terjadinya duduk kasus sosial. Berikut ini yakni jenis-jenis permasalahan sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat.

a. Sampah

Salah satu kebiasaan tak terpuji yakni membuang sampah sembarangan. Misalnya, siswa membuang bungkus permen dan masakan di ruang kelas, di halaman sekolah atau di selokan bersahabat sekolah. Warga masyarakat membuang sampah dapur di parit, di kanal air atau di sungai. Sampah pasar, sampah toko, dan sampah kantor, banyak awut-awutan hingga ke jalan raya, alasannya yakni tak tertampung di kolam sampah. Hal ini terjadi, alasannya yakni banyak orang tidak bertanggung jawab menjaga lingkungan mereka dengan membuang sampah sembarangan. Sampah yang bertebaran di sekolah mengurangi keindahan sekolah alasannya yakni tidak sedap dipandang dan mengganggu acara mencar ilmu mengajar. Hal ini mengurangi kenyamanan para siswa yang mencar ilmu di sekolah. Sampah yang awut-awutan di jalan raya, menimbulkan jalan tampak sempit. Jalan menjadi kotor dan licin. Arus kemudian lintas kendaraan menjadi tidak lancar, dan membahayakan para pengguna jalan. Hal ini memengaruhi kenyamanan dan keamanan para pengguna jalan tersebut.

b. Kali atau Sungai yang Kotor

Kali atau sungai adakala dijadikan tempat pembuangan sampah bagi warga masyarakat. Pabrik-pabrik atau industri-industri, juga banyak yang membuang limbah ke kali tanpa diolah terlebih dulu. Sementara itu, ada juga orang-orang yang mendirikan bangunan di bantaran kali. Semua ini menciptakan kali menjadi kotor dan daya tampungnya berkurang. Akibatnya, pada animo penghujan air kali meluap. Menggenangi tempat sekitar, sawah-sawah dan permukiman penduduk. Menurunnya kualitas lingkungan sekitar dan banjir yang diakibatkannya menciptakan masyarakat merasa tidak nyaman.

c. Bangunan Liar

Bangunan liar sering kita jumpai berada di atas kanal air, di trotoar, di taman-taman kota dan di kolong-kolong jalan layang. Pada umumnya bangunan liar berupa bangunan sementara yang didirikan di tempat yang tidak seharusnya. Hal ini akan mengakibatkan duduk kasus kesehatan dan kebersihan lingkungan yang menimbukan ketidaknyamanan masyarakat pada umumnya.

d. Kemacetan Lalu Lintas

Kemacetan kemudian lintas sering terjadi pada dikala jam berangkat sekolah atau jam berangkat kerja. Salah satu penyebab kemacetan kemudian lintas antara lain banyak pengguna jalan yang tidak melaksanakan kewajibannya untuk menaati hukum kemudian lintas. Hal tersebut sanggup menimbulkan ketidakamanan dan ketidaknyamanan para pengguna jalan dan masyarakat sekitarnya.

Kunci Jawaban Kelas 5 tema 6 Halaman 169 pembelajaran 4


Temukanlah pokok pikiran dalam setiap paragraf dengan melaksanakan acara berikut ini.

1. Siapkan sejumlah kartu pokok pikiran ibarat pola di bawah ini sesuai dengan jumlah paragraf pada bacaan di atas.

soal dan Kunci jawaban keas 5 tema 6 subtema 3

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 170

Soal dan Kunci jawaban kelas 5 tema 6 subtema 3 pembelajaran 4


2. Bacalah kembali bacaan tersebut dan temukan pokok pikiran di setiap paragrafnya.

3. Tuliskanlah pokok pikiran tersebut pada lembar kertas kecil yang telah kau siapkan.

4. Diskusikanlah pokok pikiranmu dengan teman-teman di dalam kelompokmu. Berikan komentar dan saran yang membangun untuk setiap pokok pikiran yang dibentuk temanmu.

5. Kelompokkan pokok pikiran yang sama pada setiap paragraf.

6. Ambillah sebuah karton, kemudian tuliskan di serpihan paling atas judul bacaan.

7. Buatlah garis-garis penghubung sesuai jumlah paragraf yang ada.

8. Tempelkan semua pokok pikiran yang dibentuk sahabat sekelompokmu sesuai paragrafnya.

9. Buatlah sebuah paragraf untuk menciptakan kesimpulan terhadap bacaan tersebut.

" Setiap warga negara mempunyai tanggung jawab yang harus dilaksanakan sesuai kiprahnya di dalam masyarakat. Anggota masyarakat yang tidak melaksanakan tanggung jawabnya akan menimbulkan duduk kasus sosial di lingkungan masyarakat. Dampak permasalahan sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat yaitu kali atau sungai yang kotor menimbulkan menurunya kualitas lingkungan sekitar dan banjir, bangunan liar mengakibatkan duduk kasus kesehatan dan kebersihan lingkungan, kemacetan kemudian lintas sanggup menimbulkan ketidakamanan dan ketidaknyamanan para pengguna jalan dan masyarakat sekitar. "

10. Presentasikanlah hasil analisis bacaanmu di depan kelas.

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 171 pembelajaran 4

Ayo Mengamati

Permasalahan Sosial di Lingkungan sekitar

Ayo perhatikan sekelilingmu. Bersama dengan sahabat kelompokmu yang tinggal di tempat yang berdekatan, lakukan pengamatan terhadap kehidupan masyarakat di sekitarmu.

Carilah info dari Ketua RT, atau orang tuamu wacana permasalahan sosial apa saja yang terjadi di sekitarmu.

Identifikasikan penyebab duduk kasus sosial tersebut dihubungkan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban anggota masyarakat. Sebutkan juga, perjuangan apa saja yang telah dilakukan untuk mengatasinya.

Tuliskan info dan hasil identifikasi yang kau lakukan di tabel berikut ini.

Materi dan kunci jawaban kelas 5 tema 6 subtema 3 pemebelajaran 4



Tulislah kesimpulanmu di sini :

" Sebagian besar duduk kasus sosial terjadi alasannya yakni ada pihak yang tidak melaksanakan kewajibannya dengan baik yang menimbulkan hak orang lain menjadi terganggu. "

Kunci Jawaban Kelas 5 tema 6 Halaman 172 pemebelajaran 4

Bagaimana dengan lingkungan sekolahmu? Adakah permasalahan yang dengan gampang kau jumpai di sekolah?

Lakukanlah hal yang sama dengan mengidentifikasi permasalahan yang sering terjadi di sekolahmu.

Kamu tahu bahwa sebagai pelajar mempunyai hak dan kewajiban. Demikian juga dengan anggota komunitas sekolahmu, ibarat para guru dan pegawai lainnya. 

Mater dan soal kelas 5 tema 6 subtema 3



Buatlah kesimpulanmu di sini :

" Sebagian besar duduk kasus sosial terjadi alasannya yakni ada pihak yang tidak melaksanakan kewajibannya dengan baik yang menimbulkan hak orang lain menjadi terganggu. "

Rangkuman materi kelas 5 tema 6 subtema 3 pelajaran IPS

Ayo Membaca

Usaha Bolu Meranti Medan

Ada yang bilang, jika pulang dari Medan tanpa membawa Bolu Meranti, berarti ia tidak benar-benar pergi ke Medan. Ya, siapa yang tidak tahu Bolu Meranti? Tetapi ternyata, bolu ini menjadi buah tangan khas Medan mulai tahun 2000-an. Sebelum itu, orang tidak tahu apa-apa wacana buah tangan tersebut.

Bolu Meranti yakni masakan berupa bolu gulung berbahan dasar telur dan tepung yang diisi aneka macam macam isian. Untuk menciptakan bolu ini, dibutuhkan panggangan untuk memanggang campuran yang telah dibentuk sebelumnya. Saat ini ada aneka macam isian untuk bolu ini. Ada isian keju, cokelat, moka, stroberi, dan kacang. Nama Meranti berasal dari nama jalan di mana bolu ini pertama kali dijual untuk umum. Bolu ini mempunyai rasa yang khas, lembut, dan cukup tahan usang meskipun tidak memakai materi pengawet. Siapakah orang di belakang bolu populer ini?

Seorang ibu berjulukan Ai Ling suatu hari menitipkan bolu buatannya di toko milik salah satu kerabatnya yang berlokasi di Jalan Meranti. Ai Ling yang sedari muda dikenal suka memasak dan menciptakan camilan manis ini, lama-kelamaan kewalahan dengan pesanan bolu yang dibuatnya. Hingga suatu dikala ia membuka gerai sendiri di tempat yang lain. Namun, ia tetap memakai nama Meranti sebagai nama bolunya untuk menjaga semoga pelanggannya ingat akan bolu buatannya.

Ai Ling tidak menyangka usahanya ini sanggup menciptakan Kota Medan semakin terkenal. Banyak orang telah mendapat manfaat dari usahanya menciptakan bolu. Bahkan ia pun membuka gerai di Bandar Udara Internasional Kualanamu untuk memudahkan pelanggan mendapatkan- nya sebagai buah tangan khas Kota Medan.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 174, 175 


Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.

1. Bagaimana camilan manis Bolu Meranti menjadi buah tangan khas Kota Medan?

" Bolu ini mempunyai rasa yang khas, lembut, dan cukup tahan usang meskipun tidak memakai materi pengawet. "

2. Apa saja perjuangan yang dilakukan pemiliknya sehingga menciptakan bolu ini terkenal?

" Ai Ling membuka gerai sendiri di tempat yang lain. Bahkan ia pun membuka gerai di Banda Udara Internasional Kualanamu untuk memudahkan pelanggan mendapatkannya sebagai buah tangan khas Kota Medan. "

3. Bagaimana imbas keberadaan Bolu Meranti terhadap pembangunan ekonomi masyarakat Kota Medan?

" Usaha bolu Meranti membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang Medan. "

4. Bagaimana imbas keberadaan Bolu Meranti terhadap pembangunan sosial budaya masyarakatnya?

" Bolu Meranti menjadi ciri khas Kota Medan. "

5. Apakah di daerahmu juga punya sesuatu yang biasa dijadikan buah tangan khas daerahmu?

" Jawaban soal nomor 5  bervariasi tergantung daerahmu masing-masing. "


Demikian Pembaca materi dan kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6  halaman 169, 170, 171, 172, 174, dan 175 pembelajaran 4 buku siswa kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 169, 170, 171, 172, 174, dan 175"