Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 157, 158, 161, 162, 163, 164, dan 165

Kunci jawaban Buku Tematik Sisw Kelas 5 tema 6 halaman 157, 158, 161, 162, 163, 164, dan 165

Kunci jawaban tema 6 kelas 5 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 panas dan perpindahannya subtema 3 Pengaruh kalor terhadap kehidupan pembelajaran 3 tepatnya berada pada halaman 157, 158, 161, 162, 163, 164, dan 165.

Materi, soal dan Kunci jawaban kelas 5 tema 6 subtema 3


Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 halaman 157, 158, 161, 162, 163, 164, dan 165 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 5 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Rangkuman mater kelas 5 tema 6 subtema 3 pelajaran IPS

Ayo Membaca

Peran Masyarakat terhadapLingkungan Sosial Budaya

Masyarakat Indonesia, merupakan masyarakat yang selalu menghargai warisan budaya nenek moyangnya. Bentuk penghargaan tersebut, antara lain ditunjukkan dengan kebiasaan melakukan kegiatan tradisi dalam kehidupannya. Mulai dari peristiwa kelahiran hingga kematian, terdapat tradisi yang terus dijalankan hingga kini.

Tidak dimungkiri bahwa ada kecenderungan masyarakat untuk mengurangi kegiatan tradisinya dengan berbagai alasan. Akan tetapi, kesadaran masyarakat untuk kembali menghidupkan tradisi-tradisi nenek moyang kembali meningkat. Tempat-tempat wisata adat, menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi masyarakat pada saat liburan. Tempat tempat wisata yang mengusung tema kembali ke masa lalu dan kembali ke alam, menjadi salah satu tujuan wisata yang digemari. Pemerintah dan masyarakat adat, menetapkan beberapa desa menjadi desa adat yang dikelola dan dilindungi pemerintah untuk mempertahankan nilai budaya masyarakat adat tersebut.

Keberadaan desa adat, memang beranjak dari keinginan untuk tetap memelihara peninggalan nenek moyang dengan mempertahankan nilai dan kegiatan tradisional.  Nilai dan kegiatan tradisi nenek moyang bangsa Indonesia, selalu menghargai alam sebagai sumber kehidupan. Terdapat beberapa desa adat di Indonesia yang dipelihara, dilindungi, dan dijaga baik oleh masyarakat setempat maupun oleh pemerintah setempat. Desa Adat Bena di Ngada, Nusa Tenggara Timur, Desa Adat Sade di Lombok, Desa Adat Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur, Desa Adat Kampung Naga di Tasikmalaya, Desa Adat Terunyan di Bali, Desa Adat Pariangan, Tanah Datar di Sumatra Barat, merupakan beberapa contoh desa adat yang dipertahankan keberadaan dan keasliannya hingga kini.

Ada juga beberapa desa adat dan kehidupan masyarakat asli yang diperkenalkan ke masyarakat luas, melalui beberapa orang setempat yang peduli untuk mempertahankan nilai budaya dan kegiatan tradisinya.  Salah satunya adalah Desa Adat Osing di Kemiren, Banyuwangi yang diperkenalkan ke masyarakat luas melalui seorang ahli kopi setempat.  Desa ini, dikelola untuk mempertahankan tradisi Masyarakat Osing sebagai suku asli masyarakat Banyuwangi. Andrea Hirata juga dikenal  melakukan usaha untuk mengangkat dan mempertahankan pusaka tradisi mayarakat desa Gantong Belitung di Sumatra Selatan. Melalui novelnya yang sangat terkenal “Laskar Pelangi”, Andrea memperkenalkan kehidupan masyarakat Melayu yang tinggal di Desa Gantong, tanah kelahirannya

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 157 pembelajaran 3

Ayo Menulis

Berdasarkan bacaan di atas, tuliskan hal-hal yang kau pahami dari setiap paragraf pada bacaan dalam sebuah kalimat.

Kalimat-kalimat tersebut akan mewakili isi dari bacaan yang kau baca. Tuliskan pada tempat yang telah disediakan.

Isi Paragraf 1 : Masyarakat Indonesia, merupakan masyarakat yang selalu menghargai warisan budaya nenek moyangnya. 

Isi Paragraf 2 : Pemerintah dan masyarakat adat, tetapkan beberapa desa menjadi desa susila yang dikelola dan dilindungi pemerintah untuk mempertahankan nilai budaya masyarakat susila tersebut.

Isi Paragraf 3 : Keberadaan desa susila merupakan pola memelihara peninggalan nenek moyang dengan mempertahankan nilai dan aktivitas tradisional.

Isi Paragraf 4 : Desa Adat Osing di Kemiren, Banyuwangi dan Desa Gantong Belitung di Bangka Belitung yang kehidupan masyarakat aslinya diperkenalkan ke masyarakat luas, melalui beberapa orang setempat yang peduli untuk mempertahankan nilai budaya dan aktivitas tradisinya.

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 158 pembelajaran 3

Berdasarkan kalimat-kalimat yang mewakili isi bacaan yang telah kau tulis, buatlah sebuah diagram yang akan menjelaskan pemahamanmu terhadap bacaan di atas.

Gunakan diagram berikut untuk membantumu! Tuliskanlah kalimat-kalimat yang menjadi pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan di dalam setiap kotak yang tersedia.

Satu kotak tentu mewakili satu paragraf. Berilah keterangan hal-hal penting lain dalam paragraf yang mendukung pokok pikiran tersebut.

Lakukanlah bersama dengan sahabat sebangkumu! Buatlah diagrammu pada tempat yang disediakan di bawah ini.

Soal dan Kunci jawaban kelas 5 tema 6 subtema 3 halaman 158


Tuliskanlah pemahamanmu perihal isi bacaan yang diperoleh dari media elektronik di atas dalam goresan pena satu paragraf berikut.

" Masyarakat Indonesia, merupakan masyarakat yang selalu menghargai warisan budaya nenek moyangnya.  Pemerintah dan masyarakat adat, tetapkan beberapa desa menjadi desa susila yang dikelola dan dilindungi pemerintah untuk mempertahankan nilai budaya masyarakat susila tersebut. Keberadaan desa susila merupakan pola memelihara peninggalan nenek moyang dengan mempertahankan nilai dan aktivitas tradisional. Desa Adat Osing di Kemiren, Banyuwangi dan Desa Gantong Belitung di Bangka Belitung yang kehidupan masyarakat aslinya diperkenalkan ke masyarakat luas, melalui beberapa orang setempat yang peduli untuk mempertahankan nilai budaya dan aktivitas tradisinya. "

Rangkuman materi kelas 5 tema 6 subtema 3 pelajaran IPS

Ayo Membaca

Perajin Batik Osing

Masyarakat Osing yang tinggal di tempat pesisir ujung timur Pulau Jawa, tepatnya di Kabupaten Banyuwangi, telah usang melaksanakan aktivitas membatik. Kegiatan ini, umumnya dilakukan dalam skala industri rumah tangga. Setiap kelompok pembatik, sanggup mempunyai motif sendiri yang menjadi keunikan dari kelompok tersebut.

Dengan semakin tingginya minat masyarakat umum terhadap batik, para pelaku industri batik di Banyuwangi pun melaksanakan banyak terobosan. Salah satunya yakni mengembalikan pemakaian materi pewarna alami untuk batik mereka. Bahan-bahan yang dipakai yakni banyak sekali jenis tanaman yang ada di sekitar rumah perajin, ibarat daun krangkong (sejenis kangkung), daun lamtoro, daun mangga, jati, jengkol, kulit kopi, daun ketepeng, putri malu, dan kumis kucing.

Untuk semakin memperkaya penggunaan pewarna alam dan memperbanyak kreasi motif, desainer nasional Merdi Sihombing dilibatkan. Ia diminta oleh pemerintah tempat setempat untuk melatih para perajin batik di Banyuwangi yang lebih banyak didominasi yakni perjuangan sangat kecil, perjuangan kecil, dan menengah (UMKM). Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, training yang memadukan antara desainer nasional dan para perajin lokal dilakukan secara terjadwal dalam rangkaian menuju Banyuwangi Batik Festival (BBF) dan Swarna Fest yang digelar pada 9 Oktober 2016 lalu. BBF yakni jadwal tahunan Banyuwangi untuk mendorong geliat industri batik. Adapun Swarna Fest yakni ajang unjuk kreasi industri tekstil berpewarna alam yang digagas oleh Kementerian Perindustrian.

”Kami terus mendukung perjuangan para pembatik untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas batiknya. Hal ini, akan memperlihatkan efek meningkatnya tingkat ekonomi perajin dan pada pembangunan sosial budaya masyarakat setempat. Dengan batik pewarna alam, para perajin sanggup lebih untung alasannya yakni harga jual batik menjadi lebih tinggi. Apalagi materi pewarnanya gampang sekali didapatkan di sekitar kediaman para pembatik,” terang Pak Bupati.

Salah satu perajin batik Banyuwangi dari Sanggar Sekar Bakung, sangat antusias dengan pemakaian pewarna alam ini. Ia dan rekan-rekannya mendapat banyak manfaat dari training ini. Salah satunya yakni ia sanggup memanfaatkan materi alami di sekitarnya untuk dijadikan materi pewarna alami batiknya. Dengan demikian ia tetap sanggup memelihara lingkungannya alasannya yakni pewarna yang ia gunakan sangat ramah lingkungan. Tidak ibarat pewarna kimia yang limbahnya sanggup merusak lingkungan sekitar.

Kunci Jawaban Kelas 5 tema 6 Halaman 161, 162

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.

1. Apa tujuan utama diadakannya aktivitas training pembatikan dengan menggunakan pewarna alami?

" Tujuan diadakannya aktivitas training yakni semakin memperkaya penggunaan pewarna alam dan memperbanyak kreasi motif. "

2. Apa manfaat dari aktivitas tersebut bagi para pembatik dan masyarakat Banyuwangi?

 " Manfaat dari aktivitas tersebut bagi para pembatik dan masyarakat Banyuwangi yaitu meningkatnya tingkat ekonomi perajin dan berdampak pada pembangunan sosial budaya masyarakat setempat. "

3. Bagaimana efek penggunaan pewarna alami pada pembangunan ekonomi para perajin batik?

" Pengaruh penggunaan pewarna alami pada pembangunan ekonomi para perajin batik yaitu dengan batik pewarna alam, para perajin sanggup lebih untung alasannya yakni harga jual batik menjadi lebih tinggi. "

4. Bagaimana efek aktivitas tersebut pada pembangunan sosial budaya masyarakatnya?

" Pengaruh aktivitas tersebut pada pembangunan sosial budaya masyarakatnya yaitu dengan menggunakan pewarna alami, masyarakat turut serta dalam menjaga lingkungan sekitar. "

5. Adakah aktivitas serupa di daerahmu? Apakah tujuannya?

" Kunci jawaban  soal nomor 5 bervariasi tergantung tempat masing-masing siswa. "

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 163


Ayo Mengamati

Bagaimana dengan aktivitas masyarakat di tempat tempat tinggalmu? Lakukanlah aktivitas berikut ini di dalam kelompok.

1. Carilah info perihal aktivitas masyarakat di wilayah tinggalmu melalui koran daerahmu. (Kamu juga sanggup menggunakan koran dalam bentuk media cetak ataupun koran elektronik ibarat pola di atas. Mintalah santunan orang cukup umur di sekitarmu, jikalau kau ingin menggunakan koran elektronik).

2. Pilihlah paling sedikit satu artikel dari koran tersebut.

3. Guntinglah artikel tersebut. Lalu tempelkan di atas kertas gambar ukuran A4.

4. Bacalah artikel tersebut dengan saksama. Lalu tuliskan di samping artikel beberapa keterangan ibarat pola berikut.

5. Presentasikanlah hasil pengamatanmu di depan kelas. Setelah itu, tempelkan di dinding kelas.

6. Perhatikanlah dan catatlah info menarik yang disampaikan oleh kelompok yang lain.

7. Tuliskanlah kesimpulanmu dari aktivitas ini.

Jika kau perhatikan dengan saksama, dalam setiap aktivitas yang dilakukan bersama dalam masyarakat, ada hak dan kewajiban yang harus dilakukan oleh anggotanya.

Kamu dan sahabat sekelompokmu, sanggup melaksanakannya dengan baik alasannya yakni setiap pihak yang terlibat melaksanakan kiprah dan kewajibannya dengan rasa tanggung jawab.

Tanggung jawab yakni perilaku melaksanakan segala sesuatu yang telah disepakati bersama untuk mencapai tujuan bersama.

Dengan mengetahui hak dan kewajiban dan melaksanakannya dengan tanggung jawab, tujuan bersama sanggup tercapai. Apa yang terjadi jikalau tanggung jawab tidak dilaksanakan?

Kunci Jawaban Kelas 5 tema 6 Halaman 164, 165


Dengan memahami bacaan “Perajin Batik Osing”, perhatikan bagaimana pelaksanaan hak dan kewajiban orang-orang yang terlibat. Ikutilah langkah aktivitas berikut.

1. Tentukan siapa saja yang terlibat dalam aktivitas tersebut.

2. Tentukan dan jelaskan kiprah setiap orang yang terlibat.

3. Tentukan dan jelaskan hak dan kewajiban orang-orang yang terlibat dalam aktivitas tersebut.

4. Tentukan dan jelaskan tanggung jawab orang-orang yang terlibat dalam aktivitas tersebut.

5. Gunakan tabel berikut untuk melaksanakan aktivitas ini.

Soal dan Jawaban kelas 5 tema 6 subtema 3

6. Apa yang akan terjadi bila salah satu dari orang-orang yang seharusnya terlibat dalam aktivitas tersebut, tidak melaksanakan kiprah dan kewajibannya masing-masing? Jelaskan kemungkinan tersebut pada tabel berikut!

Materi, Soal dan kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 164


Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 165

Kesimpulan yang didapatkan perihal pelaksanaan tanggung jawab di dalam kehidupan bermasyarakat :

" Keunikan suatu tempat dan masyarakatnya menjadi modal utama untuk meningkatkan kehidupan masyarakat. Banyak tempat berusaha menggali potensi wilayahnya dan mengembangkannya semoga masyarakatnya mendapat banyak manfaat. "

Demikian Pembaca materi dan kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 halaman 157, 158, 161, 162, 163, 164, dan 165 pembelajaran 3 buku siswa kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.


Posting Komentar untuk "Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 157, 158, 161, 162, 163, 164, dan 165"