Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 147, 148, 149, 150, 151, 152, dan 153

Kunci jawaban Buku Tematik Sisw Kelas 5 tema 6 halaman 147, 148,  149, 150, 151, 152, dan 153

Kunci jawaban tema 6 kelas 5 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 panas dan perpindahannya subtema 3 suhu dan kalor pembelajaran 2 tepatnya berada pada halaman 147, 148,  149, 150, 151, 152, dan 153.

Materi, Soal dan Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 147, 148,  149, 150, 151, 152, dan 153




Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 halaman 147, 148,  149, 150, 151, 152, dan 153 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 5 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Rangkuman materi kelas 5 tema 6 subtema 3 peljaran IPA

Ayo Membaca

Sejarah Termos

Hampir semua keluarga mempunyai termos di rumahnya. Termos memang sering dipakai untuk menyimpan air panas semoga tetap panas dikala digunakan. Biasanya keluarga yang mempunyai bayi yang memerlukan susu setiap saat, memakai termos untuk menyimpan air panas. Termos ialah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung mirip botol yang mempunyai dinding berlapis. Benda ini dirancang berbentuk mirip beling dengan materi mengkilap yang sanggup menyimpan cairan semoga tetap mempunyai suhu mirip semula. Dengan dinding dalam termos yang dirancang mirip kaca, maka kalor yang terdapat pada air panas tersebut tidak sanggup berpindah dengan cepat. Panas yang dikeluarkan oleh air panas tadi, sanggup ditahan oleh dinding dalam termos yang terbuat dari materi mengkilap ini. Sehingga air panas di dalamnya akan tetap hangat hingga beberapa dikala tergantung dari ketebalan dindingnya. Saat ini termos tidak hanya dipakai untuk menyimpan air panas, tetapi juga untuk menyimpan air hirau taacuh semoga tetap dingin.

Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 ialah James Dewar. Penemuannya didorong oleh kebutuhannya untuk menjaga semoga minuman bayinya tetap hangat. Tetapi dikala itu, untuk menjaga suhu minuman semoga tetap hangat merupakan hal yang sulit dilakukan, terutama dalam kondisi cuaca yang hirau taacuh mirip di Eropa.

Karena kebutuhan inilah, James Dewar menemukan cara menciptakan botol hampa udara. Botol hampa udara, merupakan wadah dari beling berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat untuk mencegah semoga panas tidak menjalar. Sementara dinding sebelah dalam botol tersebut, dilapisi perak untuk mempertahankan panas. Botol hampa udara itulah yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos. Botol hampa udara buatan James Dewar dan epilog wol buatan mertuanya hingga kini sanggup dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, di London.

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 147 dan 148  

Berdasarkan bacaan di atas, tuliskanlah hal-hal penting pada setiap paragraf dengan memakai kalimat lengkap. Tuliskanlah pada tabel berikut.

Paragraf 1 :

Termos ialah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung mirip botol yang mempunyai dinding berlapis. 
Termos dirancang berbentuk mirip beling dengan materi mengkilap yang sanggup menyimpan cairan semoga tetap mempunyai suhu mirip semula.

Paragraf 2 : 

Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 ialah James Dewar.

Paragraf 3 :

James Dewar menemukan cara menciptakan botol hampa udara.
Botol hampa udara, merupakan wadah dari beling berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat untuk mencegah semoga panas tidak menjalar.
Botol hampa udara buatan James Dewar dan epilog wol buatan mertuanya hingga kini sanggup dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, di London.

Rangkailah kalimat-kalimat yang berisi gosip penting dari paragraf di atas menjadi sebuah goresan pena satu paragraf yang menggambarkan isi dari bacaan di atas. Gunakan kalimat yang lengkap, kata-kata baku dan ejaan yang tepat.

" Termos ialah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung mirip botol yang mempunyai dinding berlapis. Termos dirancang berbentuk mirip beling dengan materi mengkilap yang sanggup menyimpan cairan semoga tetap mempunyai suhu mirip semula. Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 ialah James Dewar. James Dewar menemukan cara menciptakan botol hampa udara. Botol hampa udara, merupakan wadah dari beling berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat untuk mencegah semoga panas tidak menjalar. Botol hampa udara buatan James Dewar dan epilog wol buatan mertuanya hingga kini sanggup dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, di London.

Jelaskanlah hasil pekerjaanmu kepada anggota kelompok yang telah dibentuk. Apakah kau menemukan sesuatu yang menarik sesudah kau mendengarkan klarifikasi dari teman-temanmu yang lain?

Apakah kau mempunyai pemahaman yang sama perihal isi bacaan tersebut?

Setelah itu, jawablah pertanyaan berikut ini. Tuliskan jawabanmu dengan memakai kalimat yang lengkap dan kata-kata yang baku!

1. Apakah fungsi sebuah termos?

" Termos dipakai untuk menyimpan air panas semoga tetap panas dikala digunakan. "

2. Apa saja materi yang dipakai untuk menciptakan termos pada masa itu?

" Bahan yang dipakai pada masa itu ialah botol hampa udara, merupakan wadah dari beling berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat. "

3. Gambarlah bagian-bagian termos sesuai bacaan di atas.

4. Apa saja benda di sekitarmu yang memakai prinsip yang hampir sama dengan termos?

" Sarung tangan, kaos kaki, selimut, dan jaket. "

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 149 pembelajaran 2

Ayo Menulis
Berdasarkan bacaan di atas, tuliskan hal-hal yang kau pahami dari setiap paragraf pada bacaan dalam sebuah kalimat.

Kalimat-kalimat tersebut akan mewakili isi dari bacaan yang kau baca. Tuliskan pada daerah yang telah disediakan.

Paragraf 1 : Panas sanggup berpindah dari satu daerah ke daerah lain melalui konduksi, konveksi, dan radiasi.

Paragraf 2 : Selimut dan panci merupakan benda yang memanfaatkan sifat benda konduktor dan isolator. 

Paragraf 3 : Panci terbuat dari materi logam.

Paragraf 4 : Mesin kendaraan beroda empat dan motor terbuat dari materi yang sanggup menghantarkan panas.

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 150 subtema 3

Berdasarkan kalimat-kalimat yang mewakili isi bacaan yang telah kau tulis, buatlah sebuah diagram yang akan menjelaskan pemahamanmu terhadap bacaan di atas.

Gunakan diagram berikut untuk membantumu! Tuliskanlah kalimat-kalimat yang menjadi pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan, ke dalam setiap kotak yang tersedia. Satu kotak tentu mewakili satu paragraf.

Berilah keterangan hal-hal penting lain dalam paragraf yang mendukung pokok pikiran tersebut. Lakukanlah bersama dengan sahabat sebangkumu! Buatlah diagrammu pada daerah yang disediakan di bawah ini.

Paragraf 1 : Panas sanggup berpindah dari satu daerah ke daerah lain melalui konduksi, konveksi, dan radiasi. Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari banyak yang memanfaatkan sifat benda sebagai konduktor atau isolator.

Paragraf 2 : Selimut dan panci merupakan benda yang memanfaatkan sifat benda konduktor dan isolator. Selimut memerangkap udara (isolator) sehingga tubuh tetap panas.

Paragraf 3 : Panci terbuat dari materi logam (konduktor). Panci menghantarkan panas ke masakan yang dimasak. Pegangan panci terbuat dari plastik (isolator) sehingga kau tidak akan kepanasan ketika memegangnya.

Paragraf 4 : Mesin kendaraan beroda empat dan motor terbuat dari materi yang sanggup menghantarkan panas. Mesin memerlukan panas untuk memperoleh kinerja mesin yang ideal. 

Tuliskanlah pemahamanmu perihal isi bacaan dalam bacaan dalam goresan pena satu paragraf berikut.

" Panas sanggup berpindah dari satu daerah ke daerah lain melalui konduksi, konveksi, dan radiasi. Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari banyak yang memanfaatkan sifat benda sebagai konduktor atau isolator. Selimut dan panci merupakan benda yang memanfaatkan sifat benda konduktor dan isolator. Selimut memerangkap udara (isolator) sehingga tubuh tetap panas. Panci terbuat dari materi logam (konduktor). Panci menghantarkan panas ke masakan yang dimasak. Pegangan panci terbuat dari plastik (isolator) sehingga kau tidak akan kepanasan ketika memegangnya. Mesin kendaraan beroda empat dan motor terbuat dari materi yang sanggup menghantarkan panas. Mesin memerlukan panas untuk memperoleh kinerja mesin yang ideal. "

Presentasikan hasil pengamatanmu di dalam kelompok. Lalu, amatilah hasil pengamatan teman-teman pada kelompok. Catatlah hal menarik yang disampaikan teman-temanmu untuk memperkaya pengetahuanmu.

Buatlah kesimpulan terhadap acara di atas.

Kesimpulan : Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari banyak yang memanfaatkan sifat benda sebagai konduktor atau isolator.

Rangkuman materi kelas 5 tema 6 subtema 3 pelajaran PPKN


Ayo Mengamati

Perhatikanlah kembali gambar yang telah kau buat sebelumnya, perihal gambar bagian-bagian termos menurut bacaan yang kau baca. Apakah gambarmu mirip gambar di bawah ini?

Menggambar dengan memakai keterangan yang dibaca, merupakan salah satu acara menggambar cerita. Apakah gambar dongeng itu?

Gambar dongeng ialah gambar yang menceritakan suatu adegan atau peristiwa. Fungsi gambar dongeng antara lain untuk:

a. memperjelas alur atau isi cerita,

b. memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang,

c. menarik perhatian,

d. menambah nilai artistik/ keindahan,

e. sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya.

Gambar dongeng sering juga ditemukan dalam buku cerita, majalah, dan buku pelajaran. Poster dan brosur juga sering disertai gambar dongeng semoga menarik.

Petunjuk cara penggunaan barang pun sering dilengkapi dengan gambar dongeng untuk membantu pengguna menggunakannya.

Kunci Jawaban Kelas 5 tema 6 Halaman 153 pembelajaran 2


Ayo Berlatih

Perhatikanlah gambar dongeng berikut ini! Lengkapilah keterangan sesuai gambar dongeng yang ditampilkan.

Di manakah kau menemukan gambar dongeng tersebut?

Kesan apa yang kau rasakan pada dikala mengamati gambar ilustrasi tersebut?

Materi dan kunci jawaban halaman 153


Demikian Pembaca materi dan kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 halaman 147, 148,  149, 150, 151, 152, dan 153 subtema 3 pembelajaran 2 buku siswa kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 147, 148, 149, 150, 151, 152, dan 153 "