Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman kelas 6 tema 5 subtema 2

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema  5 subtema 2 Usaha di sekitarku sesuai kurikulum 2013 

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema  5 subtema 2 Usaha di sekitarku. Rangkuman materi kelas 6 tema  5 Wirausaha. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 5 kurikulum 2013 dengan judul “Wirausaha”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian ataupun semester. Dan bagi bapak ibu guru Rangkuman materi tema 5 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Materi kelas 6 tema 5



Pada kesempatan lalu kami telah memposting Rangkuman materi tematik kelas 6 tema  5 subtema 1 Kerja keras berbuah kesuksesan. Dan selanjutnya Pada kesempatan ini kami akan memposting rangkuman materi kelas 6 tema  5 subtema 2 Usaha di sekitarku. Nantikan juga rangkuman materi kelas 6 tema  5 subtema 3 Ayo, belajar brwirausaha.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema  5 subtema 2 Usaha di sekitarku Muatan pelajaran PPKN

3.3 Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat.

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Gerabah dan Batik  Nusantara perlu terus dipromosikan agar dikenal lebih luas, baik oleh konsumen  dalam negeri maupun mancanegara.

Wirausaha Bali tangi

Perjalanan Ibu Made Yuliani menggagas, membuat, dan memperjuangkan Bali Tangi sebagai produk lokal, didasari ketulusan dan keinginan luhurnya untuk mewujudkan masyarakat yang hidup sehat selaras dengan alam.

Bahan dasar seluruh produk Bali Tangi diambil dari tanaman lokal yang  sebagian besar dibudidayakan di tanah dewata oleh petani lokal. Proses penanaman, pengambilan bahan, panen, pengeringan sampai dengan selesainya rangkaian pembuatan produk, dilakukan dengan memerhatikan keterjagaan lingkungan. 

Untuk pembuatan wewangian dari tumbuhan kering yang lazim disebut potpourri, bahan dasar yang digunakan adalah daun, bunga, dan buah yang sudah rontok atau terlihat mati. Proses pengeringan juga dilakukan dengan cara konvensional, tanpa menggunakan alat atau bahan kimia apapun. Tempat pengeringannya pun memanfaatkan lahan yang ada. 

Begitu pula dengan produk lain seperti bedak dingin, lulur, sabun, dan boreh, dibuat dengan cara yang sengaja disederhanakan agar memungkinkan bagi siapapun untuk menirunya, sekalipun hanya untuk pemakaian rumah tangga. 
Sungguh mengagumkan perjalanan sebuah industri yang saat ini sudah merambah ke tingkat internasional, namun masih tetap dapat mempertahankan idealisme luhurnya, “Bukan hanya kebugaran raga, tapi juga perawatan kesegaran sukma. Bukan hanya rempah, minyak, dan khasiatnya, tapi juga hasil bumi yang ditanam dengan ketulusan hati. Bukan pula hanya bertujuan
Untuk berpadu dengan alam, namun juga menyatu dengan semesta.”

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema  5 subtema 2 Usaha di sekitarku Muatan pelajaran Bahasa Indonesia

3.6 Mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb.)

Daftar Riwayat Hidup adalah data yang berisi informasi tentang diri seseorang? Kamu dapat membuat daftar riwayat hidup untuk keperluan menerangkan data diri kepada orang lain. 
Kamu membuat daftar riwayat hidup untuk keperluan mendaftarkan diri, misalnya mendaftarkan diri ikut lomba kesenian, menjadi anggota sebuah tim, pengurus suatu kegiatan, atau untuk melamar pekerjaan. 

Setiap orang memiliki riwayat hidup masing-masing. Riwayat hidupmu pasti berbeda dengan riwayat adikmu, kakakmu, bahkan  orang tuamu. Kamu dapat menulis daftar riwayat hidup dalam bentuk singkat maupun  dalam bentuk narasi atau cerita.

PETUNJUK PENGISIAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP

1. Data Pribadi
Cantumkan dalam data pribadi nama lengkap, alamat lengkap, kode  pos, nomor telepon, jenis kelamin, tempat dan tanggal kelahiran, kewarganegaraan, dan agama.  

2. Bidang yang diminati
Tuliskan bidang yang kamu minati. 

3. Riwayat Pendidikan
Tuliskan riwayat pendidikan yang pernah kamu tempuh, misalnya Taman  Bermain, TK A, TK B, dan SD.

4. Ekstrakurikuler dan Kursus
Cantumkan ekstrakurikuler dan kursus yang pernah kamu ikuti.

5. Kecakapan
Tuliskan kecakapan atau keterampilan lain yang kamu miliki.

6. Kesimpulan
Tuliskan di bagian kesimpulan sikap dan keterampilan yang menonjol dalam dirimu yang mendukung bidang yang kamu pilih.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema  5 subtema 2 Usaha di sekitarku Muatan pelajaran IPA

3.5 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari.

Benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut dengan benda magnetik diantaranya adalah benda yang terbuat dari besi, kobalt, baja, dan nikel. Contoh peniti, paku, gunting, seng., penggaris besi dan lainnya. 

Sedangkan benda-benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut dengan benda nonmagnetik. Benda yang terbuat dari tembaga, plastik, karet, aluminium, dan kayu termasuk dalam benda nonmagnetik. Contoh penghapus, Sisir, pnsil, bola, daun, kaca dan lainnya.

Manfaat magnet untuk kesehatan sudah dikenal sangat lama. Masyarakat Tiongkok dan India kuno telah membuktikan bahwa penggunaan batu yang menghasilkan magnet dapat mengatasi berbagai penyakit. Mereka sudah mengenal hal tersebut lebih dari 2000 tahun yang lalu.


Rangkuman materi tematik kelas 6 tema  5 subtema 2 Usaha di sekitarku Muatan pelajaran IPS

3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.

Dalam menjalankan roda perekonomian, suatu negara tidak dapat berdiri sendiri. Namun, diperlukan kerja sama dengan negara lain. Salah satu contohnya adalah kerja sama di
antara negara-negara ASEAN.

Kegiatan mendatangkan atau memasukkan barang dagangan atau komoditas dari luar negeri disebut mengimpor.

Kegiatan mengirim barang dagangan atau komoditas ke luar negeri disebut mengekspor.

Kerajinan batik dan gerabah Kasongan adalah dua contoh wirausaha yang telah mengekspor produk ke luar negeri, khususnya ke negara-negara ASEAN.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema  5 subtema 2 Usaha di sekitarku Muatan pelajaran IPS

3.1 Memahami Reklame

Proses Mendesain Poster dengan Tangan
Langkah 1
Siapkan kertas polos, pensil, dan pensil warna. Merancang poster dengan tangan bisa sangat menyenangkan. Kamu  akan mengetahui beberapa hal yang akan membantu postermu tampak
indah dan menarik.

Langkah 2
Pilih kertas polos sesuai keinginan 
Ketika kamu merancang poster dengan tangan, kamu dapat menentukan  ukuran kertas sesuai keinginanmu.

Langkah 3
Buatlah 3 garis tipis
Gambar garis mendatar (sekitar 6 cm dari atas halaman kertas). Kamu akan menulis judul
postermu pada bagian ini. Gambar garis mendatar (sekitar 6 cm dari bawah halaman kertas). Kamu akan menulis informasi tentang hal-hal yang kamu ingin supaya  orang lain mengetahuinya, misalnya mencantumkan tempat, tanggal, nomor telepon, seperti “Kunjungilah pameran kami!”

Langkah 4
Buatlah judul
Buatlah judul pada bagian atas kertas. Tulislah huruf-huruf dengan pensil secara tipis. Kamu dapat menyesuaikan besar huruf dengan ukuran kertas. 

Langkah 5
Buatlah catatan kaki 
Gambar dan buat tulisan secara tipis pada bagian bawah kertas.

Langkah 6
Isi bagian tengah
Isi bagian tengah dengan gambar yang berkaitan dengan gagasan utama postermu. Untuk poster pameran seni, kamu akan membuat gambar yang berkaitan dengan pameran, misalnya
gerabah. Kamu dapat membuat satu atau beberapa gambar. Buatlah sketsa dengan tipis.

Langkah 7
Warnailah Postermu

Langkah 8
Lakukan Eksperimen
Sekarang, setelah poster yang kamu rancang selesai dan kamu yakin dengan tampilannya,
dengan hati-hati, gambarlah huruf-huruf dengan menggunakan spidol, pensil warna, atau krayon.  Ini hanya panduan umum. Silakan bereksperimen sesuai kreativitasmu.


Semoga Rangkuman materi tematik kelas 6 tema  5 subtema 2 Usaha di sekitarku dapat bermanfaat bagi Bapak/ibu guru serta adik adik. Jangan lupa untuk memberikan saran dan komentar demi kemajuan website kami.

Posting Komentar untuk "Rangkuman kelas 6 tema 5 subtema 2"