Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman kelas 6 tema 4 subtema 3

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 4 subtema 3 Globalisasi dan cinta tanah air sesuai kurikulum 2013 

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 4 subtema 3 Globalisasi dan cinta tanah air. Rangkuman materi kelas 6 tema 4 Globalisasi. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 4 kurikulum 2013 dengan judul “Globalisasi”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian ataupun semester. Dan bagi bapak ibu guru Rangkuman materi tema 4 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Materi kelas 6 tema 4



Pada kesempatan lalu kami telah memposting Rangkuman materi kelas 6 tema 4 subtema 1 Globalisasi di sekiatarku, rangkuman materi kelas 6 tema 4 subtema 2 Globalisasi dan manfaatnya. Pada Kesempatan ini kami akan memposting Rangkuman materi kelas 6 tema 4 subtema 3 Globalisasi dan cinta tanah air.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 4 subtema 3 Globalisasi dan cinta tanah air Muatan pelajaran PPKN

3.3 Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat

Yuk, Cintai Buah dalam Negeri
Indonesia terkenal dengan surganya buah. Ada berbagai macam buah yang tumbuh subur di Nusantara ini. Sayangnya, buah-buah lokal ini makin lama makin tergusur karena kedatangan buah impor. Impor adalah mendatangkan buah dari luar negeri ke Indonesia.

Jangan lupakan Pasar Tradisional

Kita tidak boleh melupakan pasar tradisional dalam maraknya era globalisasi. Seperti contoh, kita pasti lebih senang berbelanja ke supermarket atau mall. Karena, suasananya tidak pengap dan lebih nyaman untuk berbelanja dibandingkan dengan berbelanja di pasar tradisional.

Dulu, hanya ada pasar tradisional yang telah memperjualbelikan berbagai barang. Sehingga, pasar tradisional merupakan warisan budaya leuhur kita terdahulu. Mungkin, pasar tradisional sudah ada sebelum masa penjajahan di Indonesia. Banyak kapal-kapal asing berlayar ke
Indonesia, karena ingin membeli rempah-rempah yang terjual pasar-pasar (tradisional). Pasar tradisional tidak akan berubah ciri khasnya secara total. Pasar tradisional tak boleh dilupakan.

Mari Gunakan Produksi Dalam Negeri!

Menteri ESDM mengkampanyekan ”Gerakan Aku Cinta 100% Indonesia”. Gerakan cinta Indonesia memiliki arti sangat strategis, tidak hanya untuk menghadapi tantangan krisis ekonomi global, tapi juga untuk membangun kemandirian bangsa di bidang ekonomi. Gerakan itu bukan hanya menjadi kampanye biasa, tapi menjadi gerakan bersama, tidak bersifat statis dan bukan kebijakan proteksionis karena tidak termasuk kebijakan tarif.

Program kampanye “Cinta Indonesia” bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap produk barang dan jasa dalam negeri, serta meningkatkan citra Indonesia di mata internasional. Diharapkan dengan dicanangkannya gerakan ini, pasar produk dalam negeri bisa ditingkatkan sehingga tekanan terhadap sektor industri bisa dikurangi dan gejala pengurangan tenaga kerja dapat dihindari.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 4 subtema 3 Globalisasi dan cinta tanah air Muatan pelajaran IPA

3.6 Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik.

Di era globalisasi ini, semakin banyak teknologi canggih yang ditemukan. Hampir seluruh penemuan tersebut menggunakan energi, khususnya listrik. Namun, akhir-akhir ini pasokan listrik semakin berkurang akibat semakin menipisnya sumber energi untuk memproduksi listrik seperti minyak bumi, gas, batu bara, dan panas bumi. Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah mencari sumber energi alternatif yang bersih, aman, bebas polusi, dan selalu tersedia tanpa batas. Salah satu bentuk  energi alternatif tersebut adalah sel surya.

Teknologi Hijau di Era Globalisasi
Teknologi dan lingkungan merupakan dua hal penting dalam kegiatan manusia. Persoalan lingkungan akibat proses teknologi sudah menjadi masalah yang mendunia.  Teknologi hijau adalah salah satu jawaban untuk permasalahan ini. Teknologi hijau yang terus dibicarakan saat ini adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Meskipun tidak bisa menggantikan sepenuhnya energi minyak dan gas bumi, setidaknya  bisa menghemat dan mengurangi konsumsi minyak atau gas.

Fakta membuktikan bahwa permasalahan lingkungan semakin lama semakin  memburuk. Oleh sebab itu, harus dicari cara untuk mengatasinya, salah satunya dengan mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 4 subtema 3 Globalisasi dan cinta tanah air Muatan pelajaran IPS

3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.

Indonesia Luncurkan Program Akademi Energi Surya Pertama di Asia Tenggara

Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) meluncurkan “Solar Academy” pertama di Asia Tenggara, yaitu institusi pendidikan dan pelatihan tenaga surya. Indonesia  dan negara-negara di Asia Tenggara merupakan negara kaya potensi sumber energi terbarukan, khususnya tenaga surya. Namun potensi pemanfaatan tenaga surya tersebut belum optimal.   

Sel surya merupakan lempengan tipis terbuat dari silikon yang dapat mengubah langsung cahaya matahari menjadi energi listrik. Lempengan sel surya tersebut  diberi muatan postif dan muatan negatif. Saat cahaya mengenai lempengan tersebut, kemudian akan memicu muatan positif untuk bertemu dengan muatan negatif sehingga terjadilah arus listrik. Saat ini penggunaan sel surya masih terbatas hanya dalam skala kecil seperti pada barang-barang elektronik dan sebagai pembangkit listrik pada daerah-daerah  yang masih sulit dijangkau 
oleh jaringan listrik. Terbatasnya pengguna sel surya dikarenakan biaya untuk  membuat lempengan silikon cukup tinggi. Dengan perkembangan teknologi, diharapkan dapat ditemukan cara untuk meningkatkan efisiensi kerja dari sel surya.

Pendirian Akademi Surya ini merupakan wujud nyata kepedulian UI yang diharapkan dapat menjawab permasalahan bangsa Indonesia mengenai krisis energi saat ini. Usaha mencari sumber energi alternatif yang bersih,  tidak berpolusi, aman, dan dengan persediaan yang tidak terbatas, sebagai pengganti bahan bakar fosil perlu terus diupayakan, di antaranya adalah energi surya. Di era globalisasi ini,  dengan adanya kebutuhan energi yang makin besar, penggunaan sumber energi listrik yang beragam tampaknya tidak bisa dihindari.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 4 subtema 3 Globalisasi dan cinta tanah air Muatan pelajaran SBDP

3.1 Memahami Reklame

Poster adalah suatu media publikasi yang memadukan antara tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak.

Poster biasanya dipasang ditempat yang ramai dan strategis. Lantaran sifatnya yang mengajak, sangat penting untuk menempatkan poster di tempat yang mudah terlihat.
Hal tersebut juga yang menjadikan poster sebagai media iklan. Tak hanya itu, poster dapat menjadi alat untuk promosi, memberikan pengumuman atau informasi kepada masyarakat umum.

Namun, secara khusus tujuan poster dapat disesuaikan dengan kemauan atau kepentingan pembuatnya yang beragam, bisa karena tujuan komersial, informasi publik, tujuan kemanusiaan atau lainnya.

kriteria yang harus terdapat dalam poster 
1. Terdapat kalimat ajakan 
2. Terdapat keterangan singkat 
3. Terdapat contoh.
4. Menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
5. Poster jelas, menarik, tulisan rapi, dan bersih.

Brosur adalah sebuah alat untuk dapat mempromosikan barang, jasa dan lain sebagainya, yang dimana terbuat dari sebuah kertas yang ada di dalamnya akan memiliki sejumlah informasi serta penawaran tentang jasa ataupun produk tersebut.


Semoga Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 4 subtema 3 Globalisasi dan cinta tanah air dapat bermanfaat bagi Bapak/ibu guru serta adik adik. Jangan lupa untuk memberikan saran dan komentar demi kemajuan website kami.

Posting Komentar untuk "Rangkuman kelas 6 tema 4 subtema 3"