Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman kelas 6 tema 4 subtema 2

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 4 subtema 2 Globalisasi dan manfaatnya sesuai kurikulum 2013 

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 4 subtema 2 Globalisasi dan manfaatnya. Rangkuman materi kelas 6 tema 4 Globalisasi. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 4 kurikulum 2013 dengan judul “Globalisasi”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian ataupun semester. Dan bagi bapak ibu guru Rangkuman materi tema 4 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Materi kelas 6 tema 4



Pada kesempatan lalu kami telah memposting Rangkuman materi kelas 6 tema 4 subtema 1 Globalisasi di sekiatarku. Dan selanjutnya dalam kesempatan kami akan memposting rangkuman materi kelas 6 tema 4 subtema 2 Globalisasi dan manfaatnya. Nantikan juga rangkuman materi kelas 6 tema 4 subtema 3 Globalisasi dan cinta tanah air.


Baca Juga 


Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 4 subtema 2 Globalisasi dan manfaatnya Muatan pelajaran PPKN

3.3 Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat.

Masyarakat Indonesia mempunyai keberagaman ekonomi. Seperti yang telah kamu pelajari sebelumnya bahwa keberagaman itu dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya keterampilan dan pendidikan serta usaha keras. Setiap orang mempunyai potensi diri yang berbeda. Potensi tersebut harus diasah supaya seseorang bisa berhasil.  

Di era globalisasi seperti sekarang, setiap orang harus terus meningkatkan potensinya supaya ia terus bisa bersaing secara sehat. Pada saat kita berhasil dari sisi perokonomian, kita juga membantu banyak orang untuk meningkatkan perekomoniannya sekaligus akan memperkuat
perekonomian bangsa.

Mencintai tanah air adalah merupakan kewajiban setiap warga negara. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan rasa cinta kepada tanah air. Salah satunya adalah bangga
menggunakan produk dalam negeri. Dengan menggunakan produk dalam negeri, kita sudah turut berpartisipasi dalam pembangunan bangsa.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 4 subtema 2 Globalisasi dan manfaatnya Muatan pelajaran Bahasa Indonesia

3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca

Dampak postif dari globalisasi adalah kemudahan dalam pertukaran produk, Perkembangan teknologi yang semakin canggih, dan Penyampaian informasi dan berita lebih cepat.

Dampak negatif dari Globalisasi adalah Pengaruh budaya yang negatif, Sikap Individualistik, Pola hidup konsumtif dan Eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan 

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 4 subtema 2 Globalisasi dan manfaatnya Muatan pelajaran IPA

3.6 Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik.

Belakangan ini banyak bermunculan masalah pemborosan energi. Masalah pemborosan energi secara umum sekitar 80 persen disebabkan oleh faktor sumber daya manusia yang  kurang memahami dampak dari pemborosan energi. Selain disebabkan oleh
manusia, ada pula  20 persen disebabkan oleh faktor teknis. 

Dampak dari pemborosan energi sebenarnya sudah kita rasakan. Hal ini terasa dari peningkatan suhu global. Meningkatnya suhu global menyebabkan naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca ekstrem, lebih lamanya cuaca panas darpada cuaca dingin, dan hilangnya gletser, serta akibat-akibat lainnya. Jika fenomena ini terus terjadi tanpa antisipasi dan penanggulangan, mungkin kelangsungan hidup manusia akan terancam.

Tiga contoh sikap hidup hemat listrik, yaitu :
1. Mengganti lampu pijar dengan lampu hemat energi.
2. Mematikan lampu sebelum meninggalkan ruangan.
3. Mematikan TV sebelum meninggalkan ruangan.
4. Membuat rumah dengan ventilasi dan penerangan yang cukup
5. Mencabut charger jika tidak digunakan

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 4 subtema 2 Globalisasi dan manfaatnya Muatan pelajaran IPS

3.4 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.

Bahasa Indonesia layak menjadi bahasa ASEAN karena berasal dari negara berpenduduk terbesar. Menurut Mahsun, bahasa Indonesia hanya memiliki 90.000 kosakata tetapi dapat menciptakan kosakata baru. Sehingga, bahasa Indonesia adalah bahasa yang kaya.

Menurut Franz Magnis Suseno, bahasa Indonesia layak menjadi bahasa global. Dengan bahasa Indonesia kita bisa mengungkapkan apa saja. Bahasa Indonesia itu sempurna, tidak kaku, dan bisa berkembang.

Romo Magnis menyayangkan generasi muda yang lebih memilih bahasa Inggris daripada bahasa Indonesia. Ia mendukung orang Indonesia bisa bahasa asing, tetapi jika bahasa Indonesia sebagai bahasa utama diganti, rasanya kosong. 

Menguasai bahasa Asing itu boleh, tapi jangan sampai mengganti bahasa Indonesia sebagai bahasa utama.

Masyarakat ASEAN bebas Narkoba
 
Meningkatkannya kejahahatan narkoba akan mengancam keselamatan, keamanan, dan kesejahteraan masyarakat. Indonesia bekerja sama dengan negaranegara ASEAN menyusun langkah-langkah dalam mencapai “ASEAN Drug Free 2015”. Semua negara saling menukar
Informasi dalam hal rehabilitasi, pencegahan, dan penegakan hukum tentang masalah
narkoba.

Indonesia untuk mewujudkan ASEAN Drug Free 2015 Membuat undang-undang tentang hukum penyalahgunaan narkoba, mengadakan sosialisasi bahaya narkoba ke sekolah maupun ke masyarakat, dan menggiatkan upaya BNN dalam memberantas narkoba.

Peran Indonesia dalam mewujudkan ASEAN Drug Free 2015 sangat penting Karena, pada dasarnya Indonesia dan negara-negara ASEAN harus bekerja sama agar tujuan tersebut terwujud. Indonesia termasuk salah satu pasar perdagangan narkoba sehingga pencegahan serta pemberantasan sangatlah penting.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 4 subtema 2 Globalisasi dan manfaatnya Muatan pelajaran SBDP

3.1 Memahami Reklame

Poster adalah suatu media publikasi yang memadukan antara tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak.

Poster biasanya dipasang ditempat yang ramai dan strategis. Lantaran sifatnya yang mengajak, sangat penting untuk menempatkan poster di tempat yang mudah terlihat.
Hal tersebut juga yang menjadikan poster sebagai media iklan. Tak hanya itu, poster dapat menjadi alat untuk promosi, memberikan pengumuman atau informasi kepada masyarakat umum.

Namun, secara khusus tujuan poster dapat disesuaikan dengan kemauan atau kepentingan pembuatnya yang beragam, bisa karena tujuan komersial, informasi publik, tujuan kemanusiaan atau lainnya.

kriteria yang harus terdapat dalam poster 
1. Terdapat kalimat ajakan 
2. Terdapat keterangan singkat 
3. Terdapat contoh.
4. Menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
5. Poster jelas, menarik, tulisan rapi, dan bersih.

Brosur adalah sebuah alat untuk dapat mempromosikan barang, jasa dan lain sebagainya, yang dimana terbuat dari sebuah kertas yang ada di dalamnya akan memiliki sejumlah informasi serta penawaran tentang jasa ataupun produk tersebut.



Semoga Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 4 subtema 2 Globalisasi dan manfaatnya dapat bermanfaat bagi Bapak/ibu guru serta adik adik. Jangan lupa untuk memberikan saran dan komentar demi kemajuan website kami.

Posting Komentar untuk "Rangkuman kelas 6 tema 4 subtema 2 "