Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman kelas 6 tema 3 subtema 1

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 3 subtema 1 Penemu yang mengubah dunia sesuai kurikulum 2013 

Rangkuman materi kelas 6 tema 3 subtema 1 Penemu yang mengubah dunia. Rangkuman materi kelas 6 tema 3 Tokoh dan penemuan. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 3 kurikulum 2013 dengan judul “Tokoh dan penenmuan”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian ataupun semester. Dan bagi bapak ibu guru Rangkuman materi tema 3 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Materi kelas 6 tema 3 subtema 1




Pada kesempatan ini kami akan memposting Rangkuman materi kelas 6 tema 3 subtema 1 Penemuan yang mengubah dunia. Dan selanjutnya kami juga akan memposting rangkuman materi kelas 6 tema 3 subtema 2 Penemu dan manfaatnya, Rangkuman materi kelas 6 tema 3 subtema 3 Ayo, Menjadi penemu.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 3 subtema 1 Penemu yang mengubah dunia Muatan pelajaran PPKN

Hak merupakan sesuatu yang berhak dimiliki seseorang dan penggunaannya tergantung orang tersebut.
Hak di rumah:
Mendapatkan makanan dan minuman
Mendapatkan uang jajan
Bermain
Mendapatkan kasih sayang

Hak di sekolah:
Mendapatkan ilmu
Membaca buku di perpustakaan
Berteman
Mengikuti kegiatan sekolah
Hak mendapatkan kasih sayang guru

Hak di tengah masyarakat:
Berpendapat
Membangun rumah
Mengadakan acara
Menggunakan jalan umum

Baca Juga soal soal tema 3




Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 3 subtema 1 Penemu yang mengubah dunia Muatan pelajaran Bahasa Indonesia

Teks Eksplanasi Ilmiah
Teks eksplanasi ilmiah adalah teks eksplanasi yang menerangkan suatu proses yang bersifat ilmu pengetahuan alam, seperti gejala alam, terjadinya pelangi, proses arus listrik, dan sebagainya.  

Teks eksplanasi berfungsi untuk memberikan penjelasan kepada pembaca tentang proses terjadinya sesuatu, yang disusun menurut prinsip sebabakibat. Teks eksplanasi terdiri atas: pernyataan umum (pembukaan), deretan  penjelas (isi), dan penutup (kesimpulan).

Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat tentang apa yang akan dibicarakan /diinformasikan. Bagian deretan penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang proses dari peristiwa yang terjadi dan dijelaskan secara bertahap/berurutan. Bagian penutup adalah kesimpulan yang  berisi  interpretasi/pendapat singkat penulis tentang topik  yang dijelaskan.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 3 subtema 1 Penemu yang mengubah dunia Muatan pelajaran IPA

Listrik telah membawa banyak perubahan dalam  kehidupan masyarakat  di dunia. Michael Faraday
adalah tokoh penemu arus listrik. Faraday lahir pada  tahun 1791 di Newington, Inggris.

Arus listrik adalah gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang dapat merambat meski tidak ada media perantara. Gelombang elektromagnetik terbentuk dari hasil perubahan medan magnet dan medan listrik yang terjadi terus menerus.  Proses tersebut kemudian memicu terjadinya arus yang kemudian kita kenal sebagai arus listrik. Arus listrik dihasilkan oleh generator raksasa
pada pusat pembangkit listrik. 
Arus listrik tersebut disalurkan melalui jaringan listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel pada menaramenara tinggi yang menuju ke gardu-gardu penerima di berbagai daerah. Dari gardu-gardu penerima, arus listrik kemudian disalurkan ke rumah penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan.
 
Rangkaian listrik di dalam rumah dapat berupa rangkaian seri atau rangkaian paralel. Rangkaian seri dan paralel merupakan jenis-jenis rangkaian yang dipakai untuk menyambungkan dua  ataupun lebih komponen listrik sehingga menjadi satu kesatuan utuh. Bila dilihat dari cara penyusunannya, rangkaian seri disusun dengan cara bersambung atau sejajar dan rangkaian paralel disusun berderet.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 3 subtema 1 Penemu yang mengubah dunia Muatan pelajaran IPS

Dengan ditemukan teknologi baru banyak membawa perkembangan bagi kehidupan masyakat. Perkembangan tersebut membawa ke arah modernisasi. Penemuan tersebut memudahkan pekerjaan manusia. 

Bola lampu pijar yang ditemukan membawa banyak manfaat bagi kehidupan manusia di dunia. Dahulu, sebagian besar kegiatan berhenti setelah matahari terbenam. Setelah lampu pijar ditemukan kehiatan dapat dilakuka hingga malam hari.  

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 3 subtema 1 Penemu yang mengubah dunia Muatan pelajaran SBDP

Interval nada adalah jarak antara nada satu ke nada yang lainnya

Nada-nada berikut berjarak 1 nada. 
Do Re
Re Mi
Fa Sol
Sol La

Nada-nada berikut berjarak ½  nada. 
Mi Fa
LaSi

Nada-nada berikut berjarak 2 nada.
Do Mi
Fa La

Nada-nada berikut berjarak 1 ½ nada. 
Fa Re
Mi Sol
La Do



Semoga Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 3 subtema 1 Penemu yang mengubah dunia dapat bermanfaat bagi Bapak/ibu guru serta adik adik. Jangan lupa untuk memberikan saran dan komentar demi kemajuan website kami.

Posting Komentar untuk "Rangkuman kelas 6 tema 3 subtema 1"