Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman kelas 6 tema 2 subtema 2

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 2 subtema 2 Bekerja sama mencapai Tujuan sesuai kurikulum 2013 

Rangkuman materi kelas 6 tema 2 subtema 2 Bekerja sama mencapai tujuan. Rangkuman materi kelas 6 tema 2 Persatuan dalam perbedaan. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 2 kurikulum 2013 dengan judul “Persatuan dalam perbedaan”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian ataupun semester. Dan bagi bapak ibu guru Rangkuman materi tema 2 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Materi kelas 6 tema 2 subtema 2



Pada kesempatan lalu kami telah memposting Rangkuman materi kelas 6 tema 2 subtema 1 Rukun dalam perbedaan. Dan pada kesempatan ini kami akan memposting rangkuman materi kelas 6 tema 2 subtema 2 Bekerja sama mencapai tujuan. Nantikan juga rangkuman materi kelas 6 tema 2 subtema 3 Bersatu kita teguh.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 2 subtema 2 Bekerja sama mencapai tujuan Muatan pelajaran PPKN

Kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia tidak lepas dari makna yang
terkandung dalam sila ketiga, yaitu Persatuan Indonesia. ‘Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh’ adalah semboyan yang sering didengungkan untuk meningkatkan semangat persatuan pada masa penjajahan.

Gambaran keseharian di SD Nusantara. Anak-anak tetap rukun, bekerja sama, dan bersatu, walaupun mereka berbeda-beda. Wawasan mereka semakin kaya karena mengenal adat dan bahasa daerah lain. Semakin kaya dengan bermain bersama aneka permainan tradisional.
Rangku Alu, Benthik, Gobak Sodor, atau Cingciripit menjadi perekat yang menyenangkan.

Contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari yaitu menciptakan suasana rukun, melaksanakan tanggung jawab, saling menghormati antarsesama, mematuhi peraturan yang berlaku, saling tolong-menolong dengan sesama, menghargai teman yang berbeda suku bangsa, agama, dan adat istiadat.

Manfaat persatuan dan kesatuan yaitu dapat mempermudah pekerjaan, dapat mencapai tujuan yang diharapkan, persatuan dan kesatuan dapat membawa kebaikan.

Silahkan dibaca Juga 




Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 2 subtema 2 Bekerja sama mencapai tujuan Muatan pelajaran BAHASA INDONESIA

Kalimat efektif adalah kalimat yang mengandung gagasan pembicara penulis yang terdiri atas kata-kata yang mempunyai unsur SPOK. 

Ciri-ciri kalimat efektif
1. Memiliki unsur penting atau pokok (minimal unsur subjek dan predikat),
2. Menggunakan struktur bahasa yang tepat,
3. Memenuhi kaidah ejaan yang berlaku,
4. Menggunakan pilihan kata (diksi) yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 2 subtema 2 Bekerja sama mencapai tujuan Muatan pelajaran IPA

Keunikan dan keistimewaan hewan tersebut kita kenal dengan ciri khusus. Ciri khusus pada hewan tersebut mempunyai hubungan yang erat dengan  tempat tinggalnya. 

Misalnya, ikan memiliki insang untuk bernapas di dalam air, cecak memiliki perekat pada kakinya untuk dapat menempel di dinding, dan bebek memiliki selaput pada kakinya agar dapat berenang di air, Ciri khusus yang dimiliki bebek untuk mencari makan berupa paruh
yang agak panjang dan lebar pada bagian ujungnya. Bulu bbek dilapisi oleh minyak sehingga tidak basah jika terkena air.

Cara-cara hewan beradaptasi 
1. Kamuflase
Hewan ini menyesuaikan diri dengan  kondisi tempat yang sesuai dengan tubuhnya, misalnya belalang daun dan belalang sembah.

2. Mimikri
Bunglon menyesuaikan diri dengan mengubah warna kulitnya sesuai dengan tempatnya berada. Misalnya ketika bunglon berada di batang kayu, warna kulitnya berubah dari hijau
menjadi kecokelatan dan kehitaman atau sebaliknya. Perubahan warna ini membuat bunglon mampu membaur dengan lingkungan.

3. Autotomi (mlepaskan bagian Tubuh)
Untuk melindungi dirinya, cecak dan kadal melepaskan ekornya. Cara ini disebut autotomi. Ekor yang telah putus akan tumbuh lagi seperti semula.

4. Menggulungkan diri
Trenggiling melakukan penyesuaian diri dengan menggulungkan tubuhnya membentuk spiral. Cara ini dilakukan untuk melindungi diri dari serangan musuh. Contoh hewan lain yang menggulungkan diri adalah lipan.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 2 subtema 2 Bekerja sama mencapai tujuan Muatan pelajaran IPS

Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, bangsa  Indonesia ternyata masih terus berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari gangguan bangsa asing yang datang, seperti dari Pemerintahan Belanda. 

Pasukan Belanda kembali datang ke tanah air. Kedatangan ini disambut dengan berbagai bentuk perlawanan oleh bangsa Indonesia. Sehingga sejak tahun 1945-1950 telah terjadi berbagai macam pertempuran di berbagai daerah antara pihak Indonesia dengan pihak Belanda yang dibantu oleh pasukan Inggris.

Pertempuran surabaya
Dipicu oleh tewasnya brigadir Jenderal Mallaby. Pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran yang sangat dahsyat. Pasukan Inggris menggempur Surabaya dari darat, laut dan Udara. Peristiwa ini di peringati sebagai Hari Pahlawan

Pertempuran Surabaya adalah satu dari sekian banyak upaya yang dilakukan  oleh bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Masih banyak perjuangan lain yang dilakukan di berbagai daerah, misalnya Pertempuran Ambarawa, Pertempuran Medan Area, Bandung Lautan Api, Agresi Militer Belanda I, dan Agresi Militer Belanda II. 



Semoga Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 2 subtema 1 Rukun dalam perbedaan dapat bermanfaat bagi Bapak/ibu guru serta adik adik. Jangan lupa untuk memberikan saran dan komentar demi kemajuan website kami.

Posting Komentar untuk "Rangkuman kelas 6 tema 2 subtema 2"