Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman kelas 5 tema 5 subtema 3

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 5 subtema 3 Keseimbangan Ekosistem sesuai kurikulum 2013 

Rangkuman materi kelas 5 tema 5 subtema 3 Keseimbangan Ekosistem. Rangkuman materi kelas 5 tema 5  Ekosistem. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 5 kurikulum 2013 dengan judul “Ekosistem ”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian ataupun semester. Dan bagi bapak ibu guru Rangkuman materi tema 5 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Rangkuman materi kelas 5 tema 5



Pada kesempatan lalu kami telah memposting Rangkuman materi kelas 5 tema 5 subtema 1 Komponen Ekosistem, Rangkuman materi kelas 5 tema 5 subtema 2 Hubungan antarmahluk hidup dalam ekosistem. Pada kesempatan ini kami akan memposting Rangkuman materi kelas 5 tema 5 subtema 3 Keseimbangan Ekosistem

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 5 subtema 3 Keseimbangan Ekosistem Muatan pelajaran PPKN

Masyarakat Indonesia yang sangat beragam tidak pernah menghalangi mereka untuk tetap bersatu dalam kehidupan masyarakat. Berbagai kegiatan kemasyarakatan dilakukan bersama lintas suku, budaya, dan agama.  Masyarakat Indonesia memang masyarakat yang terbuka dan senang membantu.
Salah satu contohnya masyarakat di daerah bali yang masyarakat Bali dapat hidup rukun dan damai dengan masyarakat lain yang berbeda kehidupan sosial dan budayanya. Pada setiap perayaan adat
dan keagamaan di Bali, masyarakat yang tidak beragama Hindu ikut menjaga agar perayaan dapat berlangsung aman dan damai. Demikian halnya ketika umat Islam atau Kristen menjalankan ibadahnya seperti, sholat Jumat atau tarawih dan kebaktian Minggu, masyarakat Hindu di Bali ikut menjaga tempattempat ibadah, seperti masjid dan gereja.

Cara untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan antara teman satu sekolah yang memiliki perbedaan latar belakang ekonomi adalah  Menjaga kerukunan dengan teman, membantu teman yang kesusahan, dan mengajak teman untuk bermain tanpa memandang status ekonominya.

Berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang baik akan membantu mempererat hubungan antarsesama anggota masyarakat. Sebaliknya, komunikasi yang tidak baik dapat memecah belah persatuan. Kenyataan tersebut telah lama dipahami oleh para pendiri bangsa kita. Komunikasi yang baik akan menimbulkan hubungan yang harmonis dalam masyarakat. Melalui Sumpah pemuda kita mempunyai bahasa yang sama untuk berkomunikasi.

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 5 subtema 3 Keseimbangan Ekosistem Muatan pelajaran IPA

Kebergantungan antarmakhluk hidup dan lingkungannya menjadi bagian dari kehidupan di dalam sebuah ekosistem. Energi mengalir dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lain di dalam rantai
makanan. Rantai makanan adalah hubungan yang khas antara sekelompok produsen dan konsumen. 

Energi dialirkan dari produsen kepada konsumen di dalam rantai makanan. Kumpulan dari berberapa rantai makanan di dalam sebuah ekosistem disebut dengan jaring-jaring makanan. Setiap komponen yang ada dalam jaring-jaring makanan saling memengaruhi satu dengan yang lain.

Pengaruh Kegiatan Manusia terhadap Keseimbangan Ekosistem

Terdapat dua jenis faktor yang menyebabkan perubahan keseimbangan di dalam ekosistem, yaitu faktor alami dan faktor  manusia.  Faktor alami yang menyebabkan perubahan keseimbangan lingkungan  adalah peristiwa alam. Peristiwa alam ada yang menimbulkan bencana, disebut bencana alam. Bencana alam seperti letusan gunung berapi, banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, badai, dan tsunami dapat mengakibatkan terputusnya rantai makanan. Bencana alam tersebut terjadi secara alami dan tidak disebabkan oleh kegiatan manusia.  

faktor lain penyebab perubahan keseimbangan ekosistem adalah faktor manusia yang melakukan berbagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Terdapat beberapa kegiatan manusia yang secara langsung memengaruhi keseimbangan ekosistem.  Kegiatan tersebut antara lain
1. Kegiatan penebangan pohon-pohon di hutan dan pembakaran hutan, 
2. perburuan hewan hutan yang tidak terkendali, termasuk memperjualbelikan hewan langka dan dilindungi. 
3. Kegiatan lain berupa pemakaian pupuk buatan yang berlebihan
4. kegiatan pembuangan sampah dan limbah secara sembarangan

Usaha Manusia dalam Pemeliharaan Ekosistem

untuk memulihkan keseimbangan ekosistem. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain mengurangi penebangan hutan secara sembarangan, mengurangi penggunaan bahan kimia buatan
dalam kegiatan pertanian. Menangkap ikan dengan alat dan cara yang tidak merusak ekosistem, misalnya dengan menghindari penggunaan pukat harimau dan bahan peledak. Membuat suaka margasatwa, cagar alam, hutan lindung, atau taman nasional yang dilindungi negara. Selain hal-hal besar di atas, di tingkat rumah tangga, ada banyak hal yang bisa dilakukan, antara lain: menanam pohon sebanyak-banyaknya dan membuat lebih banyak taman terbuka untuk serapan air.

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 5 subtema 3 Keseimbangan Ekosistem Muatan pelajaran IPS

Pengaruh Letak Geografis Indonesia  terhadap Kehidupan Sosial Budaya  Masyarakat

Pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kehidupan sosial masyarakat
Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang terbuka untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan bangsa lain yang ada di sekitarnya.

Masyarakat Indonesia menyadari pentingnya bekerja sama, saling membantu dan peduli terhadap kehidupan masyarakat negara sekitarnya.

Pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kehidupan budaya masyarakat?
Kehidupan budaya masyarakat diwarnai dengan keanekaragaman budaya yang memiliki ciri khas masing-masing.

Kebudayaan daerah merupakan kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di daerah-daerah di seluruh wilayah Indonesia dan mempunyai ciri khas daerah tersebut. Kebudayaan daerah merupakan akar dari kebudayaan nasional. Berbagai bentuk budaya seperti kesenian daerah, pakaian tradisional, rumah adat, dan makanan khas menjadi bukti adanya keragaman budaya Indonesia.

Indonesia memiliki potensi yang sangat tinggi untuk menjadi negara maju. Kondisi serta letak geografis Indonesia membuat Indonesia tidak hanya disebut negara strategis tetapi juga negara yang kaya akan sumber daya alam.

Pemerintah harus terus mendukung potensi ini dengan mengembangkan sistem transportasi dan komunikasi untuk meningkatkan ekonomi sehingga kemakmuran dan kesejahteraan rakyat juga meningkat.

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 5 subtema 3 Keseimbangan Ekosistem Muatan pelajaran SBDP

Keunikan Topeng Nusantara
Topeng merupakan penutup wajah yang biasanya terbuat dari kayu, kertas, ataupun bahan-bahan lainnya. Di wilayah Nusantara, topeng memegang peranan yang penting, tidak semata-mata sebagai penutup wajah, namun menyimpan simbol-simbol penting dalam upacara-upacara adat.

Setiap wilayah Nusantara memiliki topeng dengan keunikan masing-masing, misalnya saja topeng Cirebon. Pementasan tari topeng Cirebon terdapat salah satu tari topeng yang mengisahkan cerita Panji dalam lima siklus karakter yang masing-masing diwakilkan oleh topeng-topeng yang berbeda, sesuai dengan karakternya. Ada topeng Panji yang mewakili tahap kelahiran, Samba yang mewakili tahap kanak-kanak, Rumyang yang mewakili tahap dewasa, Tumenggung atau Patih yang mewakili tahap kedudukan dalam masyarakat, serta Rahwana dan Klana yang mewakili nafsu yang mengganggu umat manusia.


Semoga Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 5 subtema 3 Keseimbangan Ekosistem dapat bermanfaat bagi Bapak/ibu guru serta adik adik. Jangan lupa untuk memberikan saran dan komentar demi kemajuan website kami.

Posting Komentar untuk "Rangkuman kelas 5 tema 5 subtema 3 "