Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Kelas 5 tema 5 subtema 1

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 5 subtema 1 Komponen Ekosistem sesuai kurikulum 2013 

Rangkuman materi kelas 5 tema 5 subtema 1 Komponen Ekosistem. Rangkuman materi kelas 5 tema 5  Ekosistem. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 5 kurikulum 2013 dengan judul “Ekosistem ”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian ataupun semester. Dan bagi bapak ibu guru Rangkuman materi tema 5 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Rangkuman tema 5 kelas 5 subtema 1



Pada kesempatan ini kami akan memposting Rangkuman materi kelas 5 tema 5 subtema 1 Komponen Ekosistem. Dan selanjutnya kami juga akan memposting rangkuman materi kelas 5 tema 5 subtema 2 Hubungan antarmahluk hidup dalam ekosistem , Rangkuman materi kelas 5 tema 5 subtema 3 Keseimbangan Ekosistem

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 5 subtema 1 Komponen Ekosistem Muatan pelajaran PPKN

Manfaat  Persatuan dan kesatuan dalam peristiwa sumpah pemuda adalah tumbuhnya rasa nasionalisme dari seluruh pemuda yang berasal dari berbagai suku bangsa untuk bersatu mengambil tindakan patriotisme melalui pernyataan sumpah pemuda. 

Salah satu pesan penting dari peristiwa sumpah pemuda adalah pentingnya persatuan dan kesatuan untuk membentuk negara merdeka dan berdaulat.

Pemikiran tentang pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa untuk mewujudkan negara yang berdaulat tidak lepas dari pengaruh berdirinya organisasi Budi Utomo. Budi Utomo ingin mengubah cara berjuang rakyat Indonesia dari perjuangan fisik kepada cara perjuangan melalui pendidikan. dr. Wahidin Soedirohoesodo dan dr. Soetomo adalah berusaha membangkitkan kesadaran masyarakat Indonesia kala itu terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa tanpa perlu mempermasalahkan perbedaan agama dan suku. Keberadaan Budi Utomo telah menumbuhkan semangat dan menandai terjadinya kebangkitan bangsa secara nasional. 

Pada kenyataannya, semangat persatuan dan kesatuan selalu mendapatkan tantangan.  Tantangan ini berupa perlawanan dari bangsa asing maupun tantangan dari warga negara Indonesia yang tidak menginginkan persatuan bangsa

Usaha yang dilakukan untuk mengatasi ancaman terhadap keutuhan NKRI
Saat dulu, usaha yang dilakukan yaitu membentuk organisasi-organisasi untuk menyatukan elemen-elemen masyarakat serta melakukan pemberantasan terhadap organisasi pemberontak.
Saat sekarang, usaha yang dilakukan yaitu membuat instrumen hukum serta penegak hukum untuk memberantas para pelaku yang berusaha memecah belah bangsa. 

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 5 subtema 1 Komponen Ekosistem Muatan pelajaran Bahasa Indonesia

Teks non fiksi adalah teks yang berisikan hasil pengamatan, data-data, dan fakta serta bukan merupakan hasil imajinasi kita.


Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 5 subtema 1 Komponen Ekosistem Muatan pelajaran IPA

Sebuah lingkungan terdiri atas bagian yang hidup (biotik) dan bagian tak hidup (abiotik). Ekosistem adalah Interaksi antara makhluk hidup dan benda-benda tak hidup di sebuah lingkungan . Ekosistem tersusun atas individu, populasi, dan komunitas. 

Individu adalah makhluk hidup tunggal, misalnya seekor kambing, seekor burung, dan sebuah pohon cemara. Tempat individu tinggal disebut habitat. Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah tertentu. Contoh, di sebuah kolam, terdapat populasi ikan, populasi
tumbuhan teratai, dan populasi lumut. Komunitas adalah populasi makhluk hidup di suatu daerah tertentu. Contoh komunitas adalah komunitas sungai dan komunitas padang rumput.

Ekosistem yang ada di dunia dibagi menjadi dua, yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan. Ekosistem alami terdiri atas ekosistem air dan  ekosistem darat. Ekosistem air terdiri atas ekosistem air tawar dan ekosistem air asin. Ekosistem darat terdiri atas ekosistem hutan, padang rumput, padang pasir, tundra, dan taiga. Ekosistem buatan merupakan ekosistem yang diciptakan manusia untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sawah dan bendungan merupakan dua contoh ekosistem buatan.

Berdasarkan jenis makanannya, hewan dikelompokkan menjadi  tiga golongan.  Ketiga golongan itu adalah golongan herbivor, karnivor, dan omnivor.

Kelompok hewan herbivor merupakan hewan yang makanannya berasal dari tumbuhan. Contoh
hewan yang termasuk kelompok ini adalah sapi, kelinci, kerbau, dan rusa. 

Kelompok hewan karnivor adalah kelompok hewan yang memakan hewan lain.   Hewan yang termasuk dalam kelompok ini adalah harimau, singa, anjing, buaya, dan ular.

Kelompok hewan omnivor merupakan kelompok hewan yang makanannya berasal dari tumbuhan maupun hewan lain. contoh hewan yang termasuk dalam kelompok hewan omnovor adalah Orangutan, gorila, dan monyet


Tahapan pertumbuhan dan perkembangan suatu hewan disebut daur hidup. Di dalam daur hidupnya, ada hewan yang mengalami perubahan bentuk, ada yang tidak. Hewan yang mengalami perubahan bentuk pada tahap tumbuh kembangnya disebut mengalami metamorfosis. Berdasarkan perubahan bentuknya, metamorfosis dibedakan menjadi metamorfosis sempurna dan tidak sempurna.

Metamorfosis sempurna terjadi ketika hewan mengalami perubahan bentuk yang sangat berbeda
pada setiap tahap perkembangannya. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah katak dan kupu-kupu.

Metamorfosis tidak sempurna terjadi pada hewan yang mengalami perubahan bentuk yang tidak terlalu berbeda pada setiap perkembangannya. Hewan kelompok ini tidak mengalami fase larva dan pupa. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah kecoa.

Selain serangga dan katak, hewan lain mengalami daur hidup tanpa metamorfosis atau tanpa mengalami perubahan bentuk. Contoh jenis hewan yang tidak mengalami metamorfosis adalah ikan dan kadal.

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 5 subtema 1 Komponen Ekosistem Muatan pelajaran IPS

Letak geografis merupakan letak suatu daerah atau negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi.
  
Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia.
Indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. 
Indonesia berbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Papua Nugini, dan Australia.
  
Negara Indonesia merupakan negara kepulauan. Terdapat lebih dari 17.000 pulau berukuran besar dan kecil berada di wilayah Indonesia. Beberapa pulau besar di Indonesia antara lain Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Papua. Sementara itu beberapa pulau kecil  yang berada di wilayah Indonesia antara lain Pulai Nias, Siberut, Bangka, Belitung, Madura, Bali, Lombok, Flores, Ambon, dan Halmahera.  Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km

Indonesia merupakan  negara yang terdiri atas pulau-pulau disebut negara kepulauan. Negara kepulauan merupakan salah satu ciri dari negara maritim. Negara maritim adalah negara yang memiliki luas laut lebih besar dibandingkan dengan luas daratan yang terdiri atas pulau-pulau. 

Selain sebagai negara kepulauan dan maritim, berdasarkan kondisi geografisnya, Indonesia juga merupakan negara agraris. Negara agraris adalah negara yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani yang mengolah lahan pertanian.

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 5 subtema 1 Komponen Ekosistem Muatan pelajaran SBDP

Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang.  Disebut  tangga nada apabila sebuah tangga nada terdiri atas delapan tingkatan dengan urutan dari tingkat pertama sampai delapan. Tangga nada dibagi menjadi dua, yaitu tangga nada mayor dan minor. Tiap tangga nada dibedakan dengan jarak.  

Tangga nada mayor berjarak 1 – 1 – 1/2 - 1 – 1 – 1 – 1/2.  
Tangga nada minor, yaitu tangga nada yang mempunyai jarak atau interval 
1 – 1/2 - 1 – 1 – 1 – 1/2 - 1 – 1.

Adapun urutan nada pada tangga nada mayor dimulai dengan nada (la)  dan diakhiri dengan nada (la) oktaf atas . Lagu yang bertangga nada minor biasanya berakhir dengan nada la, tetapi ada juga yang diakhiri nada lain seperti 3 (mi).



Semoga Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 5 subtema 1 Komponen Ekosistem dapat bermanfaat bagi Bapak/ibu guru serta adik adik. Jangan lupa untuk memberikan saran dan komentar demi kemajuan website kami.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Kelas 5 tema 5 subtema 1"