Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman kelas 4 tema 1 subtema 2

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 1 subtema 2 Kebersamaan dan  Keberagaman sesuai kurikulum 2013 

Rangkuman materi kelas 4 tema 1 subtema 2 Kebersamaan dan  Keberagaman. Rangkuman materi kelas 4 tema 2 Kebersamaan dan  Keberagaman. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 1 kurikulum 2013 dengan judul “Indahnya Kebersamaan”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi tema 1 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Rangkuman kelas 4 tema 1 subtema 2



Pada lalu kami telah memposting Rangkuman materi kelas 4 tema 1 subtema 1 Keberagaman budaya bangsaku. Pada kesempatan ini kami akan memposting rangkuman materi kelas 4 tema 1 subtema 2 Kebersamaan dan keberagaman. Nantikan juga Rangkuman materi kelas 4 tema 1 subtema 3 Bersyukur atas keberagaman.

Baca juga soal soal latihan


Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 1 subtema 2 Kebersamaan dan  Keberagaman muatan pelajaran PPKN

Kerjasama adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama. Ada banyak kegiatan di lingkungan sekitar yang dapa dilakukan dengan bekerja sama, Baik di lingkungan rumah, sekolah, maupun masyarakat. Adapun manfaat melakukan kerjasama sebagai berikut;

1. Pekerjaan berat menjadi ringan.
2. Tercipta hubungan yang akrab dan daling membutuhkan antar sesama.
3. Memperkuat hubungan kekeluargaan.
4. Tercipta kerukunan.
5. Menghemat waktu.

Dengan bekerja sama maka kebersamaan dalam keberagaman akan semakin terjalin dengan baik. Contoh kerjas sama di masayarakat adalah Ronda, Kerja bakti dan Gotong royong

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 1 subtema 2 Kebersamaan dan  Keberagaman muatan pelajaran Bahasa Indonesia

Cara Membuat Ringkasan

1. Membaca Naskah Asli
 • Membaca naskah asli sekali atau dua kali, kalau  perlu berulang kali hingga kamu paham.
 • Mengetahui kesan umum (inti) tulisan.
 • Mengetahui maksud dan sudut pandang penulis  naskah asli.

2. Mencatat Gagasan Utama
 • Membaca tulisan bagian demi bagian sambil mencatat gagasan pokok.
 • Menggunakan gagasan pokok yang digunakan untuk menyusun ringkasan.

3. Gunakan Kalimat Baru
 • Menggunakan kesan umum (inti) untuk  membuat ringkasan.
 • Menyesuaikan urutan isi dengan naskah asli.
 • Menggunakan kalimat baru dalam ringkasan.
 • Menggambarkan tulisan asli dalam kalimat baru.

4. Ketentuan Tambahan
 • Menyusun ringkasan dalam kalimat tunggal.
 • Meringkas kalimat menjadi frasa, frasa menjadikata.

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 1 subtema 2 Kebersamaan dan  Keberagaman muatan pelajaran IPA

Indra Pendengar (Telinga)
Kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah  menciptakan bentuk tubuh yang paling sempurna. Salah satunya adalah kita diberi indra pendengar (telinga). Dengan menggunakan indra ini, kita bisa mendengar berbagai suara, seperti kicauan burung, suara air mengalir, dan musik. 

Semua bunyi membuat udara bergetar. Getaran bunyi mengenai gendang telinga yang berupa selembar kulit tipis. Saat itulah gendang telingamu juga mulai bergetar. Getaran dari gendang telingamu menjadi lebih besar di telinga tengahmu dan diubah menjadi pesan-pesan listrik di telinga dalammu.

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 1 subtema 2 Kebersamaan dan  Keberagaman muatan pelajaran IPS

Indonesia terdiri atas beragam agama. Perbedaan yang ada membutuhkan toleransi di antara pemeluknya. Salah satu cara menghargai keberagaman budaya adalah dengan mempelajari dan melestarikannya.

Tahukan kamu bahwa Tuhan menciptakan budaya yang berbeda agar kita saling mengenal dan saling menghargai. Tugas kita adalah menciptakan keselarasan di tengah-tengan perbedaan.

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 1 subtema 2 Kebersamaan dan  Keberagaman muatan pelajaran SBDP

Gerakan tari bungong jeumpa
Tari Bungong Jeumpa terdapat dua macam, yaitu berdiri dan duduk. Berikut adalah penjelasan perbedaan gerakan Tari Bungong Jeumpa dalam posisi berdiri maupun duduk yang perlu kamu ketahui.

Kedua tangan berada di atas dengan posisi kaki jinjit setelah itu dihentakkan sebanyak dua kali ke arah kanan dan ke kiri. Delapan hitungan masing-masing dengan empat kali pengulangan.

Badan menyerong kanan dengan kedua jari tangan dirapatkan dan ditarik ke atas sehingga posisi kaki kanan ke depan. Ketika tangan ditarik ke bawah maka kaki kanan digerakkan mundur. Setelah itu, bergerak ke arah sebaliknya, masing-masing delapan hitungan dengan dua kali pengulangan.

Gerakan sama seperti gerakan kedua dan diulang sebanyak delapan hitungan di setiap arah. Tangan diluruskan ke depan dengan tatapan mata menghadap tangan.

Kedua tangan dibolak balik ke kanan dan kiri. Kemudian kaki bergerak jalan di tempat sambil diayun sebanyak delapan hitungan dan empat kali pengulangan

Terakhir yaitu kedua tangan memegang bahu, kemudian membuat gerakan mendorong ke depan, tangan dalam posisi lurus dan jari tangan diarahkan ke atas. Kaki digerakan maju dan bergantian ke kanan dan kiri sebanyak delapan hitungan dengan dua kali pengulangan. Demikian gerakan tari Bungong Jeumpa.



Semoga rangkuman materi kelas 4 tema 2 Kebersamaan dan  Keberagaman dapat bermanfaat bagi Bapak/ibu guru serta adik adik. Jangan lupa untuk memberikan saran dan komentar demi kemajuan website kami.

2 komentar untuk "Rangkuman kelas 4 tema 1 subtema 2"

  1. Tambah lagi dong aub tema berikutnya.
    Sangat manfaat dan mmbantu.

    BalasHapus
  2. Insya Allah. Terima Kasih

    BalasHapus