Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman kelas 5 tema 4 subtema 2

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 4 subtema 2 Gangguan kesehatan pada organ peredaran darah sesuai kurikulum 2013

Rangkuman materi kelas 5 tema 4 subtema 2 Gangguan kesehatan pada organ peredaran darah. Rangkuman materi kelas 5 tema 4 Sehat itu penting. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 4 kurikulum 2013 dengan judul “Sehat itu Penting ”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi tema 4 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal.

Rangkuman materi kelas 5 tema 4



Pada kesempatan lalu kami telah memposting Rangkuman materi kelas 5 tema 4 subtema 1 Peredaran darahku sehat. Dan selanjutnya pada kesempatan kami akan memposting rangkuman materi kelas 5 tema 4 subtema 2 Gangguan kesehatan pada organ peredaran darah. Nantikan juga Rangkuman materi kelas 5 tema 4 subtema 3 Cara memeliharan kesehatan organ peredaran darah manusia.

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 4 subtema 2 Gangguan kesehatan pada organ peredaran darah Muatan Pelajaran PPKN

Sebagai warga masyarakat, kita bertanggung jawab untuk mengamati pelaksanaan pengambilan keputusan. Baik dalam pemilihan ketua RT, ketua RW, maupun kepala desa, kita harus mengamati. Selain itu, masyarakat juga dapat mengamati berbagai keputusan yang dikeluarkan oleh ketua RT, ketua RW, dan kepala Desa. Pengambilan keputusan bersama dapat dilakukan melalui musyawarah untuk mufakat. Namun demikian, apabila tidak mencapai mufakat dapat dilakukan voting.

Pada masyarakat Indonesia, pengambilan keputusan bersama dilakukan melalui musyawarah. Musyawarah tersebut bertujuan untuk mencapai mufakat. Apabila tidak mencapai mufakat, maka dilakukan voting.  Pengambilan keputusan bersama dilakukan untuk memecahkan masalah dalam masyarakat, misalnya sebagai berikut.

1. Pemilihan ketua RT atau RW.
2. Menentukan jadwal siskamling.
3. Menentukan jadwal gotong-royong.

Dalam pengambilan keputusan bersama tersebut diharapkan adanya peran serta dari seluruh anggota masyarakat. Peran serta tersebut dapat berupa kegiatan berikut.

1. Mengikuti pemilihan ketua RT atau RW.
2. Mengamati jalannya pemilihan ketua RT atau RW.
3. Melaporkan pelanggaran yang terjadi pada saat pemilihan.
Peran serta masyarakat tersebut merupakan bentuk tanggung jawab sebagai warga.

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 4 subtema 2 Gangguan kesehatan pada organ peredaran darah Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia

Pantun adalah bentuk puisi Indonesia (Melayu) yang tiap baitnya terdiri
atas empat baris. Berikut merupakan ciri-ciri pantun.
a. Pantun bersajak a–b–a–b.
b. Satu bait terdiri atas empat baris.
c. Tiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata.
d. Dua baris pertama adalah sampiran dan dua baris berikutnya adalah isi pantun.
Beberapa contoh pantun

Saat malas dan tak bertenaga
Jangan diam seperti pagar
Sebaiknya lakukan olahraga
Agar peredaran darah menjadi lancar

Jalan-jalan membeli selasih
Dibuat es aduh segarnya
Ketua RW telah terpilih
Semoga hidup damai sentosa

Si  Dayu menari-nari
Jangan lupa pakai selendang
Wajah dia berseri-seri
Karena kamu selalu berdendang

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 4 subtema 2 Gangguan kesehatan pada organ peredaran darah Muatan Pelajaran IPA

Gangguan pada organ peredaran darah manusia dapat terjadi karena  nonketurunan dan keturunan. Gangguan pada organ peredaran darah nonketurunan dapat disebabkan oleh pola hidup dan makanan yang tidak sehat. Misalnya, terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak tinggi dan makanan berkadar kolesterol tinggi. 

Berikut ini beberapa contoh gangguan pada organ peredaran darah manusia non keturunan.

1.  Anemia. Gangguan ini disebabkan rendahnya kadar Hb (hemoglobin)  dalam darah. Rendahnya kadar Hb dapat disebabkan makanan yang dikonsumsi kurang mengandung zat besi. Ciri-ciri penderitanya adalah mudah lelah dan sering merasa pusing.
2.  Tekanan darah rendah (hipotensi). Gangguan ini disebabkan terjadinya penurunan tekanan darah.
3.  Tekanan darah tinggi (hipertensi). Gangguan ini disebabkan naiknya tekanan darah yang diantaranya diakibatkan oleh penyempitan pembuluh darah.
4.  Kanker darah (leukemia). Gangguan ini disebabkan sel-sel darah putih yang memperbanyak diri tanpa terkendali yang mengakibatkan sel darah putih ini memakan sel darah merah.
5.  Jantung koroner. Suatu gangguan jantung disebabkan oleh penumpukan lemak darah (kolesterol) pada arteri koronaria.

Berikut ini beberapa faktor gangguan peredaran darah karena faktor keturunan di antaranya sebagai berikut.

1.  Hemofilia. Gangguan ini disebabkan adanya kelainan yang menyebabkan darah sulit membeku jika terjadi luka.
2.  Thalassemia. Pada gangguan ini, bentuk sel darah merahnya tidak  beraturan. Hal ini menyebabkan daya ikat sel darah merah terhadap oksigen dan karbon dioksida menjadi berkurang.

 Usaha-usaha pencegahan terhadap gangguan alat peredaran darah ialah dengan melakukan pola hidup sehat. Pola hidup sehat itu di antaranya sebagai berikut.

1.  Makan makanan yang bergizi.
2.  Olahraga yang teratur.
3.  Tidur dan istirahat yang cukup.

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 4 subtema 2 Gangguan kesehatan pada organ peredaran darah Muatan Pelajaran IPS

Interkasi manusia dengan lingkungan

Pak Damar merupakan pengusaha sandal refleksi. Pak Damar memproduksi sandal yang dapat digunakan untuk melancarkan peredaran darah. Sandal refleksi buatan Pak Damar terbuat dari kayu. Kayu tersebut diperoleh dari daerah sekitar tempat tinggalnya. Pak Damar hanya membeli kayu berkualitas. Namun demikian, Pak Damar selalu menyarankan kepada pemasok kayu untuk melakukan reboisasi setelah penebangan. Dengan reboisasi hutan menjadi tidak gundul dan hasil reboisasi beberapa tahun kemudian dapat dimanfaatkan lagi, di antaranya pohon dapat ditebang dan kayunya dapat digunakan lagi.

Tenaga kerja di pabrik Pak Damar juga berasal dari warga di sekitar tempat tinggalnya. Sebelumnya, mereka diberi pelatihan terlebih dahulu  oleh Pak Damar. Bahkan kini, beberapa tenaga kerja Pak Damar telah membuka usaha sendiri. Pak Damar kemudian menjadikan mereka sebagai mitra kerja untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat.

Kegiatan jalan sehat merupakan contoh interaksi manusia dengan lingkungan, baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Interaksi manusia dengan lingkungan, memengaruhi pembangunan sosial budaya. Selain itu, upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melalui pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal. Melalui pendidikan, maka akan tercapai kesejahteraan masyarakat. Berikut contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya.

1. Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.
2. Mengikuti pelatihan keterampilan seperti menjahit, membatik, dan  membuat karya kerajinan lainnya.
3. Turut serta dalam organisasi masyarakat.

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 4 subtema 2 Gangguan kesehatan pada organ peredaran darah Muatan Pelajaran SBDP

Properti tari adalah segala sesuatu yang diperlukan dalam pementasan tari.

Fungsi properti tari adalah sebagai alat yang digunakan dalam pementasan, ada 3 fungsi properti dalam seni tari yaitu mendeskripsikan tema dari sebuah tarian, memperjelas gerakan dan karakter dari seorang penari, serta menambah keindahan dalam gerakan tari.

Jenis Properti Tari :

1. Setproperti.
Properti yang digunakan pada panggung guna mendukung sistem serta memudahkan dalam pengungkapan setting situasi dan kondisi yang diinginkan. Contoh yang termasuk ke dalam set properti adalah panggung, lighting, background, dan sebagainya.

2. Handproperti.
Properti yang digunakan oleh penari sebagai alat pendukung karakter yang akan diperankan. Contoh yang termasuk ke dalam handproperti adalah selendang, keris, topeng, piring, panah, dan sebagainya.


Semoga rangkuman materi tematik kelas 5 tema 4 subtema 2 Gangguan kesehatan pada organ peredaran darah dapat bermanfaat bagi bapak/ibu guru serta adik-adik. Dan jangan lupa memberikan saran dan komentar pada kolom yang tersedia demi kemajuan website kami.

Posting Komentar untuk "Rangkuman kelas 5 tema 4 subtema 2"