Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman kelas 5 tema 3 subtema 3

Rangkuman materi kelas 5 tema 3  subtema 3 Pentingnya menjaga makanan sehat sesuai kurikulum 2013

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 3 subtema 3 Pentingnya menjaga makanan sehat. Rangkuman materi kelas 5 tema 3 Makanan sehat. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 3 kurikulum 2013 dengan judul “Makanan sehat”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi tema 3 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Rangkuman materi kelas 5  tema 3



Pada kesempatan lalu kami telah memposting Rangkuman materi kelas 5 tema 3 subtema 1 Bagimana mengolah makanan, Rangkuman materi kelas 5 tema 3 subtema 2 Pentingnya makanan sehat bagi tubuh. Selanjutnya pada kesempatan ini kami akan memposting rangkuman materi kelas 5 tema 3  subtema 3 Pentingnya menjaga makanan sehat

Rangkuman materi kelas 5 tema 3  subtema 3 Pentingnya menjaga makanan sehat Muatan Pelajaran PPKn

Contoh dari keragaman sosial dan budaya di indonesia adalah bahasa daerah, adat Istiadatnya, bentuk rumah adatnya, pakaian adat, senjata tradisional, makanan khas, kesenian daerah alat musik, jenis music, lagu - lagu, cerita rakyat dan religi.

Adanya keberagaman suku dan budaya, membuat kita belajar untuk saling menghargai dan bertoleransi dengan sesama.

Toleransi akan menghindari terjadinya konflik atau perpecahan sehingga persatuan dan kesatuan akan tetap terjaga.

Hal ini menjadi modal penting terkait pembangunan nasional.

Rangkuman materi kelas 5 tema 3  subtema 3 Pentingnya menjaga makanan sehat Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia

Contoh iklan di televisi yang mempromosikan tentang obat untuk mengatasi sakit pada sistem pencernaan. 

Obat Sakit Perut PSP (Pil Sakit Perut)

Laki-laki 1 :  “Aduh!” (meringis sambil memegangi perutnya)
Perempuan 1 :  “Makan yang tidak benar, membuat perut jadi tidak enak!”
Laki-laki 2 :  “Tidak bawa PSP, ya?” (tersenyum sambil memegang obat PSP)
Narator :  “Untuk gangguan perut karena bakteri, makanan pedas, asam, dan gas, segera atasi dengan minum PSP dalam satu sachet pil pil kecil alami. Atasi penyebab sakit perut hingga ke pelosok.”
Laki-laki 1 :  “Minta obatnya!”
Laki-laki 2 :  “Minta? Beli!” (sambil tertawa)
Narator :  “Perut tidak enak, pilih yang benar! PSP.”

Rangkuman materi kelas 5 tema 3  subtema 3 Pentingnya menjaga makanan sehat Muatan Pelajaran IPA

Salah satu ciri makhluk hidup adalah memerlukan makanan. Makanan yang telah dimakan akan diuraikan dalam sistem pencernaan menjadi sumber energi, komponen penyusun sel dan jaringan, dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satu hal yang dapat membuat tubuh tetap sehat dan bugar adalah dengan mengonsumsi buah. 
Berikut adalah beberapa manfaat buah-buahan.

 • Sumber vitamin. Buah merupakan sumber vitamin dan berbagai jenis vitamin ada di buah.
 • Sumber air dan gizi. Buah merupakan salah satu sumber air untuk tubuh dan kebutuhan gizi yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.
 • Sumber antioksidan. Buah merupakan salah satu sumber antioksidan alami terbesar yang ada di dunia.
 • Mencegah penyakit tertentu. Buah-buahan merupakan salah satu cara untuk menghindarkan kita agar tidak terserang penyakit berbahaya dan berbagai penyakit lainnya.
 • Obat luar tubuh. Buah-buahan juga dapat digunakan untuk  menggunakan obat luar seperti jerawat, bisul, dan sebagainya.

Rangkuman materi kelas 5 tema 3  subtema 3 Pentingnya menjaga makanan sehat Muatan Pelajaran IPS

Organisasi P3A merupakan sebuah contoh pembangunan sosial budaya. Disebut sosial karena tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakatnya. Disebut budaya karena di dalamnya terdapat ide atau gagasan yang bisa jadi merupakan warisan dari generasi sebelumnya. Inilah yang mendasari pembangunan sosial budaya yang memang dirancang untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di dalamnya.

Sanggar tari merupakan contoh sebuah pembangunan sosial budaya. Berlandaskan pada keberagaman yang terdapat di dalam keanggotaan organisasi, sanggar tari ini pun menjalani kiprahnya sebagai sebuah wadah bagi para pemuda dan pemudi Kalimantan Selatan untuk secara positif mengembangkan bakat dan kemampuan diri.

Rangkuman materi kelas 5 tema 3  subtema 3 Pentingnya menjaga makanan sehat Muatan Pelajaran SBDP

Ternyata buah-buahan dan segala sesuatu yang berasal dari alam sejak dahulu dijadikan inspirasi untuk karya seni rupa daerah. Salah satunya seperti yang terdapat dalam batik Semarang. Sedikit ulasan tentang batik akan diberikan di bawah ini.

Jawa Tengah merupakan daerah penghasil kain batik terbesar di Nusantara. Batik Jawa Tengah memiliki corak yang khas. Daerah penghasil batik di Jawa Tengah yang paling menonjol adalah Pekalongan, Solo, dan Semarang. Pusat penghasil batik terkenal lainnya adalah Yogyakarta. Batik Yogyakarta dan Solo lebih banyak didominasi warna cokelat dan biru tua. Untuk motif batik Yogyakarta sendiri ada bermacam-macam seperti motif parang, babon angrem, dan wahyu tumurun. 

Batik Pekalongan memiliki ciri pesisir dengan corak yang khas. Coraknya banyak mendapat pengaruh dari Cina yang dinamis dan kaya akan warna. Batik Pekalongan banyak didominasi warna cerah, hijau, kuning, merah, dan merah mudah serta didominasi motif bunga. Untuk batik, Semarang banyak didominasi warna cokelat, kuning, hijau, hitam dengan motif alam
seperti bunga, daun, dan burung.

Berikut adalah beberapa contoh motif batik di nusantara.
Motif batik Solo Parang Kusumo
Motif batik Cirebon Mega Mendung
Motif batik Yogyakarta Ceplok
Teknik pembuatan batik terbagi atas tiga, yakni:
 • Teknik tulis menggunakan canting sebagai alat pembuat motif. 
 • Teknik cap menggunakan stempel yang di atasnya sudah berbentuk ragam hias batik
 • Teknik cetak atau sablon



Demikian lah Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 3 subtema 3 Pentingnya makanan sehat bagi tubuh. Semoga dapat bermanfaat bagi bapak/ibu guru serta adik-adik. Dan jangan lupa memberikan saran dan komentar pada kolom yang tersedia demi kemajuan website kami.

Posting Komentar untuk "Rangkuman kelas 5 tema 3 subtema 3"