Rangkuman kelas 4 tema 8 subtema 1

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 8 subtema 1 Lingkungan tempat tinggalku sesuai kurikulum 2013 

Rangkuman materi kelas 4 tema 8 subtema 1 Lingkungan tenpat tinggalku. Rangkuman materi kelas 4 tema 8 Daerah tempat tinggalku. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuklebih mudah memahami materi tematik tema 8 kurikulum 2013 dengan judul “Daerah tempat tinggalku”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi tema 8 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Rangkuman materi kelas 4 tema 8


Pada kesempatan ini kami akan memposting Rangkuman materi kelas 4 tema 8 subtema 1 Lingkungan tempat tinggalku. Dan selanjutnya kami juga akan memposting rangkuman materi kelas 4 tema 8 subtema 2 Keunikan daerah tempat tinggalku, Rangkuman materi kelas 4 tema 8 subtema 3 Bangga terhadap daerah tempat tinggalku.

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 8 subtema 1 Lingkungan tempat tinggalku muatan pelajaran PPKN 

Keragaman berarti bermacam-macam atau berjenis-jenis. Pada manusia, keragaman yang dimaksud adalah perbedaan yang dimiliki oleh setiap individu. Perbedaan pada individu itu ada karena setiap manusia memiliki ciri khas tersendiri. 

Keragaman karakteristik  individu berarti perbedaan ciri-ciri khusus pada setiap manusia. Keragaman karakteristik individu dapat berupa keragaman fisik. Keragaman fisik dapat meliputi, warna kulit, jenis rambut, tinggi dan rendah badan, serta berat badan. Selain keragaman  fisik, juga terdapat keragaman kegemaran dan keragaman sifat.

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 8 subtema 1 Lingkungan tempat tinggalku muatan pelajaran IPA

Gaya adalah suatu kekuatan yang mengakibatkan benda yang dikenainya dapat mengalami gerak, perubahan kedudukan, atau perubahan bentuk. 
Gaya juga dapat diartikan sebagai tarikan atau dorongan yang dapat memengaruhi keadaan suatu benda. Macam-macam gaya antara lain : Gaya listrik, gaya magnet. gaya gesek, gaya listrik, 

Gerak adalah perpindahan kedudukan suatu benda terhadap benda lainnya, baik perpindahan kedudukan yang mendekati maupun menjauhi suatu benda atau tempat asal akibat benda itu dikenai gaya. Contoh gerak misalnya menggayuh sepeda, menendang bola, mendorong meja

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 8 subtema 1 Lingkungan tempat tinggalku muatan pelajaran IPS

Lingkungan memengaruhi mata pencaharian penduduk di suatu daerah.

1. Penduduk di daerah pantai bermata pencaharian sebagai nelayan, petani tambak, pedagang, petani garam, dan perajin.
2. Penduduk di daerah dataran rendah bermata pencaharian sebagai buruh, petani, pedagang, dan peternak.
3. Penduduk di daerah dataran tinggi bermata pencaharian sebagai petani, peternak, pedagang, dan pekerja perkebunan, misalnya teh, kopi, dan cengkeh. 

Penduduk yang tinggal di desa juga memiliki mata pencaharian yang berbeda dengan penduduk di kota. Penduduk di desa lebih banyak bermata pencaharian sebagai petani, peternak, perajin, pedagang,  buruh tani dan perkebunan. Sedangkan penduduk di kota bermata pencaharian sebagai
pekerja jasa (pegawai bank, konsultan, pengacara, sopir), karyawan, pedagang,  dan buruh pabrik.

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan, barang, atau jasa tertentu dengan tujuan mencapai kesejahteraan dalam hidupnya. 

Berikut macam-macam kegiatan ekonomi.

1. Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang dan jasa. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut produsen. 
2. Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang hasil produksi dari  produsen kepada konsumen. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut  distributor.
3. Konsumsi adalah kegiatan memakai barang-barang hasil produksi.  Orang yang melakukan kegiatan ini disebut konsumen.

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 8 subtema 1 Lingkungan tempat tinggalku muatan pelajaran SBDP

Tempo adalah cepat lambatnya lagu dinyanyikan. Tempo dibedakan menjadi tiga macam, yaitu tempo cepat, tempo sedang, dan tempo lambat. Pemilihan tempo dalam suatu lagu harus disesuaikan dengan isi lagu. Sebagai contoh, lagu yang menggambarkan keriangan biasanya menggunakan tempo cepat. Lagu untuk menidurkan bayi biasanya menggunakan tempo sedang ataupun tempo lambat.

Bernyanyi dengan baik membutuhkan teknik seperti  intonasi dan tempo. Intonasi merupakan cara bernyayi mencapai ketepatan bunyi tiap nada. Bunyinada yang tepat akan menghasilkan suara yang tidak sumbang dan enak didengar. 

Kecepatan lagu diukur dengan alat pengukur yang disebut Metronome Maelzel atau disingkat MM. Metronome Maelzel ini akan memberikan
petunjuk seberapa cepat atau lambatnya lagu dinyanyikan.  Sebagai contoh lagu 
”Timang-Timang Anakku Sayang” ditulis dengan tempo andante. Kecepatan 

Tempo lagu dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:
a. tempo lambat, contoh lento = lambat (56-58 MM) ;
b. tempo sedang, contoh andante = seperti orang berjalan (72-76 MM);
c. tempo cepat, contoh allegro = cepat, hidup, dan riang (132-138 MM)

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 8 subtema 1 Lingkungan tempat tinggalku muatan pelajaran Bahasa Indonesia

Cerita fiksi adalah karya sastra yang berisi cerita rekaan atau didasari dengan angan-angan (fantasi) dan bukan berdasarkan kejadian nyata, hanya berdasarkan imajinasi pengarang

Imajinasi pengarang diolah berdasarkan pengalaman, wawasan, pandangan, tafsiran, kecendikiaan, penilaiannya terhadap berbagai peristiwa, baik peristiwa nyata maupun hasil rekaan semata.

Ciri-ciri cerita fiksi :

1. Bersifat rekaan atau imajinasi pengarang
2. Memiliki kebenaran yang relatif
3. Bahasanya bersifat konotatif
4. Tidak memiliki sistematika yang baku
5. Sasarannya emosi atau perasaan pembaca
6. Memiliki pesan moral atau amanat tertentu

Jenis jenis cerita fiksi adalah cerita jenaka, Mite, Fabel, Legenda, Saga, cerpen dan Novel. 

Semoga rangkuman materi kelas 4 tema 8 Subtema 1 lingkungan tempat tinggalku dapat bermanfaat bagi Bapak/ibu guru serta adik adik. Jangan lupa untuk memberikan saran dan komentar demi kemajuan website kami. 

Belum ada Komentar untuk "Rangkuman kelas 4 tema 8 subtema 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel