Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Kelas 5 tema 9 subtema 1

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 9 subtema 1 Benda Tunggal dan campuran sesuai kurikulum 2013

Rangkuman materi kelas 5 tema  9 subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran. Rangkuman materi kelas 5 tema  9 Benda-benda disekitar kita. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuklebih mudah memahami materi tematik tema 8 kurikulum 2013 dengan judul “Benda-benda disekitar kita”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi tema 9 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 


Rangkuman materi kelas 5 tema 9 subtema 1


Pada kesempatan ini kami akan memposting Rangkuman materi kelas 5 tema 9 subtema 1 Benda tunggal dan Campuran. Dan selanjutnya kami juga akan memposting rangkuman materi kelas 5 tema 9 subtema 2 Benda dalam kegiatan ekonomi, Rangkuman materi kelas 5 tema 9 subtema 3 Manusia dan benda dilingkungannya.

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 9 Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran Muatan Pelajaran PPkn Sesuai kurikulum 2013

Makna penting  di  dalam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:

1.  Rasa persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara satu dengan yang  lain.

2.  Menjalin rasa  kemanusian  dan  sikap  saling  toleransi  serta  rasa harmonis untuk hidup berdampingan secara rukun dan damai.

3.  Menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap tolong-menolong antarsesama, serta sikap nasionalisme.

Dapat disimpulkan bahwa makna dari sebuah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, yaitu  harus saling bahu-membahu dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

Kerukunan antar sesama sangat penting demi menjaga persatuan dan kesatuan. Hidup rukun harus terjalin, baik di Lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Salah satu contoh hidup rukun misalnya dengan membantu orang yang membutuhkan atau orang yang susah.

Keberagaman suku bangsa dan budaya tidak membuat bangsa Indonesia terpecah belah. Terbukti bangsa Indonesia tetap rukun dan bersatu. Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa kita  yang mengungkapkan persatuan dan kesatuan yang  berasal dari keanekaragaman. Bhinneka Tunggal Ika artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua.  Walaupun kita  terdiri atas berbagai suku yang  beraneka ragam budaya daerah, namun kita  tetap satu bangsa Indonesia. Kita  memiliki bahasa dan tanah air  yang   sama, yaitu   bahasa Indonesia dan tanah air Indonesia. Bendera kebangsaan  kita  merah putih sebagai lambang identitas bangsa. Kita bersatu padu di bawah falsafah dan dasar negara Pancasila.

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 9 Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran Muatan Pelajaran IPA Sesuai kurikulum 2013

Semua benda yang  ada di  sekitar kita  termasuk materi. Materi adalah segala sesuatu yang  menempati ruang dan mempunyai massa. Berdasarkan komposisi penyusunnya, materi  dibedakan menjadi zat tunggal dan campuran.

A.  Zat Tunggal

Zat  tunggal merupakan zat  yang  terdiri atas materi sejenis. Contoh benda termasuk dalam zat  tunggal adalah air, garam, gula,  dan emas
24 karat.

B.  Campuran

Campuran adalah zat yang  terdiri atas beberapa jenis materi atau zat tunggal. Campuran dapat  dibedakan menjadi campuran homogen dan campuran heterogen. 

1.  Campuran Homogen

Campuran homogen merupakan campuran yang  zat  penyusunnya tercampur sempurna. Pada campuran homogen, zat  penyusunnya tidak dapat dibedakan.
Contoh: air garam, sirop,  udara, perunggu, kuningan

2.  Campuran Heterogen

Campuran heterogen merupakan campuran yang  zat penyusunnya tidak tercampur sempurna. Pada campuran heterogen, zat penyusunnya masih dapat dibedakan.

Contoh: campuran  air  dengan kopi,  air  dengan tepung, dan air dengan pasir.

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 9 Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran Muatan Pelajaran IPS Sesuai kurikulum 2013


Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Negara Indonesia memiliki posisi geografis yang  unik sekaligus menjadikan posisi yang  strategis. Hal ini dapat dilihat dari  letak Indonesia yang  berada di antara dua samudra, yaitu  Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Indonesia juga terletak di antara dua benua yaitu  Benua Asia  dan Benua Australia. Letak  geografis ini  sangat memengaruhi  keberadaan  wilayah Indonesia, baik  dilihat dari  keadaan  fisik dan sosial atau ekonomi dan politik.

Letak   kota  atau  tempat  pada  peta  dinyatakan dengan  garis bujur   dan garis lintang. Jarak  dua garis bujur  berdekatan sebesar satu derajat (1°). Jarak dua garis lintang berdekatan sebesar satu derajat (1°).   Garis    bujur    terbagi dua, yaitu   bujur   barat (BB) dan bujur   timur (BT). Garis  lintang  juga terbagi dua, yaitu   lintang utara (LU) dan lintang  selatan  (LS).

Ketampakan alam disebut juga dengan istilah bentang alam. Indonesia memiliki bentang  alam  yang   berbeda-beda di  setiap daerah. Ada  daerah dataran tinggi dan ada daerah dataran rendah. Ada  penduduk yang  tinggal di  daerah pegunungan. Ada  juga penduduk yang   tinggal di  daerah pantai. Ketampakan alam dibagi menjadi dua bagian, yaitu  ketampakan alam wilayah daratan dan ketampakan wilayah perairan.

Manusia melakukan adaptasi berbeda-beda antara  satu dengan yang lain.  Manusia hidup beradaptasi sesuai dengan alam dan ketampakan alam di lingkungan tempat tinggal. Adaptasi yang dilakukan meliputi jenis mata pencaharian utama, makanan, bentuk tempat tinggal, pakaian yang dikenakan, peralatan rumah tangga, dan teknologi. Semua kegiatan itu menyesuaikan tempat mereka tinggal. Kita dapat melihat hasil adaptasi masyarakat suatu daerah. Makanan dan barang-barang atau benda- benda khas dari  daerah pegunungan berbeda dengan daerah pantai dan dataran rendah.

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 9 Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran Muatan Pelajaran SBDP Sesuai kurikulum 2013

Mengenal Tangga Nada

Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang, misalnya 1 2 3 4 5 6 7 1. Dalam seni musik, tangga nada dibagi menjadi dua yaitu tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis. Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang  terdiri atas tujuh nada.

Tangga nada diatonis terdiri atas beberapa jenis.

a.  Tangga nada diatonis mayor

Tangga nada diatonis mayor adalah tangga nada yang  susunan nadanya berjarak 1 – 1 - 1/2   - 1 - 1 - 1 - 1/2.  Contoh tangga nada mayor sebagai berikut.

b.  Tangga nada diatonis minor

Tangga nada minor adalah tangga nada diatonis yang  susunan nadanya 1 - 1/2- 1 - 1 - 1/2- 1 - 1. 

Tangga nada minor dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu  minor asli, minor harmonis, dan minor melodis.

1.  Tangga  nada minor asli  masih merupakan nada-nada pokok,  belum mendapat nada sisipan. Berikut contoh tangga nada minor asli.

2.  Tangga  nada minor harmonis adalah tangga nada dengan nada ketujuh dinaikkan setengah laras. Pada saat turun jaraknya tetap sama. Berikut contoh tangga nada minor harmonis.

3.  Tangga  nada minor melodis adalah tangga nada minor asli  dengan nada ke-6 dan ke-7 dinaikkan setengah  laras. Pada saat turun nada ke-6 dan ke-7  diturunkan setengah laras.
 
Tangga  nada  mayor dan  minor  akan  terdengar  perbedaannya  jika dimainkan dengan alat musik. Lagu dengan tanda mayor jika dimainkan akan terdengar ceria. Berbeda dengan lagu  dengan tangga nada minor, lagu  dengan tangga nada minor jika  dimainkan akan terdengar sedih. Walaupun demikian, lagu  minor yang  syairnya lucu dengan tempo cepat, akan terkesan gembira. Kecepatan sangat memengaruhi kesan.

Tangga nada pentatonis adalah jenis tangga nada terdiri atas lima  nada. Berdasarkan nadanya, ada tangga nada yang  menggunakan pelog dan slendro. Urutan tangga  nada  pelog yaitu   1-3-4-5-7.  Urutan tangga nada slendro yaitu  1-2-3-5-6.

Alat musik melodis merupakan alat musik yang digunakan untuk memainkan  melodi. Jadi, alat musik tersebut dapat  digunakan untuk memainkan melodi lagu  sesuai dengan tangga nadanya. Ada beberapa contoh alat  musik melodis, misalnya seruling (recorder) atau  pianika. Berikut cara memainkan kedua alat musik tersebut.

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 9 Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Sesuai kurikulum 2013

Iklan adalah suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa. Iklan biasanya ada dimedia cetak seperti koran atau majalah. Iklan juga ada yang ditayangkan melalui televisi dan radio.

Iklan  adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat  umum. Pemberitahuan  dilakukan supaya orang tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang  ditawarkan. Iklan  dapat  disampaikan melalui media cetak, audio, dan elektronik. Iklan memiliki unsur-unsur berikut.

1. Nama produk.
2. Gambar yang  menarik.
3. alimat iklan.
4. Keunggulan produk.
5. Harga produk.
6. Nomor telepon.
7. Alamat pengiklan.

Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan dalam media cetak memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut:
1. Menggunakan bahasa yang  singkat, padat, dan jelas.
2. Menggunakan bahasa yang  memikat dan memiliki daya sugesti.
3. Menggunakan kata konotasi positif.
4. Isinya  bersifat objektif, jujur, singkat, jelas,  dan menarik.

Semoga rangkuman materi tematik kelas 5 tema 9 subtema 1 Benda tunggal dan campuran dapat bermanfaat bagi bapak/ibu guru serta adik-adik. Dan jangan lupa memberikan saran dan komentar pada kolom yang tersedia demi kemajuan website kami.

2 komentar untuk "Rangkuman Kelas 5 tema 9 subtema 1"