Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban tematik Kelas 5 tema 6 halaman 3, 4, 6, 7, 8 dan 9

Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 tema 6 hal 3, 4, 6, 7, 8 dan 9



Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 hal 3, 4, 6, 7, 8, dan 9 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. Semoga dapat membantu 



Kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 hal 3,4 dan 8

Sumber Energi Panas

Benda yang  dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas dapat kita  jumpai di  alam, salah satunya adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang  dihasilkan dari  hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.

Energi panas  matahari  dapat  menerangi  bumi  sehingga  udara di  bumi menjadi hangat.  Dalam kehidupan sehari-hari,  energi panas matahari  dimanfaatkan  dalam berbagai kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan  garam, mengeringkan  ikan   asin, bahkan  untuk mengeringkan pakaian yang  basah.

Cobalah  kamu  gosokkan  kedua  tanganmu   selama  satu  menit! Apa  yang   kamu  rasakan?  Sekarang, ambillah  sebuah  mistar  plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain  yang  kering selama dua menit! Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu!   Apa  yang  kamu rasakan? Setelah kamu melakukan dua kegiatan tersebut, apakah kamu merasakan panas? Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Pada kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain,  dapat menimbulkan energi panas.

Selain matahari dan gesekan antara dua benda, energi panas juga dapat diperoleh dari  api.  Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah batu yang  kering sampai keluar percikan api.  Selain itu,  nenek moyang kita  dahulu menggunakan kayu kering lalu  digosok-gosokkan dengan tanah yang  kering sampai keluar api.  Ternyata  gesekan dua benda antara dua batu kering, dan gesekan antara dua kayu  kering dapat menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api  mudah dihasilkan dari  korek  api  dan kompor.

KUNCI JAWABAN KELAS 5 TEMA 6 HALAMAN 3


Jawablah pertanyaan-pertanyaan  berikut ini berdasarkan bacaan di atas!

1.  Apa yang  dimaksud dengan sumber energi panas?

    " Sumber energi panas adalah benda yang dapat menghasilkan energi panas "

2. Sebutkan paling sedikit dua sumber energi panas yang  kamu ketahui!

    " Matahari dan Api adalah sumber energi panas "

3. Apa saja manfaat yang  didapatkan makhluk hidup dari  matahari?

      Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Energi panas matahari  dimanfaatkan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan  garam, mengeringkan  ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang  basah. "

4. Tunjukkanlah  cara-cara  sederhana  untuk membuktikan adanya energi panas di sekitarmu!

        Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Pada kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain,  dapat menimbulkan energi panas. "

5. Bagaimanakah cara nenek moyang kita  untuk mendapatkan api?
 
        " Nenek moyang kita  dahulu menggunakan kayu kering lalu  digosok-gosokkan dengan tanah yang  kering sampai keluar api. "

6. Mengapa api  sangat penting dalam kehidupan manusia?
        
        Karena api dapat digunakan untuk memasak, menjadi pengganti lampu, dijadikan api unggun untuk menghangatkan tubuh, dll. "

KUNCI JAWABAN KELAS 5 TEMA 6 HALAMAN 4


Bacalah kembali bacaan di atas  dengan saksama. Lalu, jawablah pertanyaan berikut ini!

1.     Apa judul  bacaan di atas?  " Sumber Energi Panas "
        

2.  Tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf di atas. Kata kunci adalah kata-kata yang  kamu anggap penting dalam sebuah paragraf. Perhatikan contoh!

Paragraf 1       :  Energi panas; sumber energi; proses fotosintesis.


Paragraf 2      :   Kegunaan Matahari


Paragraf 3     : Cara menghasilkan Energi panas


Paragraf 4    : Asal mula api

3. Apa  yang   dapat  kamu simpulkan dari   bacaan  di  atas?    Jelaskanlah kesimpulan bacaan di atas kepada teman sebangkumu!

Kesimpulan:  Sumber energi panas ada di sekitar kita dan sumber energi panas terbesar adalah matahari, yang digunakan oleh semua makhluk hidup.

Kunci Jawaban kelas 5 tema 6 halaman 6 pembelajaran 1


Ayo Mengamati



Sumber energi panas ada di mana-mana dan sering kita jumpai dalam kegiatan sehari-hari! Amatilah kegiatanmu pada hari ini. Sumber energi panas apa saja yang  kamu gunakan?

Perhatikanlah tabel berikut, lalu  lengkapilah dengan kegiatanmu yang menggunakan sumber energi panas pada hari ini.

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 6

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 8


Ayo Mencoba

Matahari merupakan salah satu sumber energi panas yang  paling besar di muka bumi. Energi panas matahari dapat menyebabkan peristiwa perubahan di alam yang  mudah kita  lihat dan amati.

Lakukan kegiatan  berikut ini  dalam kelompok yang   terdiri atas tiga orang. Siapkanlah alat dan bahan berikut: 3  wadah untuk es  batu, 6  buah es  batu dengan ukuran yang  sama, dan pencatat waktu.

Langkah-langkah:

1. Letakkan dua  buah  es   batu  pada  masing-masing wadah yang   telah disiapkan. Wadah sebaiknya berukuran dan mempunyai warna dan bentuk yang  sama.

2. Satu wadah diletakkan di  luar  kelas di  bawah sinar matahari. Wadah kedua diletakkan di atas meja di dalam kelas.

3. Wadah  ketiga diletakkan di  dalam lemari atau tempat yang  terlindung dari  sinar matahari.

4. Setiap anggota  kelompok akan  mengamati,  mengukur,  dan mencatat waktu  yang   diperlukan  es   batu  pada  masing-masing wadah sampai benar-benar mencair.

Perhatikanlah Gambar berikut Ini


Kunci jawaban kelas 5 tema 6 pembelajaran 1

1. Bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut?

" Ukuran Es pada ketiga wadah tersebut mengalami perubahan "

2. Manakah es batu yang  akan mencair terlebih dulu?

 " Es batu yang akan mencair lebih dulu adalah es batu yang ada di luar ruangan di bawah sinar matahari langsung, kemudian disusul oleh es batu yang ada di atas meja, dan yang terakhir adalah es batu yang ada di dalam lemari. "

3. Mengapa? Jelaskan alasanmu di tempat yang  tersedia di bawah ini!

" Hal tersebut dikarenakan es batu yang berada di luar ruangan terkena sinar matahari langsung sehingga mendapat energi panas yang lebih banyak dibandingkan dengan es batu yang ada di atas meja dan maupun di dalam lemari. "


4. Dapatkah kamu menarik kesimpulan dari  kegiatan di  atas? Diskusikan kesimpulanmu dengan teman sebangkumu!

 " Sumber energi panas dapat mengakibatkan perubahan suatu benda, hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan ukuran es batu pada percobaan sebelumnya. "

Demikian Pembaca materi dan kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 halaman 3, 4, 6 dan 8 pembelajaran 1 buku siswa kurikulum 2013.


Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban tematik Kelas 5 tema 6 halaman 3, 4, 6, 7, 8 dan 9"