Pengertian Pendekatan, Metode, Model, Teknik, dan Strategi

Pengertian Pendekatan, Metode, Model, Teknik, dan Strategi

Pengertian dan perbedaan istilah pendekatan metode, model, teknik, dan strategi.

1. Pendekatan pembelajaran
       
Menurut penulis pendekatan pembelajaran adalah cara memandang pembelajaran dalam mengelola kegiatan pembelajaran agar mendapat hasil yang optimal.

2. Metode pembelajaran

       Metode pembelajaran Menurut Penulis adalah cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran yang telahadirencanankan untuk mencapai tujuan Pembelajaran

       Beberapa bentuk metode mengajar antara lain ceramah, diskusi,tanya jawab, simulasi, pemberian tugas, kerja kelompok, demonstrasi, eksperimen, pemecahan masalah, inkuiri, karya wisata, dan lainya.

3. Strategi pembelajaran

       Menurut penulis strategi pembelajaran merupakan suatu konsep yang dilakukan guru dalam upaya pelaksanaan proses kegiatan pembelajaran agart tercapai tujuan pembelajaran
Strategi pembelajaran terdiri atas semua komponen materi pelajaran dan prosedur yang akan digunakan untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran tertentu

     

Berbagai jenis strategi pembelajaran antara lain

A. Strategi pembelajaran berdasarkan proses pengolahan pesan

Dilihat dari aspek proses pengolahan pesan, strategi pembelajaran dan dikelompokkan dalam dua jenis, yaitu strategi pembelajaran deduktif dan strategi pembelajaran induktif

B. Stretegi pembelajaran berdasarkan pihak pengolah pesan
       Berdasarkan pihak pengolah pesan strategi pembelajaran dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu strategi pembelajaran ekspositori dan pembelajaran heuristik.

C. Strategi pembelajaran berdasarkan pengaturan guru
       Dilihat dari sisi pengaturan guru dikenal dua jenis strategi pembelajaran, yaitu strategi pembelajaran seorang guru dan beregu (team teaching)

D. Strategi pembelajaran berdasarkan jumlah siswa
       Dengan memperhatikan jumlah siswa, dikenal tiga strategi pembelajaran yaitu strategi pembelajaran klasikal, kelompok kecil, dan individu.

E. Strategi pembelajaran berdasarkan interaksi guru dan siswa
       Atas dasar pertimbangan interaksi guru dengan siswa ada dua strategi pembelajaran tatap muka dan strategi pembelajaran melalui media

4. Teknik Pembelajaran

         Penulis berpendapat bahwa tehnik pembelajaran ialah cara khusus dalam melakukan proses pelaksanaan pembelajaran guna mencapai tujuan belajar.


5. Model Pembelajaran

      Model pembelajaran menurut penulis adalah teknik atau cara yang digunakan seorang guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan ragam khas tertentu guna mencapai tujuan pembelajaran.

Beberapa Model model belajar antara lain :

1. Belajar kolaboratif ( COLLABORATIVE LEARNING)

       
2. Belajar kuantum (Quantum Learning)

       

3. Belajar Kooperatif (Cooperative Learning)
     

4. Belajar tematik
       
       
 
Kesimpulan
           dapat disimpulkan antara pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran tidak dapat dipisahkan, walaupun secara konseptual dapat dibedakan. Suatu pembelajaran menuntut pemanfaatan berbgai metode dan teknik, baik pada tahap perancangan maupun penyesuaian-penyesuaian yang dilakukan pada saat pembelajaran sedang berangsung.



Belum ada Komentar untuk "Pengertian Pendekatan, Metode, Model, Teknik, dan Strategi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel