Rangkuman Materi Tema 3 Kelas 5 PPKN

rangkuman materi tema 3 kelas 5

RANGKUMAN MATERI PPKN KELAS 5 TEMA 3.  Resume ini mencakup seluruh materi muatan pelajaran PKN yang ada pada buku siswa kelas 5 tema 3 Makanan Sehat

Manfaat adanya Rangkuman Materi muatan pelajaran PKN kelas 5 tema 3 kurikulum 2013 Hasil Revisi terbaru ini dapat dijadikan sumber belajar bagi peserta didik dalam belajar sehari-hari, Maupun sebagai referensi dalam menghadapi Ujian Tengah Semester maupun Penilaian Akhir Semester

Manfaat lainnya dari Rangkuman Materi muatan pelajaran PKN kelas 5 Tema 3  ini adalah sebagai referensi untuk pembuatan kisi-kisi soal, pembuatan soal ujian tengah semester ataupun Penilaian Akhir Semester

Indonesia memang dikenal memiliki tingkat keragaman budaya, adat istiadat, dan agama yang tinggi. Salah satu nya adalah tentang adat  istiadat Tana Toraja, yakni Rambu  Solo di bawah ini.

Pesona Tana Toraja

Sebagai salah satu tempat yang terindah di Indonesia, Tana Toraja di Sulawesi Selatan, yang menyimpan begitu banyak pesona alam dan adat istiadat yang unik dan sangat menarik untuk dinikmati. Berkat kekayaan budayanya yang luar biasa, Tana Toraja bahkan dimasukkan ke dalam daftar sementara warisan dunia oleh UNESCO di tahun 2004. Adalah sebuah upacara kematian yang
dinamakan Rambu Solo, yang merupakan upacara mengantarkan sanak keluarga yang telah meninggal dunia ke alam baka. Upacara ini biasanya dilangsungkan secara meriah selama berhari-hari serta melibatkan seluruh penduduk desa.

Keberagaman yang ada di Indonesia menjadi sarana perekat bagi bangsa Indonesia. Layaknya pelangi yang beraneka warna, seharusnya kita melihat perbedaan. 

Pertunjukan Sisingaan merupakan sebuah pertunjukan yang membutuhkan kerja sama, kekompakan, kerja keras, ketertiban, dan ketekunan. Semua orang dari segala lapisan masyarakat yang beraneka ragam dapat ikut dalam iring iringan tersebut. Iring-iringan dilakukan sambil mengitari kampung hingga akhirnya iringan kembali ke tempat semula. Tanpa adanya kerukunan, tentunya kerja sama yang baik tidak akan dapat terwujud. 

Bangsa Indonesia memiliki sebuah semboyan yang luar biasa, yakni Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan. Bahwasanya, sekalipun di Indonesia terdapat begitu banyak suku, agama, ras, adat istiadat, bahasa, dan lain-lain, semuanya bersatu sebagai saudara sebangsa dan setanah air. Perbedaan dan keanekaragaman yang ada justru menjadi sebuah kekuatan yang pada akhirnya memperkaya sifat budaya bangsa Indonesia dan lebih memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Dengan keberagaman, manusia dapat saling bekerja sama dan bahu membahu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik secara ekonomi, sosial, maupun budaya. Beragam profesi pun berkembang dan mendukung pemenuhan kebutuhan hidup. Bahasa Indonesia  yang dipergunakan juga merupakan satu contoh hal yang menjembatani perbedaan sosial budaya yang terdapat dalam masyarakat Indonesia.

Tak ada yang  melebihi kekuatan rakyat saat bersatu. Persatuan dapat terwujud dalam suasana rukun dan damai.


Terima Kasih telah mengunjungi Blog kami semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Apabila ada saran dan komentar silahkan tulis pada kolom yang tersedia.(BnV) 

Belum ada Komentar untuk "Rangkuman Materi Tema 3 Kelas 5 PPKN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel