Rangkuman Materi Tema 3 Kelas 5 Muatan IPS

materi tema 3 kelas 5 muatan ips

RANGKUMAN MATERI IPS KELAS 5 TEMA 3.  Resume ini mencakup seluruh materi muatan pelajaran IPS yang ada pada buku siswa kelas 5 tema 3 Makanan Sehat

Manfaat adanya Rangkuman Materi muatan pelajaran IPS kelas 5 tema 3 kurikulum 2013 Hasil Revisi terbaru ini dapat dijadikan sumber belajar bagi peserta didik dalam belajar sehari-hari, Maupun sebagai referensi dalam menghadapi Ujian Tengah Semester maupun Penilaian Akhir Semester

Manfaat lainnya dari Rangkuman Materi muatan pelajaran IPA kelas 5 Tema 3  ini adalah sebagai referensi untuk pembuatan kisi-kisi soal, pembuatan soal ujian tengah semester ataupun Penilaian Akhir Semester

Rangkuman Materi Tema 3 kelas 5  Muatan IPS

Interaksi sosial adalah  hubungan-hubungan   sosial yang   menyangkut hubungan antarindividu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial amat  dibutuhkan  untuk kehidupan  bersama sebab individu tidak dapat hidup tanpa individu lainnya.

Interaksi dengan lingkungan hidup merupakan interaksi antara manusia dengan lingkungan yang  terbentuk secara alami. Gunung, sungai, rawa, merupakan contoh-contoh lingkungan alam.

Keberagaman yang tinggi dapat  kita temukan di lingkungan  pasar tempat  para petani menjual hasil pangannya. Ini dikarenakan pasar merupakan tempat   bertemunya pedagang dan pembeli untuk melakukan kegiatan jual  beli.  Para penjual dan pembeli yang  bertemu di pasar bisa berasal dari  berbagai suku,  agama, dan tingkat sosial ekonomi. Oleh  karenanya, diperlukan rasa toleransi dan tenggang rasa yang  tinggi agar kerukunan tetap terjaga.

Semua aktivitas yang menggabungkan aspek sosial dan ekonomi yang dimaksudkan untuk meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan sosial disebut pembangunan  sosial. Kesejahteraan  sosial tidak  hanya  berkenaan  dengan terpenuhinya kebutuhan material, tetapi juga spiritual. Dengan demikian memungkinkan semua warga negara untuk mengembangkan dirinya.

Organisasi   P3A    merupakan   sebuah   contoh   pembangunan    sosial budaya. Disebut sosial karena tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakatnya.  Disebut  budaya  karena  di   dalamnya  terdapat  ide   atau gagasan yang  bisa jadi  merupakan warisan dari  generasi sebelumnya. Inilah yang  mendasari pembangunan sosial budaya yang  memang dirancang untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di dalamnya.

Terima Kasih telah mengunjungi Blog kami semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Apabila ada saran dan komentar silahkan tulis pada kolom yang tersedia.

2 Komentar untuk " Rangkuman Materi Tema 3 Kelas 5 Muatan IPS"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel