Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban PAI Kelas 7 Halaman 206 Aktivitas 9.6

Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam Kelas 7 Halaman 206 Bab 9

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam Kelas VII  Halaman 206 Bab VIII merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku Pendidikan Agama Islam Kelas 7 SMP/MTs Bab 9 Mawas Diri Dan Introspeksi Dalam Menjalani Kehidupan semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban PAI Kelas 7 Halaman 206 Aktivitas 9.6 Kurikulum Merdeka



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban PAI Kelas 7 Halaman 206 Aktivitas 9.6 Kurikulum Merdeka

Aktivitas 9.6

Untuk mengasah kemampuan kalian tentang zakat, cari definisi dan pembagian zakat menurut para ulama! Kalian dapat mencarinya pada buku atau sumber lain. Jawaban ditulis pada buku tugas.

Jawaban:

A. Pengertian zakat

Ditinjau dari segi Bahasa,kata zakat merupakan kata dasar dari “zaka” yang berarti berkah,tumbuh,bersih,dan baik. Sesuatu itu zaka berarti tumbuh dan berkembang,dan seorang itu zaka,berarti orang itu baik. Zakat dari istilah fikih berarti:sejumlah harta tertentu yang diwajibkan allah untuk diserahkan kepada orang-orang yang berhak. Adapun menururt sabiq(2006),zakat merupakan nama dari sesuatu hak milik allah yang dikeluarkan kepada fakir miskin. Dinamakan zakat dikarenakan mengandung harapan untuk mendapatkan berkah,membersihkan,dan memumpuk jiwa dengan berbagai kebaikan. Zakat merupakan salah satu dari lima rukun islam dan disebutkan secara beriringan dengan kata shalat pada 82 ayat didalam al-quran. Allah telah menetapkan hukkum wajib atas zakat sebagaimana dijelaskan didalam al-quran ,sunah rasul,dan ijma ulama kaum muslimin. Hukum menunaikan zakat ialah wajib bagi setiap muslim yang telah memenuhi kriteria.

B. Dasar Dalil Zakat

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ

“dirikanlah Shalat dan Tunaikanlah Zakat” (AnNisa : 77)

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ


”Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka.” (At Taubah : 108)

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَآتَوُا الزَّكَاةَ لَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Al-Baqarah : 277)

C. Hukum Zakat

Hukum Zakat : salah satu dari 5 rukun Islam. Perintah zakat dimulai sejak tahun kedua Hijriah.

Rasulullah SAW bersabda :

اَلإِسْلاَمُ أَنْ تَشْهَدَ أَنْ لاَإِ لَهَ إِلاَّ اللهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ, وَتُقِيْمُ الصَّلاَةَ, وَتُؤْتِيَ الزَّكَاةَ, وَتَصُوْمَ رَمَضَانَ, وَتَحُجَّ الْبَيْتَ إِنِ اسْتَطَعْتَ إِلَيْهِ سَبِيْلاً

”Islam adalah, engkau bersaksi tidak ada yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah, dan sesungguhnya Muhammad adalah Rasul Allah; menegakkan shalat; menunaikan zakat; berpuasa di bulan Ramadhan, dan engkau menunaikan haji ke Baitullah, jika engkau telah mampu melakukannya,”

D. Syarat menunaikan Zakat

1. Islam

2. Berakal dan Baligh

3. Dimiliki secara sempurna

4. Mencapai nisab

E. Jenis Zakat

Secara umum, zakat dibagi menjadi dua jenis yaitu :

1. Zakat Fitrah

Zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan.

2. Zakat Mal

zakat yang dikenakan atas segala jenis harta, yang secara zat maupunsubstansi perolehannya, tidak bertentangan dengan ketentuan agama.

Turunan jenis zakat mal :

a. Zakat emas, perak, dan logam mulia lainnya

zakat yang dikenakan atas emas, perak, dan logam lainnya yang telah mencapai nisab dan haul.

b. Zakat atas uang dan surat berharga lainnya

zakat yang dikenakan atas uang, harta yang disetarakan dengan uang, dan surat berharga lainnya yang telah mencapai nisab dan haul.

c. Zakat perniagaan

zakat yang dikenakan atas usaha perniagaan yang telah mencapai nisab dan haul.

d.Zakat pertanian, perkebunan, dan kehutanan

zakat yang dikenakan atas hasil pertanian, perkebunan dan hasil hutan pada saat panen.

e. Zakat peternakan dan perikanan

zakat yang dikenakan atas binatang ternak dan hasil perikanan yang telah mencapai nisab dan haul.

f. Zakat pertambangan

zakat yang dikenakan atas hasil usaha pertambangan yang telah mencapai nisab dan haul.

g. Zakat perindustrian

zakat atas usaha yang bergerak dalam bidang produksi barang dan jasa.

h. Zakat pendapatan dan jasa

zakat yang dikeluarkan dari penghasilan yang diperoleh dari hasil profesi pada saat menerima pembayaran, zakat ini dikenal juga sebagai zakat profesi atau zakat penghasilan.

i. Zakat rikaz

zakat yang dikenakan atas harta temuan, dimana kadar zakatnya adalah 20%.

F. Syarat Zakat
Zakat Maal

1. Harta yang dikenai zakat harus memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

2. Syarat harta yang dikenakan zakat mal sebagai berikut :

3. milik penuh

4. halal

5. cukup nisab

6. haul

7. Hanya saja, syarat haul tidak berlaku untuk zakat pertanian, perkebunan dan kehutanan, perikanan, pendapatan dan jasa, serta zakat rikaz.

Zakat Fitrah

1. beragama Islam

2. hidup pada saat bulan ramadhan

3. memiliki kelebihan kebutuhan pokok untuk malam dan hari raya idul fitri


Demikian Pembaca Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam Kelas 7 Halaman 206 Bab 9 buku siswa Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum Merdeka Belajar.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.


Posting Komentar untuk "Kunci jawaban PAI Kelas 7 Halaman 206 Aktivitas 9.6"