Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPS Kelas 7 halaman 161

Kunci jawaban IPS SMP Kelas 7 halaman 161 Tema 03

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban IPS SMP kelas VII halaman 161 Tema 03  merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku IPS Kelas 7 SMP/MTs Tema 03  Potensi Ekonomi Lingkungan semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban IPS Kelas 7 Halaman 161 Kurikulum Merdeka



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian, soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban IPS Kelas 7 Halaman 161 Kurikulum Merdeka

Lembar Aktivitas 12 Aktivitas Individu

• Benteng Fort Rotterdam merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo dan berada di dekat pantai. Menurut kalian, mengapa benteng Fort Rotterdam didirikan di dekat pantai?

Jawaban : 

Sejarah Benteng Fort Rotterdam

Benteng Fort Rotterdam adalah bangunan bersejarah peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo yang terletak di pinggir pantai sebelah barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Benteng Fort Rotterdam dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa yang ke-10. Namun, pada abad ke-17, Kerajaan Gowa-Tallo menyerah kepada Belanda dan menandatangani Perjanjian Bongaya, sehingga Benteng Fort Rotterdam jatuh ke tangan Belanda dan oleh VOC benteng Fort Rotterdam dibangun kembali seperti bangunan yang dapat dilihat saat ini.

Penamaan Fort Rotterdam berdasarkan kota kelahiran pimpinan VOC yang berhasil menaklukkan Gowa-Tallo yaitu Cornelis J. Speelman. Sejak saat itu, Benteng Fort Rotterdam menjadi pusat kolonial Belanda di Sulawesi.

Mengapa benteng Fort Rotterdam didirikan di dekat pantai? 

Benteng Fort Rotterdam didirikan di dekat pantai karena untuk mengawasi kedatangan musuh dari pantai terutama untuk menangkal invasi Belanda ke Gowa-Tallo melalui jalur laut.

Belanda juga melakukan invansi ke Kerajaan Gowa Tallo melalui jalur laut sehingga perlu ditangkal dengan benteng di dekat pantai.

Selain Benteng Fort Rotterdam, ada juga 14 benteng lainnya yang membentang dari utara hingga selatan dengan benteng utamanya yakni Benteng Somba Opu.

Meski begitu, kini hanya Benteng Fort Rotterdam yang kondisinya relatif utuh karena benteng-benteng lainnya telah dihancurkan oleh Belanda.

Demikian Pembaca Kunci Jawaban IPS SMP Kelas 7 halaman 161 Tema 03  buku siswa kelas VII SMP/MTs kurikulum Merdeka. 

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban IPS Kelas 7 halaman 161"