Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban PPKN SMP Kelas 8 Halaman 135-136

Kunci jawaban PPKN SMP Kelas 8 Halaman 135-136 Uji Kompetensi Bab 6

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban PPKN SMP Kelas VII  Halaman 135-136 Bab VI merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku PPKN Kelas 8 SMP/MTs Bab 6 Literasi digital dalam kebhinekaan bangsa  semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban PPKN Kelas 8 Halaman 135-136 Kurikulum Merdeka



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban PPKN Kelas 8 Halaman 135-136 Kurikulum Merdeka

Uji Kompetensi


Cermatilah peristiwa-peristiwa di bawah ini. Lalu, tuliskan pendapatmu untuk menjawab persoalan yang diajukan.

1. Ita memperoleh sebuah informasi dan membagikannya ke whatsapp group. Nina merasa informasi yang dibagikan Ita meragukan. Kemudian, Nina melakukan telusur informasi untuk mengkroscek kebenaran informasi tersebut. Nina menyimpulkan bahwa informasi yang dibagikan Ita tidak valid. Namun, Ita bersikeras bahwa informasi yang dibagikannya valid. Ita menunjukkan sumber internet informasi tersebut.

Bagaimana pendapat kalian tentang perbedaan pendapat antara Ita dan Nina dalam menilai validitas informasi? Apa solusi yang bisa kalian tawarkan, terutama untuk menentukan secara objektif validitas informasi yang dibagikan Ita?

Jawaban:

Menurut saya, tindakan di atas memanglah benar, Ita membagikan informasi yang memiliki simbernya sedangkan, Nina meragukan kebenaran informasi karena tidak menemukan sumbernya. Apabila memang benar informasi yang dibagikan Ita bersumber dari internet yang valid mungkin sudah cukup meyakinkan keraguan Nina dalam meragukan kebenaran informasinya. Alangkah baiknya, jika kita meragukan sebuah informasi yang dibagikan lebih baik bertanya pada pengirimnya. Jika dirasa sumber yang diperoleh dari internet kurang kuat maka tidak menyebarkan informasi tersebut. Mengetahui kebenaran suatu informasi guna menjauhkan kita dari informasi hoaks yang tidak jelas asal usulnya.

2. Edo mengajukan sebuah pertanyaan dalam whatsapp group yang diikutinya. Namun, hanya ada dua orang yang menanggapi. Dan itupun jawabannya kurang tepat menurut Edo. Sementara anggota yang lain tidak ada yang berkomentar.

Jawaban:

Kemungkinan besar anggota lain tidak menanggapi karena, jawabannya akan sama seperti dua anggota yang sudah menanggapi atau kurang mengetahui jawaban yang tepat. Sikap yang perlu diambil Edo terhadap dua anggota yang sudah menanggapi adalah menerimanya agar tidak menimbulkan prasangka. Bisa juga Edo melakukan chat pribadi pada anggota lain yang dirasa bisa menjawab pertanyaannya.

3. Sekolah kalian mengalami kesulitan untuk menyajikan secara real time data kehadiran siswa. Selama ini, absensi siswa dilakukan secara manual, sehingga harus direkap terlebih dahulu setiap akhir bulan.

Menurut kalian, bagaimana cara yang sebaiknya dilakukan sekolah? Inovasi digital apa yang bisa ditawarkan untuk mengatasi persoalan tesebut?

Jawaban:

Banyak inovasi digital mengenai absensi dalam hal apapun, seperti kartu absensi, aplikasi, remote sidik jari, dll. Alangkah baiknya, jika sekolah membuatkan aplikasi atau kartu absensi untuk siswa agar mudah dalam rekao akhir bulan. Inovasi absensi ini juga membuat para siswa lebih mudah dalam melakukan absensi.

Demikian Pembaca Kunci jawaban PPKN SMP Kelas 8 Halaman 135-136 Bab 6 buku siswa Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum Merdeka Belajar.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban PPKN SMP Kelas 8 Halaman 135-136"