Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 150 Tugas mandiri 6.1

Kunci jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 150 Tugas mandiri 6.1

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban PPKN SMP kelas IX Halaman 150 Tugas mandiri 6.1 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku PPKN kelas 9 SMP/MTs Bab 6 Bela Negara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 150 Tugas mandiri 6.1



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas IX SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tuhas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 150 Tugas mandiri 6.1

Tugas Mandiri 6.1

Setelah kalian membaca uraian materi pada bagian ii, coba kalian deskripsikan perjuangan bangsa Indonesia sejak zaman penjajahan sampai sekarang. Kemudian, tulislah dalam tabel seperti dibawah ini. Apabila sudah selesai, komunikasikanlah dan mintalah bimbingan dari guru kalian.

Jawaban:

1. Masa penjajahan Belanda:

Deskripsi: Indonesia dijajah Belanda selama 3,5 Abad atau lebih tepatnya 350 tahun. tujuan utamanya tidak lain, hanya untuk menguasai kekayaan alam Indonesia khususnya rempah-rempah. Semua itu bermula ketika kapal Belanda berlabuh di Banten, dibawah kepemimpinan Cornelis de Houtman, pada tahun 1596.

Maksud kedatangan kapal tersebut adalah untuk mendapatkan rempah-rempah dengan harga murah, namun seiring waktu mereka berbuat semena-mena dan menindas masyarakat Indonesia.

2. Masa penjajahan Jepang:

Deskripsi: Dalam sejarah, Bangsa Indonesia dijajah Jepang selama 3,5, namun penjajahan kali ini lebih mengerikan, kejam dan tidak berperikemanuasiaan daripada penjajahan yang telah dilakukan oleh Belanda.

Sama dengan Belanda, tujuan kedatangan Jepang adalah untuk menguasai wilayah Indonesia, bermula dengan mengusung semangat 3A dan mengaku sebagai saudara tua Indonesia.

Pada masa penjajahan Jepang, perjuangan Indonesia dilakukan secara nasional, banyak tokoh intelektual dan organisasi pergerakan yang bermunculan, hingga persatuan setelah sumpah pemuda.

3. Masa meraih kemerdekaan:

Deskripsi: Setelah mengalami penjajahan 3,5 tahun oleh Jepang, Bangsa Indonesia mendapatkan sebuah kesempatan dimana terjadi kekosongan kepemimpinan akibat Jepang kalah dalam Perang Dunia II.

Bahkan dalam kesempatan kali ini Jepang sendiri yang menyiapkan kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia.

4. Masa mempertahankan kemerdekaan:

Deskripsi: Walaupun sudah merdeka pada masa itu, namun masih banyak serangan susulan untuk bangsa Indonesia.

Banyak pertempuran yang terjadi, bahkan dalam waktu yang sama bangsa Indonesia harus mempertahankan diri dari Agresi Militer 1 dan 2.

5. Masa mengisi kemerdekaan:

Deskripsi: Walaupun sudah merdeka, perjuangan bangsa Indonesia masih tetap berlanjut pada masa kini, bangsa Indonesia harus mewujudkan cita-cita dan tujuan bersama yang telah tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 sebagai pedoman hidup dan tujuan akhir bangsa Indonesia.


Demikian Pembaca kunci Jawaban PPKN SMP kelas 9 Halaman 150 Tugas mandiri 6.1 buku siswa kelas 9 SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 150 Tugas mandiri 6.1"