Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban PPKN Kelas 8 Halaman 96

Kunci jawaban PPKN SMP Kelas 8 Halaman 96 Uji Kompetensi Bab 4

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban PPKN SMP Kelas VII  Halaman 96 Bab IV  merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku PPKN Kelas 8 SMP/MTs Bab 4 Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban PPKN SMP Kelas 8 Halaman 96 Uji Kompetensi Bab 4



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban PPKN Kelas 8 Halaman 96 Uji Kompetensi 4 Kurikulum Merdeka

Uji Komptensi Bab 4


1. Pada sebuah sekolah terdapat organisasi siswa OSIS, MPK, PMR, dan Pramuka. Suatu hari, organisasi-organisasi sekolah mengadakanrapat kerja bersama. Setiap organisasi menyampaikan program kerjanya masing-masing. Ternyata didapati tumpang tindih program kerja antara organisasi-organisasi tersebut. Namun,setiap organisasi bersikukuh tidak mau mengurangi, apalagi menghilangkan program kerjanya. Rapat kerja pun deadlock(terkunci). Bila kalian dimintai pendapat, bagaimana pendapat kalian sebagai solusi dan titik temu dari persoalan di atas?

Jawaban : Apabila saya berada dalam posisi tersebut, langkah untuk mendapatkan solusi atas permasalahan tersebut adalah membuat daftar permasalahan mana yang dapat diurutkan berdasarkan urgensi, setelah itu dapat diketahui skala prioritas mana yang lebih tinggi dari program. Dengan begitu program mana yang telebih dahulu dapat dilaksanakan.

2. Ketua RW mengadakan program pengaspalan jalan warga atas bantuan pencairan dana desa. Pengaspalan meliputi lima RT. Semua warga perwakilan RT datang bergotong-royong dan bekerja sama membersihkan jalanan yang akan diaspal. Hanya, ada satu RT yang tidak ada perwakilan warganya. Usai pengaspalan selesai, ketua RT yang tidak mengirimkan perwakilan warganya tersebut, menyampaikan protes karena pengaspalan di wilayah RT-nya kurang rapi, tidak seperti RT-RT lainnya. Jika kalian menjadi Ketua RW, bagaimana cara kalian menyelesaikan persoalan di atas?

Jawaban

Jika saya sebagai ketua RW, maka protes yang disampaikan pihak RT yang tidak ikut bergotong royong akan dihadapi dengan tenang dan kekeluargaan. Karena kualitas kerja masyarakat gotong royong bukanlah sepenuhnya ada di bawah kuasa ketua RT. Sehingga menyarankan di kemudian hari jika tidak ingin ada kejadian sama, maka mau tidak mau ketua RT tersebut harus mendelegasikan warganya, sehingga dapat memantau secara langsung.

3. Indonesia adalah negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia di bawah Kanada. Panjangnya mencapai 99.093 kilometer. Namun, faktanya Indonesia masih menjadi negara pengimpor garam. Menurut analisis kalian, apa faktor yang menyebabkan Indonesia masih menjadi negara pengimpor garam? Sebagai generasi muda, apa pemikiran yang kalian tawarkan untuk mengatasi gap antara produksi dan kebutuhan konsumsi garam?

Jawaban :

Banyak petani garam yang merasa bahwa harga yang ditawarkan tangkulak lokal tidaklah sepadan dengan kerja-kerja yang mereka lakukan, sehingga banyak persediaan garam dengan kualitas tinggi diekspor ke luar negeri dengan harga yang tinggi pula. Sehingga persediaan garam lokal berkurang dan harus mengimpor garam lebih banyak dari luar negeri.

Demikian Pembaca Kunci jawaban PPKN SMP Kelas 8 Halaman 96 Bab 4 buku siswa Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum Merdeka Belajar.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban PPKN Kelas 8 Halaman 96"