Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 162

Kunci jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas 5 Halaman 162 Bab 6

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial SD Kelas V Halaman 162 Bab VI  merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas 5 SD/MI Bab 6 Indonesiaku kaya raya Semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 162 Kurikulum Merdeka



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas V SD/MI dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 162 Kurikulum Merdeka

Pertanyaan Esensial

1. Apa fungsi peta?

Jawaban : Peta berfungsi memberikan informasi kepada pembacanya mengenai letak relatif suatu daerah terhadap daerah lainnya di permukaan bumi. Letak dapat dibedakan seperti letak astronomis, letak geografis, dan letak administrasi.

2. Bagaimana letak dan kondisi geografis wilayah Indonesia?

Jawaban : Secara geografis, Indonesia terletak di antara 2 samudera besar dunia, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, di antara 2 benua besar yaitu Benua Asia dan Benua Australia, dan pada pertemuan dua rangkaian pegunungannya, yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania.

3. Apa sajakah pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kehidupan social masyarakat?

Jawaban : Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudra. Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia, dan di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Dengan letak geografis ini, Indonesia mendapatkan keuntungan, yaitu mudahnya teknologi dan kemajuan yang masuk ke Indonesia.

Beberapa pengaruh letak geografis Indonesia, yaitu :
1. Terjadinya kerja sama antarnegara.
2. Meningkatkan jalinan komunikasi dan interaksi dengan negara lain.
3. Terjadinya akulturasi budaya.
4. Terjadinya perubahan budaya.

Maka pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kehidupan sosial masyarakat adalah terjadinya akulturasi dan perubahan budaya.

4. Mengapa Indonesia disebut negara kepulauan?

Jawaban : Karena wilayah negara Indonesia terdiri banyak Pulau-pulau.

5. Mengapa Indonesia disebut negara maritim dan agraris ?

Jawaban : Indonesia dikatakan negara maritim karena sebagian besar wilayahnya perairan atau kawasan laut yang luas.

Indonesia disebut negara agraris karena sebagian besar penduduknya bermata pencaharian bercocok tanam/petani.

Demikian Pembaca Kunci jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial SD Kelas 5 Halaman 162 Bab 6 buku siswa Kelas 5 SD/MI Kurikulum Merdeka Belajar.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 162 "