Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 160

Kunci jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas 5 Halaman 160 Bab 5

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial SD Kelas V Halaman 160 Bab V  merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas 5 SD/MI Bab 5 Bergerak bersama Semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 160 Kurikulum Merdeka



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas V SD/MI dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 160 Kurikulum Merdeka

Uji Pemahaman

Jawablah pertanyaan berikut ini untuk menguji pemahamanmu tentang hal-hal yang dipelajari pada bab ini.

1. Seorang penyelam profesional berkebangsaan Perancis bernama Stephane Mifsud mampu menahan napas selama 11 menit 35 detik dan berhasil memecahkan rekor menahan napas terlama. Menurut kalian apa yang akan terjadi apabila ia terus menahan napas hingga lebih dari 11 menit 35 detik?

Jawaban : Ketika seseorang menahan napas, kadar oksigen di dalam paru-paru akan terus-menerus berkurang. Pada saat yang bersamaan, jumlah karbon dioksida di dalam paru-paru akan bertambah. Seiring bertambahnya kadar karbon dioksida di dalam darah, secara refleks otak akan mengirimkan instruksi untuk menghirup napas. Namun sayangnya, kita tidak dapat bernapas karena sedang berada di dalam air. Jika hal ini dipaksakan maka kita akan mengalami kejang, pingsan, dan bahkan mengalami kematian karena tenggelam.


2. Pada tanggal 14 September 2019 lalu, beberapa wilayah hutan di Indonesia mengalami kebakaran hutan dan menyebabkan polusi udara serius. Asap yang dihasilkan dari kebakaran hutan di wilayah Riau membuat beberapa wilayah di Singapura terkena dampaknya. Ratusan orang di Singapura harus menjalani perawatan di rumah sakit akibat terlalu banyak menghirup gas yang beracun. Menurut kalian kira-kira penyakit apa yang mungkin terjadi apabila seseorang terlalu banyak menghirup asap hasil kebakaran hutan?

Jawaban : Pada saat menghirup asap, asap yang kita hirup mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Ketika kita terlalu banyak menghirup asap, kita dapat mengalami gangguan pernapasan, seperti batuk-batuk, sesak napas dan ISPA (infeksi Saluran Pernapasan Akut).

3. Kita makan dan minum untuk memenuhi kebutuhan energi sehingga kita dapat melakukan berbagai macam aktivitas. Menurut kalian apa yang akan terjadi apabila usus mengalami infeksi dan tidak dapat menyerap makanan dengan baik?

Jawaban : Infeksi usus – yang dikenal dengan istilah enterokolitis atau koloenteritis dalam dunia medis – adalah peradangan yang terjadi pada usus, baik usus kecil maupun usus besar. Apabila usus tidak dapat menyerap makanan dengan baik maka tubuh kita tidak dapat mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

4. Setiap manusia tentu akan melewati masa pubertas atau masa transisi dari anak-anak menuju dewasa. Setiap orang memiliki masa pubertas yang berbeda-beda, ada yang mengalaminya lebih awal namun ada juga yang mengalaminya lebih akhir. Jika kalian termasuk yang terlambat mengalami pubertas, apa yang akan kalian lakukan?

Jawaban : Masa pubertas merupakan fase yang penting bagi setiap anak, karena saat itulah ia memasuki masa peralihan menuju dewasa. Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting dalam memastikan anak tidak mengalami keterlambatan pubertas. Sehingga bila suatu saat anak tak kunjung mengalami pubertas, ia bisa mendapatkan penanganan yang tepat, agar proses tumbuh kembangnya dapat berjalan sebagaimana mestinya. Jadi Langkah yang akan dilakukan adalah bertanya kepada orang tua.

Demikian Pembaca Kunci jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial SD Kelas 5 Halaman 160 Bab 5 buku siswa Kelas 5 SD/MI Kurikulum Merdeka Belajar.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 160 "