Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPS Kelas 7 halaman 70

Kunci jawaban IPS SMP Kelas 7 halaman 70 Tema 02

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban IPS SMP kelas VII halaman 70 Tema 02  merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku IPS Kelas 7 SMP/MTs Tema 02 Keberagaman lingkungan sekitar semester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban IPS Kelas 7 Halaman 70 Kurikulum Merdeka



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian, soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban IPS Kelas 7 Halaman 70 Kurikulum Merdeka

Jawab pertanyaan-pertanyaan berikut dengan teman-teman kelompok kalian!

1. Apa yang dimaksud dengan praaksara?

Jawaban : Secara bahasa, pra berarti belum dan aksara berarti huruf. Secara istilah, zaman praaksara adalah zaman dimana manusia tidak atau belum mengenal tulisan. Zaman praaksara juga disebut dengan zaman prasejarah dimana komunikasi dilakukan dengan bahasa isyarat. Praaksara disebut juga nirleka, nir berarti tanpa dan leka berarti tulisan.

2. Bagaimana proses pembentukan bumi?

Jawaban : Proses pembentukan muka bumi disebut juga dengan proses geologis. Proses ini terdiri dari dua macam, yaitu proses dari dalam (endogen) dan proses dari luar (eksogen). Kedua proses inilah yang membetukan muka bumi tidak rata, berikut penjelasan dari kedua proses tersebut:

1. Proses Endogen
Proses pembentukan muka bumi dari dalam disebut juga dengan proses endogen. Proses ini disebabkan adanya energi panas dari mantel dan kerak bumi. Energi panas yang timbul berasal dari disintegrasi unsur radioaktif mantel bumi.

Hal tersebut berakibat pada munculnya fenomena-fenomena alam seperti, gempa bumi, berkembangnya benua, munculnya palung samudera dan pegunungan, aktivitas vulkanik, pembentukan bantuan dan lainnya.

2. Proses Eksogen
Selain proses dari dalam atau proses endogen, pembentukan muka bumi juga dipengaruhi oleh proses eksogen. Proses dari luar atau eksogen ini merupakan tenaga pembentuk muka bumi yang bersifat merombak, memperbaiki, dan membangun. Adapun proses pembentukan terjadi di lapisan listosfer.

Pada lapisan litosfer akan terjadi penggerusan atau perombakan oleh tenaga eksogen, seperti pelapukan, pengikisan, dan sedimentasi. Awal mulanya sebuah gumpalan tanah akan dihancurkan dengan pelapukan. Kemudian dikikis dan diangkut oleh air, gletser atau lainnya. Setelah itu akan terjadi pengendapan atau sedimentasi, sehingga menjadi hamparan batuan dari kasar hingga halus.

3. Bagaimana makhluk hidup dapat muncul pada masa awal pembentukan bumi?

Jawaban : Awal mula munculnya makhluk hidup di bumi pada awal masa pembentukan bumi adalah dibawa oleh komet dan meteorit yang menabrak bumi saat awal pembentukan bumi.

4. Bagaimana cara makhluk hidup untuk tetap lestari hidup di permukaan bumi? 

Jawaban : Mereka berkembang biak untuk mendapatkan keturunan yang baru agar spesies mereka tetap lestari di bumi. Beradaptasi dengan lingkungan serta beradaptasi dengan lingkungan permukaan bumi. 

5. Bagaimana hikmah yang kalian dapatkan dari proses pembentukan bumi dengan isu pemanasan global dan kerusakan bumi?

Jawaban : Pemanasan global akan meningkatkan suhu di permukaan bumi. Suhu bumi yang meningkat dapat menyebabkan berbagai dampak buruk bagi lingkungan dan ekosistem lainnya karena adanya perubahan iklim dunia.

Salah satu contoh dampak yang ditimbulkan dari pemanasan global adalah mencairnya glasier dan es di kutub. Hal ini akan mengakibatkan naiknya permukaan air laut dan membuat sebagian daerah terendam air laut.

Contoh dampak buruk lainnya dari pemanasan global adalah seperti curah hujan yang tinggi, kegagalan panen, hilangnya terumbu karang, kepunahan berbagai spesies, hingga penipisan lapisan ozon pada atmosfer bumi.

Hikmah yang didapatkan adalah sebagai makhluk hidup kita harus menjaga bumi karena jika pemanasan global dan kerusakan bumi terus terjadi maka yang rugi adalah diri kita sendiri.

Demikian Pembaca Kunci Jawaban IPS SMP Kelas 7 halaman 70 Tema 02  buku siswa kelas VII SMP/MTs kurikulum Merdeka. 

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

 

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban IPS Kelas 7 halaman 70"