Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPA Kelas 7 halaman 67

Kunci jawaban IPA SMP Kelas 7 halaman 67 Bab 2

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban IPA SMP kelas VII halaman 67  Bab II merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku IPA Kelas 7 SMP/MTs Bab 2 Zat dan perubahannya semester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbagai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban IPA Kelas 7 Halaman 67 Kurikulum Merdeka



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian, soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban IPA Kelas 7 Halaman 67 Kurikulum Merdeka

Mari Uji Kemampuan Kalian

1. Ketika kalian makan, perubahan apa saja yang terjadi pada makanan tersebut? perubahan apa yang terjadi pada tubuh kalian? Identifikasi semua perubahan selama proses makan sebagai perubahan fisika atau kimia dan berikan alasannya.

Jawaban:

Perubahan yang terjadi selama proses makan adalah perubahan fisika dan kimia. Selama menggigit makanan, akan terjadi perubahan pada ukuran makanan, sehingga termasuk perubahan fisika.

Ketika mengunyah ada pencampuran makanan dengan ludah yang merupakan perubahan kimia.

Perubahan kimia juga terjadi saat makanan dicerna dalam tubuh karena ukuran makanan yang mengecil, dan reaksi antara makanan dengan cairan kimia yang ada dalam tubuh.

2. Dengan menggunakan peta konsep atau jaring laba-laba (spider-web), buatkan ringkasan subbab B dan C mengenai perubahan zat.


Upayakanlah peta konsep kalian menarik agar dapat terus kalian gunakan saat mempelajari kembali topik ini.

Setelah itu, dengan menggunakan peta konsep atau jaring laba-laba yang telah kalian buat, jelaskanlah mengenai perubahan zat kepada teman, saudara atau orang tua kalian.

Apabila kalian menggunakan pemahaman dan kata-kata sendiri, akan lebih mudah bagi kalian untuk menjelaskan.

Catatlah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan teman, saudara atau orang tua kalian untuk didiskusikan dengan guru kalian pada pertemuan selanjutnya.

Jawaban: (adik-adik silakan tulis dengan peta konsep)

Perubahan zat terdiri atas perubahan fisika dan perubahan kimia

Perubahan fisika: hanya berubah ukuran, namun zat tetap sama. Contohnya adalah penguapan, pengembunan, penghancuran, dan pembekuan.

Perubahan kimia: terjadi zat baru. Ciri-cirinya adalah perubahan warna, terbentuk gas, perubahan energi.


Demikian Pembaca Kunci Jawaban IPA SMP Kelas 7 halaman 67  Bab 2 buku siswa kelas VII SMP/MTs Kurikulum Merdeka.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.


Posting Komentar untuk "Kunci jawaban IPA Kelas 7 halaman 67"