Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPA Kelas 7 halaman 59

Kunci jawaban IPA SMP Kelas 7 halaman 59 Bab 2

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban IPA SMP kelas VII halaman 59  Bab II merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku IPA Kelas 7 SMP/MTs Bab 2 Zat dan perubahannya semester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbagai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban IPA Kelas 7 Halaman 59 Kurikulum Merdeka



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian, soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban IPA Kelas 7 Halaman 59 Kurikulum Merdeka

Ayo Latihan Aktivitas 2.6

Dengan menggunakan Tabel 2.2 di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Besi adalah zat padat yang keras, sulit untuk dibengkokkan. Kalian mungkin pernah melihat tukang las menyambungkan besi atau membengkokkannya.

Untuk itu ia harus mengubah besi menjadi zat cair dulu. Sampai dengan suhu berapakah besi harus dipanaskan agar dapat meleleh?

Jawaban: berdasarkan Tabel 2.2, besi harus dipanaskan sampai dengan suhu 1535 derajat C, yang merupakan titik leleh besi.

2. Apakah wujud air pada 15 derajat C, pada 85 derajat C dan pada 120 derajat C?

Jawaban: pada suhu 15 derajat C air berwujud cair.

Pada suhu 85 derajat C air masih berwujud cair.

Pada suhu 120 derajat C air akan berwujud gas atau uap.


3. Alumunium biasanya kita jumpai dalam wujud padat pada suhu ruangan. Apakah wujudnya pada suhu 400 derajat C dan pada 700 derajat C?

Jawaban: alumunium memiliki titik leleh 660 derajat C, dan titik didih 1800 derajat C.

Wujud alumunium pada suhu 400 derajat C adalah padat, karena suhunya masih di bawah titik lelehnya, yakni 660 derajat C.

Sedangkan wujud alumunium pada suhu 700 derajat C adalah cair, karena suhunya melebihi suhu titik lelehnya.

4. Di antara materi-materi di dalam Tabel 2.2, manakah yang membutuhkan suhu yang paling tinggi untuk berubah dari padatan menjadi cairan?

Jawaban: yang membutuhkan suhu paling tinggi untuk berubah dari padat ke cair adalah permata, yang memiliki titik didik 3550 derajat C dan titik didih 4827 derajat C.


5. Apabila suhu terus didinginkan, tuliskan urutan materi berikut: air, nitrogen atau oksigen, dari yang paling dahulu membeku. Mengapa demikian?

Jawaban: urutan materi yang paling dahulu membeku adalah nitrogen, oksigen, air, karena nitrogen sangat cepat membeku jika suhu tempat it uterus didinginkan.


Demikian Pembaca Kunci Jawaban IPA SMP Kelas 7 halaman 59  Bab 2 buku siswa kelas VII SMP/MTs Kurikulum Merdeka.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.


Posting Komentar untuk "Kunci jawaban IPA Kelas 7 halaman 59 "