Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPS Kelas 9 halaman 18, 21

Kunci jawaban IPS SMP Kelas 9 halaman 18, 21 BAB I

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban IPS SMP kelas IX halaman 18, 21 BAB I merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku IPS Kelas 9 SMP/MTs BAB I Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya semester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbagai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri.

Kunci jawaban IPS Kelas 9 halaman 18, 21 Bab 1 Semester 1



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas IX SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian, soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban IPS Kelas 9 Halaman 18 BAB I Semester 1

Aktivitas Individu

1. Perhatikanlah peta pembagian wilayah Benua Afrika. Tulislah negara-negara di Benua Afrika sesuai dengan regionnya masingmasing.

Jawaban :

Afrika Utara: Mesir, Libya, Tunisia, Aljazair, dan Maroko

Afrika Barat : Benin, Burkina Faso,  Mali, Mauritania, Cape Verde, Ivory Coast (Pantai Gading),  Gambia, Ghana, Guinea, Guinea-Bissau, Liberia, Niger,  Nigeria, Senegal, Sierra Leone dan Togo

Afrika Timur : Burundi, Komoro, Djibouti, Somalia, South Sudan, Tanzania, Eritrea, Ethiopia, Kenya, Madagascar, Malawi, Mauritius,  Rwanda, Seychelles dan Uganda.

Afrika Tengah : Angola, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Chad, Republik Demokratik Kongo (Kongo-Kinshasha), Guinea Khatulistiwa, Gabon, Republik Kongo (Kongo-Brazzaville), dan negara kepulauan São Tomé and Príncipe.

Afrika Selatan : Botswana,  Lesotho, Namibia, Republik Africa Selatan, Swaziland, Zambia dan Zimbabwe.

2. Benua Afrika memiliki sejumlah wilayah atau region. Setiap wilayah memiliki karakteristik budaya tersendiri. Apa yang membedakan satu wilayah dengan wilayah lainnya di Benua Afrika? Telusuri informasi tersebut dari berbagai sumber, misalnya internet.

Jawaban :

Penduduk Benua Afrika sebagian besar adalah Ras Negroid. Agama yang paling banyak di anut penduduk di Benua Afrika adalah Islam dan Kristen. Agama Kristen yang datang dari Mesir dan daerah Ethiopia banyak di anut oleh masyarakat Afrika Tengah, selain itu bahasa yang di gunakan di negara Benua Afrika rata-rata adalah bahas bekas jajahan bangsa eropa seperti bahasa Perancis, Inggris, Spanyol, Portugal, dan Italia. Sementara kegiatan ekonominya adalah sektor industri, pertambangan dan perindustrian. 

3. Perhatikanlah peta benua Afrika dan tulislah nama-nama negara dan ibukotanya seperti pada tabel berikut ini! Carilah data dan informasinya dari berbagai sumber.

Jawaban :

Negara Burundi dengan ibu kotanya Bujumbura dan luas wilayahnya 27.830 km²
Negara Komoro dengan ibu kotanya Moroni dan luas wilayahnya 2,235 km²
Negara Djibouti dengan ibu kotanya Djibouti dan luas wilayahnya 23.200 km²
Negara Angola dengan ibu kotanya Luanda dan luas wilayahnya 1.246.700 km²
Negara Kamerun dengan ibu kotanya Yaoundé dan luas wilayahnya 475.440 km²
Negara Aljazair dengan ibu kotanya Aljazair dan luas wilayahnya 2.381.741 km²
Negara Mesir dengan ibu kotanya Kairo dan luas wilayahnya 1,001,450 km²
Negara Libya dengan ibu kotanya Tripoli dan luas wilayahnya 1,759,540 km²
Negara Botswana dengan ibu kotanya Gaborone dan luas wilayahnya 581.730 km²
Negara Ghana dengan ibu kotanya Accra dan luas wilayahnya 238,533 km²

Kunci jawaban IPS Kelas 9 Halaman 18, 21 BAB I Semester 1

Aktivitas Kelompok

1. Perhatikanlah peta Benua Australia! Australia terdiri atas beberapa negara bagian, tulislah beberapa negara bagian tersebut dan kota-kota yang ada pada negara bagian tersebut.

Jawaban :

1. New South Wales dengan ibukotanya Sydney dan nama-nama kota : Armidale, Broken Hill, Cessnock, Dubbo, Gosford, Grafton, Lake Macquarie, Maitland, Newcastle, Orange dll.

2. Victoria dengan ibukotanya Melbourne dan nama-nama kota : Benalla, Ballarat, Bendigo, Geelong, Latrobe City, Mildura, Swan Hill, Wodonga, Warrnambool, Wangaratta, dan Sehpparton.

3. Queensland dengan ibukotanya Brisbane dan nama-nama kota : Bundaberg, Cairns, Gladstone, Charters Towers, Gold Coast, Gympie, Hervey Bay, Logan City dll.

4. Australia Selatan dengan ibukotanya Adelaide dan nama-nama kota : Mount Gambier, Murray Bridge, Port Pirie, Port Lincoln, Port Augusta, Victor Harbor,  dan Whyalla.

 
5. Australia Barat dengan ibukotanya Perth dan nama-nama kota : Albany, Broome, Geraldton, Bunbury, Fremantle, Kalgoorlie, Port Hedland, dan Mandurlah.

6. Tasmania dengan ibukotanya Hobart dan nama-nama kota : Burnie, Clarence, Glenorchy, Launceston dan Devonport.

Demikian Pembaca Kunci Jawaban IPS SMP Kelas 9 halaman 18, 21 BAB I buku siswa kelas IX SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban IPS Kelas 9 halaman 18, 21"