Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPA Kelas 7 halaman 199

Kunci jawaban IPA SMP Kelas 7 halaman 199 Bab VI

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban IPA SMP kelas VII halaman 199 Bab 6 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku IPA Kelas 7 SMP/MTs Bab 6 Energi dalam sistem kehidupan semester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbagai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban IPA Kelas 7 Halaman 199 Bab 6 Semester 1



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian, soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban IPA Kelas 7 Halaman 199 Bab 6 Semester 1

1. Apa yang dimaksud dengan energi?

Jawaban : Kemampuan untuk melakukan usaha (kerja) atau melakukan suatu perubahan. Perubahan disini bisa seperti perubahan posisi, gerak, suhu, wujud zat, dan perubahan pada makhluk hidup.

2. Seberapa penting energi bagi kehidupan? Jelaskan.

Jawaban : Fungsi energi adalah membantu makhluk hidup untuk beraktivitas. Manusia menggunakan energi untuk mempertahankan kelangsungan hidup, misalnya energi panas matahari, gelombang laut, angin, dan sebagainya.

Jadi, energi sangat penting dalam kehidupan karena baik makhluk hidup atau benda disekitar dapat melakukan kerja apabila memiliki energi yang cukup.

Sebagian energi bisa didapatkan dari berbagai sumber, seperti makanan, baterai, bahan bakar, dan lainnya.

3. Apa yang kamu ketahui mengenai energi biomassa? Jelaskan.

Jawaban : Energi biomassa adalah sumber energi yang berasal dari bahan biologis atau organik yang telah mati ataupun masih hidup.

Biomassa dapat berupa tumbuhan, hewan, atau residu yang dihasilkan oleh tumbuhan maupun hewan.

Proses dari energi biomassa ini, ketika hidup tumbuhan menghasilkan proses fotosintesis. Selanjutnya, tumbuhan dimakan oleh hewan, sehingga energi tersebut tersimpan dalam tubuh hewan.

Lalu, kotoran yang dikeluarkan oleh hewan dapat dijadikan energi biomassa dengan bantuan teknologi. Contoh umum yang digunakan yaitu kotoran sapi yang mengandung gas metan yang digunakan sebagai bahan bakar.

Setelah hewan mati, sisa-sisa hewan dan tumbuhan masih menyimpan energi dalam bentuk senyawa organik yang dapat dimanfaatkan kembali.

Sisa-sisa yang bisa dimanfaatkan kembali seperti sisa nabati dan hewani, yaitu jagung, tebu, kedelai, kelapa sawit, dan lainnya.

4. Carilah literatur sebanyak-banyaknya mengenai cara untuk menghemat energi.

Jawaban : Cara menghemat energi yaitu

- Menggunakan alat listrik yang hemat energi
- Mengganti alat listrik lama dengan model baru yang lebih hemat
- Menggunakan alat listrik seperlunya
- Mematikan lampu dan air jika tidak digunakan
- Mencabut semua alat steker listrik ketika tidak digunakan
- Memanfaatkan dengan maksimal pencahayaan matahari

Demikian Pembaca Kunci Jawaban IPA SMP Kelas 7 halaman 199  Bab 6 buku siswa kelas VII SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban IPA Kelas 7 halaman 199"