Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 112-113

Kunci jawaban Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Halaman 112-113 Bab 4

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII  Halaman 112-113  Bab II  merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Bab 4 Indahnya berpuisi semester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 112-113  Kegiatan 4.5



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VIII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Halaman 112-113 

Kegiatan 4.5 Semester 1

Bagian A. 

1. Jelaskan tema dari puisi ”Hujan Bulan Juni” dan ”Gadis Peminta-minta” Apakah maksud penyair-penyair dengan masing-masing puisinya itu?

Jawaban : 
Tema dari puisi "Hujan Bulan Juni" adalah keindahan alam. Sedangkan tema "Gadis Peminta-Minta" adalah kemanusiaan.

Maksud penyair-penyair dengan masing-masing puisinya itu adalah untuk menyampaikan pokok pikiran yang kuat mendesak dalam jiwa penyair sehingga menjadi landasan utama dalam puisinya.

2. Apa yang menyamakan dan membedakan dari tema kedua puisi itu? Jelaskanlah!

Jawaban :
Yang menyamakan tema kedua puisi itu adalah ungkapan hati penyair terhadap apa yang dirasakannya.

Yang membedakan tema kedua puisi itu adalah bagaimana penyair mengungkapkan isi hatinya dengan kata-kata sesuai dengan apa yang ia rasakan.

Bagian B. 

1. Bacalah pula puisi berikut!

2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

a. Puisi ”Sajak” terdiri atas berapa larik dan berapa bait?

Jawaban : Puisi "Sajak" termasuk dalam jenis puisi baru, sehingga jumlah baitnya tidak ada aturan khusus seperti halnya puisi lama, yang hanya terdiri dari 4 bait.

Puisi "Sajak' terdiri atas SATU bait dan EMPAT BELAS larik

b. Apa arti sajak dalam puisi tersebut? Bagaimana amanat yang ingin disampaikan penyair dalam puisi ”Sajak”?

Jawaban : Arti sajak dalam puisi tersebut adalah PUISI.

Amanat yang ingin di sampaikan penyair dalam puisi "Sajak" adalah dalam penulisan puisi harus memperhatikan bentuknya dan pilihan kata-katanya, tidak hanya mengutamakan isinya saja. Amanat ini tampak pada larik:

Dalam bentuk, kata nan rancak,

Dicari timbang dengan pilihnya

c. Menurut sang penyair, sajak itu harus menggoncang hati nurani pembacanya. Setujukah Anda dengan pendapat tersebut? Jelaskan alasan-alasannya!

Jawaban : Menurut sang penyair, sajak itu harus menggoncang hati nurani pembacanya. Setujukah Anda dengan pendapat tersebut? Jelaskan alasan-alasannya!

Saya setuju dengan pendapat sang penyair. Karena sajak tidak hanya merupakan ungkapan hati seorang penyairnya saja, tetapi juga pembaca dapat merasakan ungkapan tersebut dengan pilihan kata-kata sang penyair yang menyentuh perasaan pembacanya

d. Bagaimana penyataan-pernyataan penting penyair tentang sajak di dalam puisinya itu? Jelaskan secara naratif!

Jawaban :  Penyataan-pernyataan penting penyair tentang sajak di dalam puisi itu menitikberatkan tentang cara menulis sajak yang baik dan benar, dan tidak hanya mengungkapkan perasaan saja.

'Dalam bentuk, kata nan rancak' di sini adalah penyusunan puisi tidak asal mengambil pilihan kata.

'Rasa bujangga waktu menyusun, Kata yang datang berduyun-duyun' di di sini adalah dalam menyusun akan banyak sekali kata yang ingin digunakan. Penyair harus dapat memilih kata yang tepat agar kata-kata tersebut dapat 'Harus bergoncang hati nurani' yang dapat membawa pembaca ke makna yang disampaikan oleh penyair.

Demikian Pembaca Kunci jawaban Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Halaman 112-113 Bab 4 buku siswa Kelas 8 SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 112-113 "