Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 48-49

Kunci jawaban Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Halaman 48-49 Bab 2

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban Bahasa Indonesia SMP Kelas VII  Halaman 48-49 Bab II merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs Bab 2 Memahami dan Mencipta Cerita Fantasisemester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 48-49 Bab 2



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 48 Semester 1

Setelah membaca kedua kutipan cerita fantasi tersebut, isilah tabel berikut!

Tokoh: Nagata

Rangkaian peristiwa: Pasukan Nagata telah bersiap. Pasukan siluman serigala menginjakkan diri di Pulau Tana Modo. Pasukan para binatang hutan mengepung para serigala dengan melempar bola api. Pasukan serigala terkejut. Para pemimpinnya mengatur posisi lagi. Dewi Kabut membisikkan agar Nagata menggunakan ekor birunya. Nagata mengibaskan api dengan ekornya dan membentuk lingkaran sesuai pada tanda yang dibuat oleh semut, rayap, dan tikus. Akhirnya para serigala terbakar. Nagata langsung menuju ke atas bukit setelah pertempuran, diakhiri dengan bergabung dengan seluruh panglima.

Tokoh: Nono

Rangkaian peristiwa: Suatu hari, Nono berlibur ke rumah Mbah Sastro di Desa Wlingi. Suatu ketika, Nono diberi tugas untuk membeli tahu goreng di wilayah Njari, tempat Mbah Pur yang merupakan kakek buyutnya. Nono menempuh perjalanan dengan sepeda. Di tengah perjalanan, ia menyempatkan beristirahat dengan merendam kakinya di Kali Njari. Ketika selesai istirahat, ia menemukan sepedanya tidak ada lagi. Ia bertemu dengan Trimo yang memperingatkannya untuk bersembunyi. Nono pun tersadar jika ia sedang berada di zaman Belanda. Tampak pasukan Belanda mengelilinginya dan kemudian terperangkap di Warung Mbok Rimbi. Mbok Rimbi ialah jelmaan iblis yang berteman dengan para Semut Hitam yang merupakan pencuri. Nono pun bertemu legenda Gunung Kelud, Mahesasuro dan Lembusuro, juga berjumpa Saarce seorang putri Belanda yang dapat mengubah dirinya menjadi burung kenari. Ia juga berhadapan dengan ‘Setan Merah’ yang merupakan Sri Ratu karena bentuk kejamnya. Secara tiba-tiba Nono diminta memimpin pasukan perang akibat adanya konspirasi di dalam kerajaan.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 Halaman 49


Keajaiban tokoh dan peristiwa ajaib yang dialami tokoh pada teks Kekuatan Ekor Biru Nataga dan Anak Rembulan.

Hal: Keajaiban Tokoh

Teks 1:

Komodo bisa melatih anak buahnya menyerang siluman serigala
Binatang-binatang hutan dapat melemparkan bola api.
Komodo memiliki ekor berwarna biru yang dapat mengeluarkan api.
Teks 2:

Saarce si putri Belanda yang dapat mengubah dirinya menjadi burung kenari.
Nono dapat bertemu dengan tokoh-tokoh legenda.
Pemilik warung, Mbok Rimbi, yang merupakan jelmaan iblis.
Hal: Peristiwa aneh/ajaib

Teks 1:

Serigala meniup bola api yang terbang menuju arah mereka.
Dewi Kabut berbisik kepada Nataga.
Semut, rayap, dan para tikus membentuk lingkaran.
Serigala dapat memadamkan bola api yang mendekatinya dan meniupkannya.

Teks 2:

Trimo dapat mengilang ke dalam pohon kenari.
Nono sedang berada di zaman Belanda.
Nono diminta untuk memimpin perang yang disebabkan oleh konspirasi orang-orang dalam kerajaan.

Demikian Pembaca Kunci jawaban Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Halaman 48-49 Bab 2 buku siswa Kelas 7 SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

1 komentar untuk "Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 48-49 "

  1. trimakasih­čśŐjawaban ini sangat bermanfaat bagi saya dalam memudahkan mengerjakan PR☺

    BalasHapus