Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 67

Kunci jawaban Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Halaman 67 Bab 2

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban Bahasa Indonesia SMP Kelas VII  Halaman 67 Bab II merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs Bab 2 Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi semester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 67 Semester 1



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik. 

Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 67 Semester 1

Cerita belajar dari Gajahmada

A. Bagian Orientasi berupa:

Minggu pagi yang cerah Ardi, Handi, dan Dani berada di Candi Trowulan. Mereka merupakan siswa pilihan dari sebuah SMP yang sedang melakukan tugas pengamatan untuk karya ilmiah remaja. Di tengah keramaian orang yang sedang berwisata, mereka sibuk menyelesaikan laporannya

B. Bagian Komplikasi berupa:

Tolooong,“ tiba-tiba terdengar suara Handi berteriak minta tolong. Dani dan Ardi yang berada tidak jauh dari tempat itu segera berlari menghampiri. Betapa kagetnya mereka berdua melihat Handi berada di sebuah lubang dan hanya kelihatan tangannya. Dengan reflek Ardi dan Dani menarik berusaha menolong Handi. Tapi “Aaahh...! terdengar teriakan keras dan mereka bertiga terseret masuk ke lubang itu.

“Dimana kita??” Ardi bertanya sambil menatap tembok sekelilingnya yang memancarkan kemilau keemasan.

“Tempat apa ini?” Handi dan Dani bertanya hampir bersamaan.

Tiba-tiba, di hadapan mereka, muncul laki-laki bertubuh kekar.

“Kalian bertiga saya panggil untuk menemui leluhurmu!” laki-laki tegap itu berujar dengan penuh wibawa. Ketiga anak itu terbelalak.

“Sii aa .. pa Bapak?” sambil gemetar Handi memberanikan diri untuk bertanya.

C. Bagian Resolusi berupa:

Selesai Dani menyelesaikan kalimatnya, terdengar dentuman keras. Buuuum...! Seakan ada yang mengangkat mereka bertiga tiba-tiba sudah kembali berada di area Candi Trowulan tempat mereka melakukan pengamatan. Ketiganya mengusap mata. Seakan tidak percaya mereka saling berangkulan.

“Benar kata Gajah Mada tadi...” Handi berucap lirih.

“Iya kita tidak cukup hanya hanya dengan pintar” Ardi berkata hampir tak terdengar.

“Ya kita harus memiliki perilaku yang baik...” Dani berteriak lantang sambil menyeret kedua temannya menuju area candi yang harus diamati. Mereka bertiga bertekad menyelesaikan tugasnya tepat waktu. Seperti biasanya mereka bekerja keras untuk menghasilkan sebuah karya.

Menelaah Struktur Cerita Berlian Tiga Warna".

A. Orientasi

Bagian orientasi berupa pengembangan dari pengenalan tokoh yaitu menceritakan tentang Anika yang menemukan tiga kotak berbeda warna. Dia dan kedua sahabatnya juga menyukai warna berbeda yang sama dengan kotak petualang yaitu ungu, biru, dan kuning.

B. Komplikasi

Bagian komplikasi berupa pengembangan dengan mengubah latar di mana semula Anika, Tamika, dan Chika berada di rumah kemudian setelah membuka tiga kotak petualang mereka terlempar ke sebuah kerajaan.


C. Resolusi

Bagian resolusi berupa pengembangan dari sebab-akibat yang unik yaitu setelah Anika, Tamika, dan Chika berhasil menolong Sang Ratu dan meninggalkan tas berisi berlian yang diberikan oleh Ratu, akhirnya mereka bisa kembali ke rumah.

Demikian Pembaca Kunci jawaban Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Halaman 67 Bab 2 buku siswa Kelas 7 SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 67"