Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban PKN SMP Kelas 9 Halaman 66-67

Kunci jawaban PKN SMP Kelas 9 Halaman 66-67 Tugas Mandiri 3.2 Bab 3 

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban PKN SMP kelas IX  Halaman 66-67 Bab 3 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku PKN Kelas 9 SMP/MTs Bab 3 Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia semester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci Jawaban PPKN SMP kelas IX Halaman 66-67 Tugas Mandiri 3.2 Bab 3



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 9 SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban PKN SMP Kelas 9 Halaman 66-67 Tugas Mandiri 3.2 


Tugas Mandiri 3.2

Perhatikan wacana di bawah ini.

Lepasnya Pulau Sipadan dan Ligitan dari NKRI Sengketa Ligitan dan Sipadan, sebenarnya merupakan warisan masa kolonial antara pemerintah Hindia Belanda dan Inggris. Sengketa 
kepemilikan pulau itu tak kunjung reda, meski gejolak bisa teredam. Sengketa Ligitan dan Sipadan antara Indonesia dan Malaysia, kembali muncul ke permukaan pada tahun 1969. Tetapi, tidak ada penyelesaian tuntas sehingga kasus ini kembali mengambang. Lalu, Pemerintah Indonesia dan Malaysia sepakat membawa kasus ini ke Mahkamah Internasional pada 
tahun 1997. Dalam putusan Mahkamah Internasional yang jatuh pada tanggal 17 Desember 2002, Indonesia dinyatakan kalah, sehingga pulau Sipadan dan Ligitan menjadi milik Malaysia. (dari berbagai sumber)

Dari kasus di atas, buatlah kajian mendalam dengan memperhatikan hal-hal berikut:

1.apa yang melatar belakangi sengketa pulau sipadan dan ligitan antara pemerintah indonesia dengan pemerintah malaysia?

Jawaban :

Yang melatarbelakangi sengketa Pulau Sipadan dan Ligitan antara pemerintahan Indonesia dengan pemerintah Malaysia adalah klaim kedua negara atas kepemilikan dan kedaulatan terhadap Pulau Sipadan dan Ligitan di lepas pantai pulau Kalimantan. Hal ini karena batas wilayah kedua negara di sekitar pulau ini belum disepakati.

2.langkah langkah kongret apa yang telah dilakukan pemerintah indonesia dalam mengatasi kasus tersebut?

Jawaban :

Kasus lepasnya pulau Sipadan dan Ligitan dari Indonesia membuat pemerintah mengambil sejumlah langkah kongkrit untuk mencegah hal yang sama terjadi kembali. Langkah-langkah kongkrit ini antara lain adalah melakukan pendataan ulang atas pulau-pulau terluar Indonesia yang pada faktanya banyak yang belum bernama. Langkah lainnya adalah melakukan kegiatan efektif di pulau-pulau terluar untuk menegaskan kedaulatan Indonesia secara mutlak di wilayah tersebut.

3.mengapa indonesia kalah dari malaysia dalam kepemilikan pulau sipadan dan ligitan?

Jawaban :

Indonesia kalah dari Malaysia dalam kepemilikan pulau Sipadan dan Ligitan adalah karena Malaysia berhasil dalam menjaga kelestarian lingkungan pada kedua pulau yang dipersengketakan sebagai pelaksanaan fungsu administrasi pemerintahan negeri tersebut.

4.berkaca dari kasus tersebut,coba kalian buat usulan kongrit agar wilayah kesatuan negara republik indonesia tidak lepas ke negara lain atau tidak melepaskan diri dari negara kesatuan republik indonesia?

Jawaban :

Upaya yang dapat kita lakukan agar wilayah NKRI tidak lepas dari kita adalah sebagai berikut.

1.Pemerintah melaksanakan pemerataan pembangunan ke seluruh wilayah, terutama wilayah perbatasan dan terpencil.

2.Pemerintah membangun pos-pos militer di wilayah perbatasan.

3.Pemerintah melakukan patroli rutin militer di wilayah perbatasan.


Demikian Pembaca Kunci Jawaban PPKN SMP kelas IX Halaman 66-67 Tugas Mandiri 3.2 Bab 3 buku siswa Kelas 9 SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban PKN SMP Kelas 9 Halaman 66-67"