Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban PKN SMP Kelas 9 Halaman 39 dan 42

Kunci jawaban PKN SMP Kelas 9 Halaman 39 dan 42 Bab 2 Semester 1

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban PKN SMP kelas IX  Halaman 39 dan 42Bab I merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku PKN Kelas 9 SMP/MTs Bab 2 Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945semester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban PKN SMP Kelas 9 Halaman 39 dan 42 Bab 2



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 9 SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban PKN SMP Kelas 9 Halaman 39 Tugas Mandiri 2.4 Bab 2

Tugas Mandiri 2.4.

Apa saja upaya yang harus dilakukan oleh Bangsa Indonesia dalam mewujudkan tujuan negara Indonesia? Tuliskan dalam Tabel berikut !

Jawaban :

1. Tujuan: Melindungi Segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

Upaya Bangsa Indonesia:

Bangsa Indonesia menerbitkan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang perlindungan segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Perlindungan tersebut mencakup perlindungan terhadap hak-hak individu dalam beragama dan berkebudayaan dan lain-lain. Sementara itu, pemerintah juga mengatur kewajiban individu untuk mematuhi peraturan hukum, kewajiban bela negara dan kewajiban-kewajiban lain sebagai warga negara yang baik.
Dalam hal perlindungan terhadap bangsa, pemerintah wajib menjaga kedaulatan NKRI dengan cara yang sudah ditentukan.

2. Tujuan: Memajukan kesejahteraan umum

Upaya bangsa Indonesia: 

Pemerintah wajib menyediakan fasilitas-fasilitas yang menunjang pemenuhan kebutuhan dan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia. Fasilitas tersebut berupa lapangan pekerjaan, dan sarana-sarana pendukungnya misalnya kemudahan akses jalan raya, teknologi dan lain-lain. Selain itu pemerintah juga wajib memastikan harga-harga terjangkau oleh masyarakat.

3. Tujuan: Mencerdaskan kehidupan bangsa

Upaya bangsa Indonesia: 

Menyediakan pendidikan gratis kepada seluruh warga negara Indonesia. Meskipun gratis pendidikan tersebut adalah pendidikan berkualitas bagi seluruh peserta didik.

4. Tujuan: Melaksanakan ketertiban dunia.

Upaya bangsa Indonesia: 

Turut menjaga perdamaian dunia dengan menolak segala bentuk penjajahan. Untuk itu Indonesia banyak terlibat dalam pasukan perdamaian PBB. Pemerintah juga terlibat aktif dalam upaya menentang kekerasan di Rohingya maupun di Palestina.

Kunci jawaban PKN SMP Kelas 9 Halaman 42 Tugas Kelompok 2.1 Bab 2

Tugas kelompok 2.1

Selah kalian membaca uraian materi pada bagian ini, coba kamu diskusi kan secara berpasangan untuk menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini. Apabila sudah selesai, komunikasikanlah bersama pasangan lainnya.

1. Mengapa para pendiri negara mengamanatkan bahwa bentuk negara yang cocok bagi Indonesia adalah negara kesatuan?

Jawaban : Hal ini dikarenakan negara Indonesia memiliki beberapa macam macam keragaman. Keragaman tersebut dapat berupa agama, ras, dan suku. Hal ini para pendahulu memberikan amanat berupa kesatuan. Hal ini memiliki arti yaitu rakyat Indonesia yang memiliki suku, ras, dan agama yang berbeda harus bersatu. Hal ini membuat negara menjadi tentram dan aman.

2. Menurut pandangan kalian, apa makna masyarakat adil dan makmur itu? Serta bagaimana mewujudkannya?

Jawaban : Masyarakat adil makmur berarti masyarakat yang kebutuhan dasarnya dapat terpenuhi sehingga menibulkan suasana kenyamanan dan ketentraman dimasyarakat. Masyarakat adil dan makmur dapat diwujudkan melalaui pemerataan Ekonomi, terpenuhinya pelayanan kesehatan, Infrastruktur, pendidikan dan keadilan Hukum.

3. Apa makna kedaulatan rakyat dalam pandangan kalian?

Jawaban : Kedaulatan rakyat bermakna ketika pemerintahan dijalankan bertujuan untuk kepentingan rakyat. Semua keputusan pemerintah berpihak pada rakyat demi tertciptanya masyarakat adil dan makmur

4. Mengapa kita harus mengutamakan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan setiap permasalahan?

Jawaban : Musyawarah mufakat merupakan cerminan nilai-nilai pancasila sila ke 4. Musyawarah mufakat juga mengandung makna yang berkaitan dengan nilai-nilai persatuan dan kesatuan.


5. Apa yang akan terjadi apabila kita tidak dapat menjunjung tinggi harkat, derajat, dan martabat sebagai bangsa Indonesia?

Jawaban : Jika kita tidak menjunjung tinggi harkat, derajat, dan martabat maka akan sulit terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa yang akan berdampak pada keamanan dan ketentraman Negara.


Demikian Pembaca Kunci Jawaban PPKN SMP kelas IX Halaman 39 dan 42 Bab 2 buku siswa Kelas 9 SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban PKN SMP Kelas 9 Halaman 39 dan 42"