Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban ppkn kelas 10 halaman 221

Kunci jawaban PPKN SMA Kelas 10 halaman 221 tugas kelompok 7.2

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban PPKN SMA kelas X Halaman221 tugas kelompok 7.2 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku PPKN kelas 10 SMA Bab 7  Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban ppkn kelas 10 halaman 221 Semester 2



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas X SMA/SMK dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tuhas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban PPKN  Kelas 10 halaman 221 tugas kelompok 7.2 Semester 2


Kerjakanlah secara berkelompok untuk mencari di internet atau sumber lain tentang hubungan aspek trigatra dan pancagatra dengan Wawasan Nusantara. Tuliskanlah dalam tabel berikut.

Tabel 7.3 Hubungan Trigatra dan Pancagatra dengan Wawasan Nusantara

1. Aspek Trigatra

Letak dan bentuk geografis

Kondisi geografis yang terdapat di suatu daerah akan berdampak pada jenis, kualitas, dan persebaran kekayaan alam yang terdapat di daerah tersebut. Contohnya adalah kondisi geografis di Kalimantan sangat mendukung untuk melakukan kegiatan pertanian sawit. 

Keadaan dan kemampuan penduduk

Kemampuan penduduk suatu daerah sangat berkaitan erat dengan kondisi geografis dan jumlah kekayaan alam yang terdapat di daerah tersebut. Semakin bagus kondisi geografis dan banyak kekayaan alamnya, semakin tinggi kemampuan penduduk tersebut untuk menyejahterakan kehidupannya. Contohnya adalah daerah ibukota memiliki kemampuan penduduk yang lebih tinggi dikarenakan banyaknya penduduk, kondisi geografis yang memadai, serta tingginya kekayaan alam.

Keadaan dan kekayaan alam

Semakin tinggi dan banyak kekayaan alam yang dimiliki suatu daerah, maka semakin tinggi juga kemampuan penduduk di daerah tersebut. Kekayaan alam sendiri sangat bergantung pada kondisi geografisnya. Sebagai contoh, daerah dekat pantai akan memiliki kekayaan alam berupa ikan dan kelapa yang melimpah, sehingga penduduk di daerah tersebut sebagian besar berprofesi sebagai nelayan.

2. Aspek Pancagatra

Ideologi

Ideologi berperan sebagai falsafah bangsa dan landasan ideologi negara. Ideologi menjadi penentu atau jalur dari keempat gatra lainnya, yaitu politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan suatu bangsa. Sebagai contoh, Indonesia memiliki ideologi Pancasila, sehingga keempat gatra lainnya harus berlandaskan ideologi Pancasila.

Politik

Politik yang dinamis dan baik dapat menjalankan ideologi dengan benar, ekonomi yang stabil, sosial budaya yang kondusif, serta pertahanan dan keamanan yang kondusif juga. Sebagai contoh, apabila kondisi politik di suatu negara stabil, maka ideologi dapat berjalan dengan baik, ekonomi stabil, sosial budaya yang kondusif, serta pertahanan dan keamanan tidak terganggu.

Ekonomi

Ekonomi yang stabil dapat membenarkan ideologi, mendinamisir kehidupan politik dan perkembangan sosial budaya serta mendukung pengembangan pertahanan dan keamanan. Contohnya adalah apabila kemiskinan berkurang, maka ideologi Pancasila yang menjunjung kesejahteraan terlaksana, politik dapat berjalan dengan baik, sosial budaya lebih maju, serta pertahanan dan keamanan lebih kondusif karena angka kriminalitas menurun.

Sosial budaya

Sosial budaya yang baik akan berdampak secara langsung pada kebenaran ideologi, politik, ekonomi, serta pertahanan dan keamanan yang kondusif. Sebagai contoh apabila sikap dan sifat saling tolong menolong berkembang dengan baik di tengah-tengah masyarakat, maka ideologi dan nila-nilai Pancasila terlaksana, kehidupan politik berbudaya, ekonomi yang stabil karena lebih mementingkan kebersamaan, serta kehidupan pertahanan dan keamanan yang menghormati hak-hak individu.

Pertahanan dan keamanan

Pertahanan dan keamanan yang stabil membuat ideologi, politik, ekonomi, serta sosial budaya dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya intervensi dari dalam maupun luar negeri. Sebagai contoh, apabila sebuah negara sedang mengalami perang, maka ideologinya terganggu, politik dapat dikudeta, ekonomi tidak berjalan, hingga sosial budaya yang terpengaruh hal-hal negatif.

Demikian Pembaca Kunci Jawaban PPKN SMA kelas 10 halaman 221 tugas kelompok 7.2 buku siswa kelas 10 SMA/SMK kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban ppkn kelas 10 halaman 221"