Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban PPKN kelas 10 halaman 207

Kunci jawaban PPKN SMA Kelas 10 halaman 207 Tugas kelompok 7.1 

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban PPKN SMA kelas X Halaman 207 Bab 7 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku PPKN kelas 10 SMA Bab 7 Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban PPKN kelas 10 halaman 207 Semester 2



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas X SMA/SMK dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tuhas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban PPKN  Kelas 10 halaman 207 Tugas Kelompok 7.1 Semester 2

Tugas Kelompok 7.1

Diskusikan dengan kelompok kalian berbagai contoh keberhasilan dan ketidakberhasilan pelaksanaan asas Wawasan Nusantara pada saat ini, baik dalam masalah politik, hukum, ekonomi maupun sosial budaya.

Tabel 7.1 Contoh Keberhasilan Pelaksanaan Asas Wawasan Nusantara

1. Bidang Hukum

Keberhasilan : "Dilaksanakannya UU oleh seluruh rakyat secara menyeluruh dan tidak pandang hukum dalam menegakkan hukum".

Karena, keberhasilan dari penciptaan itu sendiri adalah jika UU yang dibuat sesuai dengan aspirasi atau tampungan syarat dari masyarakat sehingga masyarakat akan melaksanakannya. Selain itu penegakan hukum harus dilakukan secara adil.

Ketidakberhasilan : "Banyaknya pelanggaran UU dan masih ada ketidakadilan dalam hukum".
Karena, jika masih banyak yang melanggar UU, maka belum berhasil untuk mewujudkan asas wawasan Nusantara di bidang hukum. Contoh lain jika penegakan hukum masih terdapat kasus suap untuk memperingan atau membebaskan hukuman.

2. Bidang Politik

Keberhasilan : "Pemerataan di bidang pemerintahan dan tidak adanya kasus pemberontakan oleh rakyat".

Karena, jika pemerintahan telah merata tidak akan terjadi pemusatan kekuasaan di tangan pemerintah pusat. Selain itu, tidak adanya pemberontakan yang muncul juga termasuk keberhasilan bidang politik.

Ketidakberhasilan : "Adanya pemusatan kekuasaan di pemerintahan pusat dan munculnya pemberontakan".

Pemusatan kekuasaan dan munculnya pemberontakan merupakan ketidakberhasilan di bidang politik, karena rakyat yang terpengaruh dengan ideologi asing sehingga ingin mengganti ideologi Pancasila.

3. Bidang Ekonomi

Keberhasilan : "Terjadi suatu pemerataan ekonomi rakyat dan tidak adanya korupsi"
Karena, jika tidak adanya kasus korupsi maka keuangan negara akan tetap berjalan secara stabil (tidak diambil oleh pejabat yang tidak jujur).

Ketidakberhasilan : "Korupsi yang merajalela dan terjadinya kesenjangan sosial".
karena, jika korupsi semakin merajalela baik di kalangan pejabat ataupun pemerintahan dan adanya kesenjangan antara si kaya dan si miskin maka itu tandanya belum berhasil dalam segi ekonomi.


4. Bidang Pertahanan Keamanan

Keberhasilan : "Wilayah yang aman, terbebas dari terorisme, dan sengketa perbatasan oleh negara lain".

Karena, jika tidak adanya terorisme di suatu negara serta tidak adanya sengketa perbatasan oleh negara lain, maka negara tersebut sudah dianggap aman dari ancaman keamanan.

Ketidakberhasilan : "Munculnya terorisme dan invasi militer dari negara lain".
Karena, jika muncul terorisme dan invasi (pendudukan) militer dari negara lain menunjukkan kita kurang memedulikan pertahanan dan keamanan negara.


5. Bidang Sosial Budaya

Keberhasilan : "Melestarikan bergotong royong dan kebudayaan daerah".
Karena, jika kita tetap dapat melestarikan kegiatan gotong royong dan kebudayaan daerah kita sendiri, artinya kita sudah berhasil menerapkan asas wawasan Nusantara di bidang sosial budaya.

Ketidakberhasilan : "Adanya klaim budaya sepihak oleh bangsa lain dan pengaruh globalisasi yang membuat munculnya perilaku individualisme".
Karena, jika adanya pengeklaiman budaya sepihak oleh bangsa lain maka kita gagal untuk dapat mempertahankan budaya sendiri. Munculnya sifat individualisme juga membuat manusia hanya memedulikan diri sendiri.


Demikian Pembaca Kunci Jawaban PPKN SMA kelas 10 halaman 207 bab 7 buku siswa kelas 10 SMA/SMK kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban PPKN kelas 10 halaman 207"