Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban tema 9 kelas 6 Halaman 141,142, 143, 144, 147

Kunci jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 tema 9 halaman 141,142, 143, 144, 147.

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban tema 8 kelas 6 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 6 Tema 9 Menjelajah luar angkasa subtema 3 Tokoh penjelajah Angkasa luar dan rahasianya pembelajaran 1 tepatnya berada pada tema 8 halaman 141,142, 143, 144, 147.

Kunci jawaban tema 9 kelas 6 Halaman 141,142, 143, 144, 147



Materi dan Kunci Jawaban Tematik tema 8 halaman 141,142, 143, 144, 147  Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 6 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 141 subtema 3 pembelajaran 1

Ayo Berdiskusi

Galileo galilei merupakan salah satu penemu yang berperan besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan yang memengaruhi peradaban manusia.

Bersama dengan teman sebangkumu diskusikanlah penemuan apa saja yang telah dihasilkannya dan dampaknya terhadap kehidupan manusia hingga kini. Gunakan tabel berikut untuk mencatatnya.

Penemuan Galileo Galilei :

- Hukum Gerak (Mekanika)
- Hukum Kelembaban
- Penyempurnaan Teleskop
- Penemuan Termometer air
- Penemuan planet Saturnus dan planet-planet lain

Dampak Penemuan Galileo Galilei :

- Menghimpun penemuan tersebut dengan formula matematik. Penggunaan yang luas formula matematik dan metode matematik merupakan sifat penting dari ilmu pengetahuan modern.
- Sebagai dasar dari hukum gerak dari Newton.
- Digunakan untuk keperluan pelayaran dan pengamatan astronomi. Sebagai bahan penguat bagi para pendukung teori Copernicus/ Teori matahari-sentris.
- Menjadi dasar bagi pengembangan termometer berikutnya, seperti penemuan skala Fahrenheit, Celcius dan skala kelvin.
- Penelitian terhadap antariksa makin intensif

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 142 subtema 3 pembelajaran 1


Buatlah beberapa pertanyaan tentang bacaan di atas atau tentang hal-hal yang ingin kamu ketahui lebih dalam. Tuliskanlah pertanyaanmu di dalam kotak yang tersedia berikut ini.

Pertanyaanku :

1. Siapa nama ilmuwan terkenal asal italia yang menerbitkan buklet kecil yang berjudul The Starry Mesenger.
2. Apa saja penemuan Galileo Galilei?
3. Bagaimana pendapat Galileo Galilei terhadap teori Copernicus?
4. Kapan Galileo Galilei menerbitkan buklet kecil yang berjudul The Satrry Messenger.
5. Di mana Galileo Galilei dilahirkan?

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 143-144 subtema 3 pembelajaran 1

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.

1. Jelaskan persamaan dan perbedaan antara komet dan planet!

Persamaan :
Benda langit
Mengelilingi Matahari

Perbedaan :
Komet memiliki ekor gas debu yang sangat panjang, sedang planet tidak punya
Bentuk orbit garis edar Komet yang lonjong, parabolis atau hiperbolis berbeda dengan bentuk orbit garis edar planet yang berbentuk elips.

Contoh Komet :
Komet Halley (terakhir muncul tahun 1986 dan muncul setiap 76 tahun sekali)
Komet Lulin (ditemukan pada 11 Juli 2007)
Komet Hale-Bopp (Muncul pada tahun 1997)
Komet Lovejoy
Komet Encke (salah satu komet dengan orbit terpendek, yaitu 3 tahun sekali)

Contoh planet :
Merkurius
Venus
Bumi
Yupiter
Neptunus

2. Beberapa pengelompokan dalam sistem tata surya sudah pernah dilakukan selain pengelompokan planet berdasarkan garis edar. Bumi. Pengelompokan sistem tata surya apa sajakah yang telah kamu ketahui? Bagaimana kamu membedakannya?

a. Berdasarakan posisi planet yang dilihat dari orbit Bumi :
Planet Inferior
Planet inferior adalah planet yang terletak di dalam orbit Bumi, yaitu Merkurius dan Venus
Planet Superior
Planet Superior adalah planet yang terletak di luar orbit Bumi, yaitu Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus

b. Berdasarkan material penyusun :
Planet terrestial
Planet terrestial adalah planet dengan ukuran yang relatif kecil, berbatu, dan memiliki atmosfer yang tipis. Planet tersebut antara lain Merkurius, Venus, Bumi dan Mars
Planet Jovian
Planet Jovian adalah planet dengan ukuran yang relatif lebih besar, tersusun dari gas, cairan, dan es tebal

c. Berdasarkan letaknya yang dilihat dari orbit asteroid :

Planet Dalam
Planet dalam adalah planet yang berada di dalam orbit asteroid, yaitu Merkurius, Venus, Bumi dan Mars

Planet Luar
Planet luar adalah planet yang berada di luar orbit asteroid, yaitu Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus

Ayo Berlatih

Bersama dengan teman sekelompokmu, lihatlah kembali model sistem tata surya yang telah kamu rancang sebelumnya.

Berdasarkan pemahamanmu tentang pengelompokan di atas, gunakan bahan atau alat yang dapat membantumu untuk menunjukkan jenis planet berdasarkan garis edar Bumi yang telah kamu pelajari kali ini.

Kesimpulan apakah yang dapat kamu buat berdasarkan kegiatan di atas?

Kesimpulanku adalah Jenis planet dapat dibedakan berdasarkan :
Garis edar/orbit Bumi
Material penyusun
Letak dari orbit Asteroid

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 147 subtema 3 pembelajaran 1

Ayo Menulis

Sebuah cerita memiliki beberapa unsur seperti tokoh, watak, alur cerita, dan latar belakang cerita tertentu. Salah satu unsur tersebut mungkin saja mengingatkanmu kepada pengalaman pribadimu atau mengingatkanmu pada sebuah film yang pernah kamu tonton.

Setelah membaca cerita di atas, lakukanlah kegiatan berikut.

Gambarkan dan jelaskan tentang peristiwa yang terjadi dalam cerita di atas dengan menggunakan diagram di bawah ini.

Jawaban : 
Nesa suka sekali begadang atu tidak tidur sampai malam. Nesa sering tidak berdisiplin terhadap waktu yang dimilikinya. Ibu nesa sering menasihatinya untuk mengatur pola tidurnya, sebab hal tersebut berpengaruh terhadap kegiatan atau aktivitas Nesa besok paginya. Berkali-kali Ibu Nesa menasihatinya. Ibu Nesa melakukan hal tersebut karena peduli dengan anaknya, termasuk malam ini yang mana besok hari Nesa ada rencana dengan teman-temannya untuk berkunjung ke Planetarium. Namun Nesa tidak menuruti nasihat ibunya. Keesok harinya ketika Ibu, Lili adik Nesa dan ayah pergi ke rumah saudara, Nesa bersantai di rumah sambil makan roti. Akhirnya Nesa tertidur kembali dan terlambat bangun untuk berangkat ke Planetarium. Akhirnya hanya penyesalan yang didapat oleh Nesa. 

Gambarkan dan jelaskan peristiw serupa yang terjadi dengamu atau orang-orang yang kamu kenal dengan menggunakan diagram berikut ini.

Jawaban : 
Taufik adalah siswa yang rajin dan tepat waktu jika bersekolah. Suatu hari Taufik dan teman satu kelasnya mendapat tugas untuk mengikuti upacara tingkat kecamatan di lapangan. Karena rumah Taufik berada di pinggiran kota, maka Taufik berangkat sangat pagi. Saat Taufik berada di perjalanan menuju lapangan, di jalan sepi yang berada dekat dengan pematang sawah, ia melihat ada seorang anak dari sekolah lain yang juga mau ikut upacara terjatuh dari sepedanya karena tidak melihat ada lubang di jalan itu. Taufik pun bergegas mendekat dan membantunya. Karena sepeda anak itu rusak, maka Taufik menyarankan kepada anak yang tidak dikenalnya itu untuk menitipkan sepeda rusaknya ke rumah terdekat, dan menawari dia untuk ikut bersamanya. Siswa dari sekolah lain itu setuju. Akhirnya Taufik bergegas mengayuh sepedanya dengan sedikit tergesa menuju tempat upacara. Dan Taufik beserta anak tersebut tidak telat berkat usaha dari Taufik.

Gunakan diagram berikut untuk menjelaskan perasaanmu terhadap pengalamanmu dan cerita di atas. Juga jelaskan pesan apa yang kamu dapatkan dari cerita tersebut.

Jawaban : 
Perasaanku : Senang sekali dengan cerita tersebut, karena cerita tersebut mampu memberi inspirasi untuk melakukan tindakan/perbuatan positif yang bermanfaat bagi sesama

Cerita tersebut mengingatkanku : Untuk selalu berbuat kebaikan kapanpun dan di manapun tanpa mengenal waktu, serta tanpa memandang siapa yang kita tolong. Kita harus selalu mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.


Demikian Pembaca materi dan kunci jawaban tematik  halaman 141,142, 143, 144, 147 kelas 6 tema 9 pembelajaran 1 buku siswa kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban tema 9 kelas 6 Halaman 141,142, 143, 144, 147"