Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 238 Bab 10

Kunci jawaban IPA SMP Kelas 9 halaman 238 Bab X

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban IPS SMP kelas IX halaman 238 Bab 10 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku IPS kelas 9 SMP/MTs Bab 10 Teknologi Ramah lingkungan semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 238 Bab 10



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas IX SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 238 Bab 10 Semester 2

Ayo Diskusikan 

1. Apakah produksi minyak dari bebatuan dan pasir minyak   “heavy crude oil” perlu untuk terus dilakukan? Jelaskan! Jika tidak, bagaimana alternatifnya?

Jawaban : 

Diketahui bahwa kuantitas minyak (heavy crude oil) semakin menipis. Jika terus dilakukan maka heavy cude oil akan habis dalam jangka waktu tertentu. Sehingga diperlukan alternative untuk mengurangi ketergantungan terhadap minyak bumi.

Salah satu caranya dengan mengoptimalkan sumber energi lain misalnya gas alam dan sumber energi terbarukan contohnya biodiesel dan biofuel. Sumber energi ini berasal dari bahan - bahan alam yang dapat terbarukan sehingga jumlahnya masih dapat terjaga.

2. Apakah manfaat dari produksi minyak dari bebatuan dan pasir  minyak “heavy crude oil” seimbang dengan kerusakan yang diakibatkan? Jelaskan!

Jawaban :
Manfaat dari produksi minyak dari bebatuan dan pasir minyak heavy crude oil tidak seimbang dengan kerusakan yang diakibatkan dalam proses pertambangan minyak dari bebatuan dan pasir minyak heavy crude oil.  

Manfaat yang dapat kita peroleh dari minyak dari bebatuan dan pasir minyak heavy crude oil antara lain sebagian besar adalah sebagai bahan bakar alat transportasi dan bahan bakar industry.  

Pada saat pemakaian bahan bakar minyak dari bebatuan dan pasir minyak heavy crude oil ini pun terdapat residu dan polusi yang akan berdampak buruk pada lingkungan.  

Misalnya polutan yang dihasilkan sisa dari pembakaran minyak dari bebatuan dan pasir minyak heavy crude oil ini adalah karbondioksida, sulfur oksida, nitrogen oksida dan logam lain yang akan merusak lingkungan.  

Pada saat proses pertambangannya pun dapat merusak lingkungan.   Misalnya pola pertambangan lepas pantai yang menggunakan bom untuk meledakkan permukaan tanah, kemudian pola pengeboran yang rentang terhadap kebocoran sehingga minyak dapat tersebar ke permukaan dan akhirnya mencemari daerah sekitar pengeboran.  

Pola pertambangan seperti ini akan menyebabkan kerusakan ekosistem yang sangat fatal  dan kemudian berimbas ke ekosistem lainnya sehingga kerusakannya akan berdampak luas.  

Setelah kegiatan pengeboran dan pertambangan minyak dari bebatuan dan pasir minyak heavy crude oil ini juga menyisakan limbah yang jika tidak diatur dengan baik sanitasi pembuangannya juga akan dibuang sembarangan dan menyebabkan pencemaran di lingkungan tersebut.  

Dilihat dari uraian diatas, ada lebih banyak kerusakan dan kerugian yang ditimbulkan pada proses minyak dari bebatuan dan pasir minyak heavy crude oil.

Demikian Pembaca kunci Jawaban IPA SMP Kelas 9 halaman 238 Bab 10 buku siswa kelas IX SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 238 Bab 10 "