Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

kunci jawaban IPS smp kelas 9 halaman 229

Kunci jawaban IPS SMP Kelas 9 halaman 229 Aktivitas Individu Bab IV semester 2

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban IPS SMP kelas IX halaman 229 Aktivitas kelompok  Bab IV merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku IPS kelas 9 SMP/MTs Bab 4 Indonesia dari masa kemerdekaan hingga masa reformasi semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban IPS SMP Kelas 9 halaman 229



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas IX SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban IPS SMP Kelas 9 halaman 229 Aktivitas Individu Bab IV

1. Peristiwa perundingan Linggar jati 

Penjelasan : Perjanjian Linggarjati (15 November 1946-25 Maret 1947)

Perjanjian Linggarjati adalah perundingan antara Indonesia dan Belanda di Linggarjati, Jawa Barat yang menghasilkan persetujuan mengenai status kemerdekaan Indonesia. Perjanjian tersebut ditandatangani secara sah oleh kedua negara pada 25 Maret 1947.

Hasil Perundingan:
1. Belanda mengakui secara de facto wilayah Republik Indonesia, yaitu Jawa, Sumatra dan Madura.
2. Belanda harus meninggalkan wilayah RI paling lambat tanggal 1 Januari 1949.
3. Pihak Belanda dan Indonesia sepakat membentuk negara Republik Indonesia Serikat (RIS).
4. Dalam bentuk RIS, Indonesia harus tergabung dalam Commonwealth/Persemakmuran. Perjanjian Linggarjati ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat Indonesia.

2. Peristiwa perundingan Renville
Perjanjian Renville diadakan pada tanggal 17 Januari 1948 di atas kapal USS Renville milik Amerika Serikat. Isi perjanjian ini sebagai berikut.

• Belanda hanya mengakui daerah Republik Indonesia atas Jawa Tengah, Yogyakarta, sebagian kecil Jawa Barat, dan Sumatra.
• Semua pasukan RI harus ditarik mundur dari wilayah-wilayah yang diduduki Belanda.
• Belanda tetap berdaulat di seluruh wilayah Indonesia sampai diserahkan kepada Republik Indonesia Serikat (RIS) yang akan segera dibentuk. Namun, Belanda lagi-lagi mengingkari isi Perjanjian Renville dan melakukan Agresi Militer Belanda II pada tanggal 19 Desember 1949.

3. Peristiwa Perjanjian Roem Royen

Diadakan pada tanggal 17 April 1949 di Jakarta. Indonesia diwakili oleh Moh. Roem dan Belanda diwakili oleh Van Royen. Isi perjanjian ini sebagai berikut. 

• Pemerintah Indonesia dikembalikan ke Yogyakarta.
• Menghentikan gerakan militer dan mengembalikan tawanan.
• Republik Indonesia sebagai bagian dari Negara Indonesia Serikat.
• Akan segera dilaksanakan Konferensi Meja Bundar

4. Konferensi Meja Bundar


Konferensi Meja Bundar (KMB) adalah sebuah pertemuan yang dilaksanakan di Den Haag, Belanda dari 23 Agustus hingga 2 November 1949 antara perwakilan Republik Indonesia, Belanda, dan BFO (Bijeenkomst voor Federaal Overleg), yang mewakili berbagai negara yang diciptakan Belanda di kepulauan Indonesia.

hasil Konferensi Meja Bundar selengkapnya:

1. Belanda menyerahkan kedaulatan atas Hindia Belanda kepada Republik Indonesia Serikat selambat-lambatnya pada 30 Desember 1949.
2. Masalah Papua Barat akan dibicarakan setahun setelah penyerahan kedaulatan.
3. Dibentuknya Uni Indonesia - Belanda dengan pimpinan kerajaan Belanda sebagai kepala negara.
4. Kapal perang Belanda akan ditarik dari Indonesia dengan catatan kapal perang kecil akan diserahkan kepada Republik Indonesia Serikat.
5. Pengambilalihan hutang Hindia Belanda oleh Republik Indonesia Serikat.
6. Diadakan pemilihan Presiden Republik Indonesia Serikat pada 16 Desember 1949 untuk menindaklanjuti KMB.

Ir. Soekarno terpilih menjadi Presiden RIS dan dilantik pada 17 Desember 1949. Tiga hari kemudian, Presiden Soekarno membentuk kabinet RIS dengan Mohammad Hatta sebagai menterinya.
Di sisi lain, penyerahan dan penerimaan kedaulatan disepakati dilakukan di dua tempat, yakni Den Haag dan Jakarta pada 27 Desember 1949. Tanggal tersebut menjadi tanggal penting mengingat Kedaulatan Indonesia diakui pertama kali secara dejure oleh Belanda.

Kunci jawaban IPS SMP Kelas 9 halaman 229 Aktivitas kelompok  Bab IV buku siswa kelas 9 SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "kunci jawaban IPS smp kelas 9 halaman 229"